15 Rekomendasi Artificial Intelligence untuk Digital Marketing

265
0

Salah satu manfaat dari Artificial Intelligence (AI) adalah dapat memaksimalkan kegiatan digital marketing. Tentunya, tidak mudah untuk memikirkan strategi marketing hingga mengimplementasikannya karena dunia digital yang berjalan sangat cepat. 

Oleh sebab itu, penting untuk selalu mengikuti perkembangan tren terkini agar campaign yang dilakukan tetap relevan dengan para pengguna internet.

Itulah mengapa Anda membutuhkan bantuan AI. Tujuannya agar aktivitas digital marketing Anda bisa berjalan lebih efektif.

Apa saja rekomendasi AI yang bagus untuk marketing? Berikut beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Mengenal Artificial Intelligence Marketing

Sebelum masuk ke dalam pembahasan rekomendasi, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu AI marketing. Secara sederhana, istilah tersebut dapat diartikan sebagai kegiatan marketing yang memanfaatkan AI dengan tujuan agar kegiatan marketing lebih optimal atau efisien.

Seperti diketahui, kecerdasan buatan awalnya memang dirancang untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang rumit menjadi lebih sederhana. Tugas pemasaran menjadi salah satu area yang juga dapat dioptimalkan dengan AI ini. 

Kegiatan marketing bisa dibilang sangat rumit karena harus melakukan berbagai tahapan mulai dari menyusun strategi, melakukan riset pasar, menentukan metode yang tepat, hingga pelaksanaannya. 

Maka dari itu, AI marketing diharapkan dapat menjadi jawaban untuk membantu menyederhanakan tugas-tugas tersebut. Misalnya, AI marketing bisa membantu dalam proses riset. Jadi, AI dapat memberikan data-data berharga yang dapat digunakan dalam kegiatan marketing.

Manfaat AI untuk Digital Marketing

Aktivitas digital marketing mencakup banyak hal karena areanya yang sangat luas. Contohnya, pemasaran bisa dilakukan melalui media sosial, website, hingga email.

Karena banyaknya channel digital marketing ini, AI dapat membantu beberapa tugas sederhana. Di antara manfaat AI untuk digital marketing adalah sebagai berikut.

  • Memberikan ide konten atau campaign marketing yang menarik
  • Melakukan otomatisasi di media sosial, mulai dari menjadwalkan postingan, chatbot, mengelola iklan, hingga menganalisis audiens
  • Membantu meningkatkan personalisasi. Hal ini membuat Anda mampu mengenali audiens sehingga dapat menciptakan konten yang sesuai.
  • Menghemat biaya sumber daya campaign
  • Memberikan insight berharga sebagai landasan dalam dalam pengambilan keputusan
  • Jangkauan iklan menjadi lebih tepat sasaran
  • Melakukan optimasi pada mesin pencarian

Intinya, manfaat AI untuk digital marketing adalah dapat membantu mengoptimalkan segala proses yang dilakukan dalam pemasaran.

Sebagai contoh, saat menyusun strategi pemasaran, AI bisa membantu dalam hal memberikan data atau menganalisis target audiens.

Kemudian, saat strategi tersebut dijalankan, AI bisa memberi kemudahan dalam pembuatan konten atau merespons tanggapan audiens.

Terakhir, AI juga dapat memberikan wawasan sebagai evaluasi untuk mengetahui kekurangan campaign dan apa yang harus diunggulkan pada campaign selanjutnya.

Jenis Artificial Intelligence (AI)

Jenis AI tidak hanya satu. Akan tetapi, terdapat berbagai macam jenis yang didasarkan pada kegunaan atau fungsinya. Seperti salah satunya adalah jenis AI yang bermanfaat untuk marketing.

Setidaknya, terdapat beberapa AI yang akan sangat membantu pemasaran, yaitu sebagai berikut.

  • Machine Learning (ML)

Jenis AI ini bermanfaat untuk membuat prediksi. Seperti diketahui, dunia digital marketing bukanlah dunia yang pasti. Dalam artian, perkembangannya begitu cepat sehingga harus pandai dalam memprediksi apa yang terjadi ke depannya.

Oleh sebab itu, jenis AI machine learning ini bisa membantu dengan caranya, yaitu belajar dari data-data yang ia dapatkan. Jadi, ML ini bisa memprediksi produk atau layanan seperti apa yang akan dibeli oleh audiens.

  • Deep Learning (DL)

Deep learning dapat membantu banyak hal, mulai dari membuat chatbot, memberikan rekomendasi produk kepada pelanggan, mendeteksi penipuan, hingga menganalisis gambar dan video yang bermanfaat untuk konten.

Jenis ini bisa meningkatkan pelayanan pelanggan. Dengan chatbot, Anda bisa membalas pesan lebih cepat. Kemudian, rekomendasi produk yang diberikan juga membantu meningkatkan personalisasi sehingga audience senang karena merasa Anda memahami mereka.

  • Natural Language Processing (NLP)

Jenis ini berfungsi dalam memahami apa yang dikatakan manusia. Jadi, AI ini berkutat pada bentuk teks yang disampaikan oleh pelanggan di media sosial. Dari sini, AI dapat menganalisis pendapat audience mengenai produk atau layanan Anda.

Hal ini bermanfaat untuk memahami lebih dalam kebutuhan serta keinginan audiens. Anda pun bisa merancang strategi yang lebih baik agar bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Rekomendasi AI untuk Digital Marketing

Lalu, apa saja rekomendasi AI untuk digital marketing? Tools-tools ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan hasil pemasaran yang lebih efektif. 

Copy.ai

Copy ai
Sumber: copy.ai

Tools ini dapat membantu Anda dalam menulis copy yang menarik. Seperti diketahui, salah satu hal penting dalam digital marketing adalah membuat kata-kata yang menarik sehingga orang-orang ingin mengenal lebih jauh tentang bisnis Anda.

Maka dari itu, Copy.ai bisa membantu Anda membuat tulisan iklan dan semua jenis konten pemasaran. Misalnya, Anda membutuhkan tulisan untuk landing page, blog, media sosial, dan sebagainya.

ChatGPT

ChatGPT
Sumber: chat.openai.com

ChatGPT membantu memberikan insight berharga mengenai strategi marketing Anda. Dengan tools ini, Anda bisa mendapatkan jawaban tentang pertanyaan pemasaran Anda yang butuhkan.

Tidak hanya itu, ChatGPT juga bisa membuat tulisan kreatif serta menerjemahkan bahasa. AI yang dibuat oleh Open AI ini juga dapat melakukan otomatisasi tugas. Dari apa yang dihasilkan AI ini, hal tersebut akan bermanfaat dalam meningkatkan konversi.

Gemini

Gemini Google
Sumber: gemini.google.com/app

AI buatan Google ini fiturnya hampir sama seperti ChatGPT. Tools ini membantu menjawab pertanyaan Anda dan mengumpulkan data yang dibutuhkan mengenai pemasaran.

Bedanya, Gemini tidak jarang mencantumkan sumber-sumber atas jawaban mereka. Jadi, Anda bisa memeriksa sendiri sumber utama dari jawaban Gemini ini. Tools ini memudahkan Anda dalam melakukan riset.

Influencity

influencity.com
Sumber: influencity.com

Influencer bisa menjadi salah satu strategi digital marketing untuk menjangkau lebih banyak target audiens Anda. Namun, yang harus diperhatikan adalah followers dari influencer tersebut haruslah sesuai dengan target Anda.

Oleh sebab itu, Influencity bisa membantu agar menemukan influencer yang sesuai. Jadi, pemasaran yang Anda lakukan akan lebih efektif dan tepat sasaran.

Photoroom

Photoroom
Sumber: photoroom.com

Konten berupa gambar atau foto menjadi salah satu unsur pendukung yang membuat produk atau layanan Anda terlihat menarik. Anda bisa menggunakan Photoroom untuk mengedit, mendesain, dan mengoptimalkan konten dalam bentuk foto.

Dengan tools ini, Anda bisa berkreasi karena Photoroom memiliki banyak fitur, seperti menghapus latar belakang foto, berbagai macam template yang mudah digunakan, hingga membuat konten dengan cepat.

Zia by Zoho

zia by zoho
Sumber: zoho.com

Zia by Zoho membantu Anda meningkatkan produktivitas tim pemasaran Anda. Tools ini membantu mengoptimalkan kegiatan operasional di kantor. Zia akan membantu Anda membuat metrik bisnis yang tepat sesuai dengan data yang diberikan untuk dilakukan anlisis sehingga dapat segera ditindaklanjuti.

Albert AI

albert.ai
Sumber: albert.ai

Channel digital marketing sangatlah banyak dan memiliki algoritma atau pola masing-masing. Itulah mengapa kehadiran tools Albert.Ai dapat membantu Anda mengelola semua channel tersebut. 

Albert AI membantu Anda mengelola atau melakukan pengoptimalan dalam segala platform, seperti website, email, hingga media sosial.

Tableau

Tableu
Sumber: tableau.com

Insight berharga berupa data dan fakta mengenai bisnis Anda sangat penting untuk diketahui. Tujuannya agar Anda bisa mengambil keputusan bisnis lebih baik lagi. Tableau merupakan AI yang dapat memberikan analisis visual menarik. Jadi. Anda akan mendapatkan data mengenai segala hal yang dibutuhkan dalam pemasaran. 

Canva

Canva
Sumber: canva.com

Canva merupakan aplikasi desain yang membantu Anda untuk membuat konten gambar atau video dengan mudah. Canva terus mengembangkan fitur-fiturnya. Saat ini, mereka memiliki fitur bernama โ€œStudio Ajaibโ€. Fitur tersebut memanfaatkan AI untuk membuat gambar serta tulisan menarik.

Grammarly

Grammarly
Sumber: grammarly.com

Grammarly dapat membantu Anda memperbaiki tata bahasa yang kurang tepat, khususnya saat menulis dalam bahasa Inggris. Dengan bantuan AI, Grammarly menghadirkan fitur yang bisa mengoreksi kosa kata yang salah. Hal ini membantu Anda memperkuat pesan melalui kata-kata agar pemasaran lebih efektif.

MarketMuse

MarketMuse
Sumber: marketmuse.com

MarketMuse membantu dalam melakukan optimasi website Anda agar konten mudah ditemukan di mesin pencari. MarketMuse melakukan otomatisasi audit konten sehingga konten Anda akan diprioritaskan agar bisa menjangkau lebih banyak orang. MarketMus membantu membuat konten Anda direkomendasikan sehingga dapat memperluas jangkauan.

Anyword

Anyword
Sumber: anyword.com

Anyword membantu Anda menghasilkan tulisan untuk situs web, media sosial, email, dan iklan. Melalui tools ini, Anda bisa membuat tulisan lebih cepat dan mudah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyesuaikan teks tulisan agar sesuai dengan target audiens Anda.

GrowthBar

GrowthBar
Sumber: growthbarseo.com

Website menjadi salah satu channel digital marketing yang perlu dioptimasi atau dimaksimalkan. Di website tersebut, pelanggan bisa mengetahui dengan detail mengenai produk atau layanan Anda. Tidak hanya itu, website juga bisa menjadi tempat terjadinya transaksi. 

Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tools yang membantu Anda dalam melakukan optimasi website ini. Salah satunya adalah GrowthBar. Dengan tools ini, Anda bisa melakukan riset kata kunci, hingga memeriksa performa SEO Anda.

Gong.io

Gong.io
Sumber: gong.io

Gong.Io membantu Anda mengetahui interaksi pelanggan. Jadi, Anda dapat mengetahui bagaimana pendapat mereka terhadap sebuah produk atau layanan.

Dari interaksi-interaksi pelanggan ini, Gong.Io memberikan insight berharga untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik lagi. 

Gong.Io juga menyediakan laporan yang menunjukkan kinerja pemasaran Anda. Melalui data ini, Anda dapat mengetahui kemajuan yang telah dibuat dan memperbaiki apa yang masih kurang.

Persado

Persado
Sumber: persado.com

Persado adalah AI yang dapat meningkatkan personalisasi pelanggan. Dengan menggunakan jenis AI Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning (ML), Persado membantu Anda memahami lebih jauh mengenai pelanggan Anda.

Hal ini dapat membantu Anda untuk membuat produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Persado membantu meningkatkan pertumbuhan omzet bagi sebuah bisnis.

Itulah rekomendasi AI untuk digital marketing. Menggunakan AI untuk membantu kegiatan pemasaran Anda merupakan salah satu cara bijak dalam menyikapi perkembangan teknologi saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading