Word Cloud: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

483
0

Dalam dunia digital marketing, word cloud bermanfaat untuk meningkatkan strategi bisnis Anda. Sebab, word cloud adalah kumpulan kata tentang apa saja yang sedang ramai dibicarakan orang. 

Apabila Anda mengetahui hal tersebut, Anda pun bisa menyiapkan strategi yang lebih efektif untuk menjangkau lebih banyak orang. Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Word Cloud?

Word cloud merupakan visualisasi dari kumpulan kata yang sering disebut dalam sebuah media tertentu. Contohnya, di media sosial, word cloud akan banyak menghimpun kata-kata yang trending di sana. Artinya, berbagai macam kata yang muncul dalam word cloud itu saat ini banyak disebutkan para pengguna media sosial.

Selain itu, frekuensi seberapa banyak kata diucapkan juga akan terlihat melalui word cloud ini. Teks yang sering diucapkan akan berbentuk paling besar dan menonjol. Sementara itu, kata-kata lainnya berukuran kecil dan akan terlihat mengelilingi kata paling besar.

Kemudian, visualnya akan terlihat seperti teks saling menumpuk atau tumpang tindih. Namun, Anda tetap bisa melihat data tersebut dengan jelas. Nantinya, teks yang terkumpul dalam word cloud bisa menjadi bahan analisis untuk kegiatan bisnis Anda.

Fungsi dari Word Cloud

Fungsi dari word cloud adalah untuk memudahkan Anda membaca data tentang apa yang sering dibicarakan oleh orang lain pada media tertentu, khususnya media sosial. Sebagai pemilik bisnis, penting bagi Anda untuk mengetahui tren terkini.

Tujuannya adalah agar bisa menyiapkan strategi bisnis berdasarkan apa yang disenangi dan diperhatikan oleh banyak orang saat ini. Selain itu, word cloud juga berfungsi dalam social media monitoring. Maksudnya, metode ini dapat digunakan untuk meringkas secara efektif apa yang sedang banyak disebut-sebut oleh pengguna media sosial.

Apabila menggunakan social media monitoring, Anda bisa mendapatkan laporan tentang tren terkini yang bermanfaat untuk memperkuat strategi campaign bisnis Anda.

Tools untuk Membuat Word Cloud

Saat ini, tersedia berbagai macam tools untuk membuat word cloud. Salah satunya yang bisa Anda gunakan adalah wordclouds.com. Tools tersebut memungkinkan Anda untuk membuat kumpulan kata dengan otomatis.

Cara membuat word clouds dengan tools ini adalah dengan menempelkan teks, mengunggah sebuah file, atau membuka sebuah URL yang ingin Anda buat word cloud-nya. Kemudian, pilihlah bentuk, warna, serta jenis font yang Anda inginkan. Setelah itu, wordclouds.com akan bekerja secara otomatis dengan membentuk kumpulan kata-kata yang sering muncul pada media yang Anda unggah. 

Selain wordclouds.com, Anda juga bisa menggunakan NoLimit Dashboard yang merupakan tools social media monitoring, yang bermanfaat untuk memantau berbagai macam respon atau opini pengguna terhadap sebuah bisnis hingga tokoh di media sosial. Salah satu hasil dari pantauan tersebut dibuat dalam bentuk word cloud

Word cloud mengumpulkan teks atau topik-topik yang menunjukkan pendapat dari para pengguna media sosial. Kata-kata tersebut nantinya bisa menjadi acuan untuk menyiapkan banyak hal. Contohnya adalah sebagai ide membuat konten media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak audiens.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading