4 Manfaat Memantau dan Menganalisis Portal Berita Online

409

Tahukah Anda bahwa pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat tinggi? Faktanya, terhitung pada tahun 2013, peningkatannya sebesar 29% dan meningkat menjadi 56% pada akhir tahun 2017 Selain itu, populasi pengguna internet di Indonesia pun terus meningkat, yaitu sebesar 79% pada tahun 2017. Fakta lainnya adalah adanya peningkatan dari pengguna internet melalui ponsel yaitu dari 37% di tahun 2013 menjadi 86% di tahun 2017.

2/3 dari data-data tersebut merupakan pengguna media social, di mana 14% lainnya digunakan untuk mengecek E-Mail, 9% digunakan untuk mengakses search engine, dan sisanya dilakukan untuk melakukan hal-hal berbau online lainnya. Sampai pada akhirnya muncul lah pertanyaan, apa yang sebenarnya mereka lakukan dengan media social?

Fakta menarik lainnya adalah 85% dari seluruh pengguna internet di dunia menggunakan Facebook dan Twitter sebagai sumber berita online mereka di pagi hari. Membaca berita Online melalui media social merupakan salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para pengguna internet. Pergeseran dunia digital ini membuat banyaknya media-media yang tadinya berupa media cetak mulai berpindah ke media online. Sebut saja seperti Detikcom, Kompas, Liputan 6, OkeZone dan Tribun News merupakan beberapa portal berita online Indonesia yang banyak dicari saat ini. Penggunaan media social sendiri menjadi jalur penyebaran setiap artikel yang sudah mereka tulis di situs masing-masing.

Sisi Gelap Berita Online

Di samping hal-hal menakjubkan tersebut, Indonesia sendiri kini sedang dihantam oleh isu HOAX atau fake news atau sebuah informasi yang masih abu-abu kebenarannya. Seperti yang dikutip oleh jakartaglobe.id, Sri Mulyani kini mulai turut membantu memerangi berita HOAX tersebut. Sri Mulyani pun meminta bantuan kepada media-media online besar di Indonesia dan juga para tokoh masyarakat yang aktif menggunakan media online untuk memerangi berita-berita HOAX tersebut.

“Finance Minister Sri Mulyani Indrawati encouraged Indonesia’s mainstream media and the public on Thursday (08/02) to create a healthier internet atmosphere by joining the battle against fake news. The spread of fake news on the internet is a challenge for most countries, yet Indonesians, who are among the most active social media users in the world, are more at risk.” (jakartaglobe.co.id, 2018)

Isu ini pun menjadi hal yang harus diperhatikan oleh para tokoh-tokoh masyarakat di Indonesia, perusahaan-perusahaan dan juga organisasi besar di Indonesia. Pembahasan tentang profil masing-masing dari mereka di media online merupakan sebuah hal positif di mana secara tidak langsung nama mereka akan lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Di sisi lain, hal ini malah bisa menjadi boomerang bagi mereka apabila ada informasi-informasi yang tidak sesuai dengan fakta, atau bahkan dibuat berlawanan secara sengaja oleh penulis berita yang tidak bertanggung jawab.

Mengapa Harus Memantau Portal Berita Online?

Untuk merespon isu ini, Anda sebagai tokoh masyarakat, pentolan sebuah perusahaan ataupun orang penting dari sebuah organisasi wajib untuk membantu memerangi berita HOAX tersebut. Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memantau dan juga menganalisis apa yang portal berita online katakan tentang Anda atau pun tentang isu-isu yang sedang hangat saat ini.

Dalam kesempatan ini, kami akan membantu mencerahkan teman-teman akan pentingnya memantau dan menganalisis berbagai portal berita online di Indonesia. Dalam hal ini, 4 manfaat yang akan kami bahas bukan hanya untuk membuktikan kebenaran akan sebuah informasi, tetapi juga bisa dioptimalkan untuk kepentingan bisnis ataupun organisasi.

Reputation Management

Apa yang dikatakan oleh portal berita online secara langsung bisa mempengaruhi cara berpikir dari para pembacanya. Baik itu berisikan berita yang disukai oleh pembaca atau pun yang tidak disukai sekalipun, secara psikologi, hal ini akan mempengaruhi pembaca dalam menilai objek yang dibahas oleh media tersebut. Hal ini lah yang membuat reputation management dalam dunia digital menjadi hal yang sangat penting untuk teman-teman perhatikan.

Recognizing Silent Signals

Dalam beberapa hal, Anda mungkin tidak mengetahui bahwa perusahaan, organisasi atau bahkan diri Anda sendiri sedang dibicarakan beberapa media. Logikanya adalah ketika Anda tidak mengetahui bahwa ada media yang sedang memberitakan Anda, tentu secara otomatis Anda pun tidak akan tahu apa yang portal berita tersebut beritakan tentang Anda. Memantau dan menganalisis portal berita online bisa membantu Anda untuk menyadari silent signal yang terjadi di beberapa portal berita online yang sedang ramai memberitakan Anda.

Industry and Competitor Monitoring

Sebut saja Anda adalah tokoh politik yang sedang mencalonkan diri Anda sebagai Calon Walikota, Bupati atau Gubernur. Brand awareness  tentu menjadi hal utama yang harus Anda lakukan agar banyak orang yang menyadari akan kemampuan Anda dalam memimpin sebuah daerah. Tanpa Anda sadari, kompetitor Anda pun sedang melakukan hal yang sama percis dengan yang sedang Anda lakukan, tapi bagaimana cara Anda mengetahuinya?

Dengan memantau dan menganalisis portal berita online, Anda bisa mengetahui apa yang kompetitor Anda sedang lakukan. Bukan hanya sekedar seberapa banyak media yang membicarakan dirinya, bahkan sampai dengan menganalisis sentiment dari isi berita tersebut. Dengan begitu, Anda pun bisa mengetahui langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi strategi dari kompetitor Anda.

Measuring The Effectiveness of Online News

Sebagai tokoh masyarakat dengan nama besar, atau perusahaan yang sedang berkembang, press realese terkadang menjadi salah satu cara ampuh untuk menginformasikan suatu hal penting ke pada khalayak masyarakat. Akan tetapi, apakah Anda sudah yakin bahwa berita yang ditulis dari press release tersebut sudah sesuai dengan informasi yang ingin Anda sampaikan di press release tersebut?

Dengan melakukan aktivitas pemantauan portal berita online, Anda bisa mengetahui level keefektifan dan keakuratan dari informasi yang Anda sampaikan dengan isi berita dari media-media yang meliput Anda.

Online News Monitoring Tool sebagai Solusi

Akan tetapi, melakukan aktivitas pemantauan dan analisis di portal berita online bukanlah perkara hal yang mudah. Secara akal sehat, Anda harus bisa mengakses seluruh portal berita online besar di Indonesia dan mencari tahu berita mana saja yang berisikan informasi tentang diri Anda atau perusahaan Anda. Ditambah lagi, Anda pun harus membaca seluruh artikel tersebut agar bisa mengetahui apa yang sebenarnya berita online katakana tentang Anda.

NoLimit kini kembali hadir sebagai solusi. Tidak hanya berhenti dengan produk NoLimit Dashboard sebagai alat untuk memantau dan menganalisis media sosial, kini NoLimit hadir dengan NoLimit Online News Monitoring. Online News Monitoring ini merupakan aplikasi berbasis web yang bisa membantu Anda untuk memantau dan menganalisis objek (Kata kunci) di berbagai portal berita online di Indonesia, di mana hasil dari analisis tersebut diterjemahkan menjadi beberapa metrik.

NoLimit ONM - Online News Monitoring
NoLimit ONM – Online News Monitoring

Dengan menggunakan Online News Monitoring, Anda bisa mengetahui portal berita mana saja yang sedang membicarakan Anda, lengkap dengan hasil analisis yang mendalam seperti analisis sentimen, jumlah pemberitaan dan hal penting lainnya. Ditambah lagi dengan tidak adanya limit pada kata kunci (keyword) yang ingin Anda pantau, dengan jumlah sumber lebih dari 100 portal berita online di Indonesia. Dengan adanya NoLimit Online News Monitoring ini, diharapkan kita semua bisa lebih aware lagi terhadap maraknya berita-berita yang dimuat secara online. Bukan hanya untuk kepentingan reputasi dan bisnis semata, secara tidak langsung memantau dan menganalisis portal berita online ini menjadi sebuah langkah dalam memerangi berita hoax di Indonesia.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading