Apa Itu FYP TikTok? Simak Pengertian Lengkap dan Cara Kerjanya

750

TikTok menjadi media sosial paling populer dan paling banyak diminati di seluruh dunia. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2017, TikTok sudah mampu menggaet satu miliar lebih pengguna aktif.

Popularitas TikTok tidak lepas dari kemampuannya memberikan pengaruh dalam membentuk tren baru terhadap selera dan bagaimana cara menikmati informasi melalui internet. Salah satu hal yang menarik dari TikTok adalah FYP atau For You Page.

Apa itu FYP? Dan kenapa orang-orang begitu tertarik untuk membuat video yang bisa FYP? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal TikTok

Sebelum membahas mengenai FYP (For You Page), kita bahas sedikit mengenai aplikasi TikTok yang berkaitan erat dengan FYP.

TikTok adalah platform media sosial dimana penggunanya bisa membuat, mengedit dan berbagi video pendek disertai musik yang sedang tren sebagai pendukung.

Aplikasi ini membuat kamu bisa berkreasi dengan video pendek menggunakan beragam filter dan membaginya dengan seluruh pengguna TikTok.

TikTok memberikan kenyamanan teknologi bagi penggunanya lewat aspek visual pada kontennya. Hal ini yang membuat TikTok banyak diminati terutama oleh generasi Z yang lebih menyukai tampilan visual dibanding text.

Baca Juga : Cara Centang Biru di TikTok? Simak Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu FYP?

Istilah FYP atau For You Page merujuk kepada halaman yang muncul di halaman TikTok berupa video yang disesuaikan dengan minat dan ketertarikan kamu.

Fitur ini ditujukan untuk memudahkan pengguna menemukan konten atau kreator yang mereka sukai. For You Page berisi kumpulan video pendek berdurasi 15 sampai 60 detik yang muncul di halaman pertama TikTok. 

FYP membuat konten kamu dapat dijangkau luas dan meningkatkan visibilitas akun yang akan berdampak kepada jumlah like, share dan komen. 

Cara kerja Algoritma TikTok untuk membuat konten berada di halaman FYP dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti video yang ditonton sebelumnya, video dari akun yang diikuti dan tagar yang digunakan. 

For You Page memuat video yang direkomendasikan sesuai preferensi personal pengguna, sehingga video yang muncul di FYP setiap pengguna akan berbeda disesuaikan dengan minat dan ketertarikan masing-masing.

Cara Kerja FYP

Tidak semua video yang dibuat di TikTok bisa masuk FYP, ada beberapa faktor yang mempengaruhi algoritma TikTok.

Faktor-faktor yang menentukan algoritma FYP TikTok, yaitu : 

Interaksi yang Dilakukan

Hal ini mengacu kepada aktivitas pemilik akun berdasarkan konten yang disukai, video yang di like dan share, akun yang diikuti, komen yang diberikan dan konten yang mereka buat.

Informasi Video

Informasi pada video berupa keterangan seperti caption, sound dan tanda pagar yang digunakan juga berpengaruh menentukan FYP.

Pengaturan Akun

Pengaturan device yang digunakan dan pengaturan akun juga mempengaruhi FYP, seperti preferensi bahasa, negara dan jenis perangkat yang digunakan. 

Pengaturan tersebut akan membantu algoritma TikTok untuk menyajikan konten di FYP sesuai dengan informasi yang diberikan.

Baca Juga : TikTok Seller Center : Peluang Baru Untuk Menjual Produk Secara Online

Namun yang perlu diperhatikan, konten yang muncul di FYP bukan berdasarkan apa yang sedang viral atau populer melainkan lebih kepada apa yang disukai dan menarik minat pengguna.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading