Adu Strategi Jualan Boba di Media Sosial

432
0

Trend boba tidak kunjung surut di Indonesia, hal ini terlihat dari semakin maraknya gerai-gerai minuman dengan topping boba. Boba sendiri pada dasarnya adalah bola-bola yang terbuat dari tepung tapioka yang biasanya menjadi isian atau topping dari minuman manisSaking ngetrendnya, kini tidak hanya dijadikan isian atau topping pada minuman, tapi juga dijadikan topping pada makanan, mulai dari kue dan bahkan makanan asin seperti mie instan.

Jika melihat boba dari sejarah, boba mulai hits setelah diperkenalkan oleh Liu Han – Chieh, pemilik toko teh asal Taiwan bernama “Chung Shui Tang” di Taichung, Taiwan. Taiwan sendiri telah terkenal dengan tehnya yang miliki kualitas yang baik dan boba merupakan snack di sana yang sudah ada sejak 20 tahun lalu. Boba sebenarnya adalah makanan penutup tradisional yang disebut “Fen Yuan”, yaitu pudding tapioka dengan rasa manis yang biasanya disajikan dengan es air gula, kemudian orang Taiwan menuangkan bola tapioka ke dalam es teh sebagai tambahan untuk menikmati teh. 

Semakin banyaknya gerai minuman dengan topping boba membuat setiap produk ini harus bersaing satu sama lain, salah satu cara yang digunakan para brand boba untuk bisa tetap dikenal dan bersaing dengan produk lainnya adalah dengan menggunakan media sosial. Keberadaan media sosial saat ini banyak digunakan oleh para brand di bidang apapun untuk bisa berkomunikasi dengan netizen dan bahkan dijadikan media promosi untuk produk yang dimiliki. Di sini saya mencoba untuk memonitoring delapan brand boba yang ada di Indonesia, yaitu Chatime, Kokumi, Gulu-Gulu, Tiger Sugar, Xing Fu Tang, Street Boba, Xiboba dan KOI.

Konten Entertainment Lebih disukai Pecinta Boba

Berdasarkan pemantauan saya selama periode waktu 19 September – 19 Oktober menggunakan Dashboard NoLimit Indonesia, konten dengan tipe Entertainment yang diunggah oleh Chatime menjadi konten yang paling disukai oleh netizen, dimana postingan ini mendapatkan total engagement sebesar 41.866 engagement. Apa itu konten dengan tipe Entertainment? Konten entertainment sendiri merupakan konten berupa kegiatan menarik, konten viral, trivia, meme/komik, dan konten throwback. Konten yang diunggah oleh Chatime seperti ini memang biasanya lebih banyak menarik perhatian netizen, mengingat konten permainan seperti ini cukup seru dan menarik untuk diikuti.

https://www.instagram.com/p/CGCWjxOB5va/

Selain konten yang diunggah untuk menjalin komunikasi dengan netizen, media sosial juga dijadikan media promosi. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya postingan berisi informasi terkait promo yang diadakan para brand boba. Xiboba menjadi produk yang memiliki konten promosi dengan engagement tertinggi yaitu sebesar 4.593 engagement. Promonya sendiri berupa potongan harga hingga 50% dalam rangka Promo XIJI x XI BO BA x GrabFood Party.

https://www.instagram.com/p/CFbSDCNhTW7/

Diskon Merupakan Promo Favorit Pecinta Boba

Selain memonitoring pembicaraan secara keseluruhan, saya juga mencoba untuk memonitoring pembicaraan terkait promo boba yang ada di media sosial. Ternyata pembicaraan terkait promo boba yang ada di media sosial juga didominasi oleh Chatime, hal ini memperlihatkan bahwa meskipun konten promo yang diunggah oleh Xiboba mendapatkan engagement paling tinggi, promo Chatime lebih banyak dibicarakan di media sosial. Konten promo yang dibuat oleh Chatime sendiri berupa voucher belanja setiap minimal pembelanjaan 50.000 rupiah. 

https://www.instagram.com/p/CFhAF_Shk8a/

Jenis promo yang digunakan oleh tiap brand pun beragam, mulai dari diskon, voucher belanja, buy 1 get 1, sampai promo free topping. Sementara itu, jenis promo yang paling disukai netizen adalah diskon, disusul oleh Buy 1 Get 1 dan selanjutnya Buy 2 Get 1. 

Chatime, Xiboba dan Gulu-Gulu Paling Populer di Media Sosial

Tidak hanya memonitoring konten media sosial para brand boba, saya juga memonitoring pembicaraan terkait beberapa brand boba ini di media sosial.  Selama kurun waktu satu bulan, jika dilihat secara keseluruhan, Chatime menjadi produk yang paling banyak dibicarakan di media sosial, disusul oleh Xiboba dan selanjutnya Gulu-Gulu.

Pembicaraan terkait Chatime mengalami peningkatan pada tanggal 14 Oktober, hal ini dikarenakan banyaknya partisipasi netizen terhadap aktivasi yang diadakan oleh Chatime, dimana Chatime melaksanakan aktivasi berupa tebak harga salah satu varian rasa yang akan segera dirilis. Partisipasi terhadap trivia, keinginan netizen untuk mengonsumsi Chatime dan varian rasa yang dimiliki Chatime juga mendominasi pembicaraan.

Hazelnut Milk Tea Varian Andalan Netizen

Hazelnut Milk Tea menjadi varian rasa Chatime yang paling banyak dibicarakan di media sosial. Selain itu, varian rasa brown sugar, matcha milk tea, roasted milk tea, dan pure cocoa juga banyak dibicarakan oleh netizen.

Nah, kalo kalian lebih suka brand boba mana dan varian apa? Komen di bawah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading