Customer Relationship Management biasa disingkat CRM merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah bisnis.
Bagi konsumen, bisnis yang memiliki layanan pelanggan prima adalah tanda bisnis yang baik dan bisa diandalkan.
Yuk, cari tahu lebih mendalam mengenai Customer Relationship Management di sini.
Contents [hide]
Apa itu Customer Relationship Management?
Adapun pengertian Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis untuk meningkatkan hubungan perusahaan dan pelanggan.
Penerapan CRM tidak terbatas pada strategi bisnis antar perusahaan dan pelanggan saja. CRM juga bisa diterapkan kepada calon pelanggan.
Perusahaan perlu menerapkan CRM dengan baik agar pelanggan tertarik membeli produk atau menggunakan jasa.
Saat hubungan baik pelanggan dan perusahaan terjaga, maka kegiatan bisnis dapat berjalan lancar dan bahkan berlangsung secara berkelanjutan.
Tujuan Customer Relationship Management
Tujuan menerapkan CRM adalah menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen.
Hubungan yang baik tentu akan mendatangkan kerjasama berkelanjutan. Kerjasama berkelanjutan tentu berbanding lurus dengan profit.
Manfaat CRM untuk Bisnis
CRM dapat membantu perusahaan menangani semua keluhan konsumen dengan cepat dan baik.
Selain itu tentu ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari penerapan CRM dalam bisnis. Mari bahasa sejumlah manfaat esensial CRM.
Baca Juga : Ini Alasan Mengapa Customer Oriented Penting untuk Bisnis Kamu
Dapat Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan
Semua informasi mengenai pelanggan dikumpulkan melalui SMS, email, panggilan telepon, website, hingga sosial media. Hal ini dapat membuat perusahaan konsisten memahami pelanggan .
Informasi mengenai preferensi dan kebutuhan pelanggan bisa didapatkan menggunakan tools social media listening dengan memanfaatkan fitur untuk mengetahui keinginan pelanggan.
Dengan mengetahui keinginan pelanggan, memudahkan perusahaan menjawab pertanyaan sesuai kebutuhan konsumen. Perusahaan dapat memberikan solusi yang tepat atas permasalahan yang dialami oleh pelanggan.
Pelayanan yang prima akan membuat pelanggan merasa menjadi bagian dari perusahaan dan membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal .
Efisien dalam Penggunaan Anggaran Perusahaan
Penerapan CRM dapat mengurangi biaya pemasaran. Sebab, setiap produk yang dikeluarkan sudah menemukan pangsa pasarnya sendiri. Perusahaan tidak perlu melakukan survei lagi.
Anggaran dana perusahaan tak terbuang percuma untuk layanan pelanggan yang kurang tepat sasaran.
Kegiatan Operasional Semakin Efektif
CRM yang diterapkan dengan baik akan memudahkan perusahaan. Perusahaan akan mudah mengatasi keluhan dari pelanggan.
Perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya administratif. Begitu juga biaya birokrasi yang mungkin muncul ketika keluhan tidak teratasi.
Transparansi Data Meningkat
CRM merekam segala riwayat aktivitas pekerja di suatu perusahaan. Seluruh kegiatan dari perusahaan tersebut juga terekam lengkap.
Manajer di perusahaan akan dengan mudah memeriksa kinerja para karyawan. Monitor penjualan juga tetap akan terkontrol dengan sangat baik.
Komponen CRM
Pelanggan (Customer)
Pelanggan merupakan alasan mengapa dibutuhkan CRM. Pelanggan dalam hal ini adalah konsumen tetap dan calon konsumen.
Penting juga untuk memahami bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru. Setelahnya, membuat pelanggan tersebut bertahan.
Hubungan (Relationship)
Hubungan yang dimaksud adalah bagaimana perusahaan memberi pelayanan yang baik kepada konsumen. Selain itu, relationship ini juga mengenai bagaimana perusahaan memberikan solusi terbaik saat konsumen mengalami permasalahan.
Manajemen (Management)
Manajemen yang dimaksud adalah pihak yang terlibat langsung pada kegiatan interaksi.
Contohnya, sejumlah pegawai dengan beberapa jabatan yang berhubungan langsung dengan pelanggan atau konsumen.
Para pegawai yang terkait manajemen CRM ini wajib berorientasi membangun manajemen hubungan konsumen yang baik.
Tahapan CRM
Memperoleh Pelanggan Baru
Tujuan dari tahapan ini adalah mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Karena itu, perusahaan harus memberi pelayanan terbaik setelah mendapat kepercayaan pelanggan.
Menambah Nilai Pelanggan
Ini bisa dilakukan dengan menerapkan strategi up-selling atau cross-selling. Up-selling merupakan upaya mendorong konsumen membeli produk lebih banyak dari jumlah produk awal. Cross-selling adalah upaya agar pembeli membeli produk yang berbeda.
Mempertahankan Pelanggan
Pada tahapan ini, perusahaan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan memastikan segala permasalahan atau keluhan terkait produk mendapatkan solusi yang tepat. Sehingga pelanggan merasa mendapatkan pelayanan yang terbaik dari perusahaan.
Demikian penjelasan mengenai pengertian, manfaat, tujuan, komponen, dan tahapan CRM. Semoga informasi ini bermanfaat.