Tips & Trik Twitter Marketing Sukses untuk Bisnis

728

Twitter awalnya hanya digunakan sebagai platform untuk menceritakan atau membagikan pemikiran mereka. Namun, saat ini Twitter sudah banyak digunakan untuk memasarkan brand agar lebih dikenal oleh audiens.Tetapi agar brand dapat mudah dikenal tidak cukup dengan memberikan satu cuitan di Twitter. Hal yang perlu dilakukan adalah memasarkan brand dengan menonjolkan kelebihannya agar dapat menarik perhatian audiens.

Apa itu Twitter Marketing?

Twitter marketing adalah proses dalam mempromosikan produk atau layanan yang Anda miliki melalui Twitter. Hal yang perlu dilakukan adalah menggunakan strategi pemasaran di media sosial untuk membuat dan mengunggah konten di media sosial agar lebih menarik. Saat Anda mengunggah konten, Anda perlu menentukan waktu dan audiens yang tepat sesuai target Anda.

Tidak cukup dengan mengunggah konten, dalam Twitter marketing Anda perlu merencanakan strategi dan bagaimana Anda dapat berinteraksi dengan audiens Anda. Hal ini dikarenakan Twitter merupakan platform yang didominasi oleh percakapan. Maka sangat penting bagi Anda untuk berkomunikasi dua arah.

Dalam membuat strategi Twitter, pastikan strategi Anda sesuai dengan sasaran bisnis Anda. Terdapat beberapa strategi Twitter marketing yang dapat Anda aplikasikan. Simak penjelasan berikut!

Strategi Marketing

1. Analisa Akun Twitter

Menganalisa Twitter dapat membandu Anda untuk menganalisa performa akun-mu. Seperti, performa hashtag yang digunakan, Twitter performa, dan audiens. Dengan mengetahui performa konten yang paling banyak disukai oleh audiens, dapat dimanfaatkan untuk membuat strategi kedepannya.

Jika Anda menggunakan NoLimit Dashboard, Anda akan mendapatkan informasi lebih lengkap terkait performa Twitter Anda. Seperti, day to day talk, impression, engagement, engegement/post, reach, dan informasi lainnya.

Report Social Media

2. Gunakan Hashtag

Hashtag adalah salah satu cara agar brand dikenal oleh audiens. Hashtag sangat efektif untuk menyesuaikan dengan trend yang sedang berkembang. Hal ini membuat hashtag dapat meningkatkan asosiasi pesan sebesar 18% dan brand awareness sebesar 8%. Hal lain dalam menggunakan hashtag adalah peningkatan minat beli sebesar 3%. Maka dari itu, sebuah brand banyak menggunkan hashtag dalam membuat hashtag.

3. Menggunakan Twitter Ads

Twitter ads merupakan salah satu cara untuk dapat menjangkau audiens dengan cara langsung tanpa menunggu jangkauan secara organik. Twitter ads juga dapat memperluas jangkauan Anda secara lebih cepat.

4. Memilih Waktu untuk Mengunggah

Dalam mengunggah di media sosial Twitter, sangat penting untuk mengunggah pada saat para pengguna Twitter sedang aktif dan berinteraksi. Hal ini akan membuat algoritme di Twitter lebih memprioritaskan tweet Anda sehingga dapat dilihat oleh audiens yang lebih besar lagi.

Pick Time NoLimit Dashboard

Dengan menggunakan NoLimit Dashboard Anda dapat dengan mudah melihat picktime yaitu waktu dimana audiens paling aktif menggunakan media sosial Twitter.

Waktu yang tepat untuk posting sesuai dengan behaviour user twitter
Sumber: NoLimit Dashboard

5. Membuat jadwal untuk mengunggah

Tweet yang diunggah pada waktu yang tepat tentu saja akan memberikan dampak positif yaitu menghasilkan interaksi dan berpotensi menjadi viral.

Langkah awal yang dapat dilakukan dalam membuat jadwal untuk mengunggah adalah ketahui waktu yang tepat untuk mengunggah. Hal ini akan membuat unggahan Anda lebih konsisten serta lebih mudah dikelola.

6. Menjalin Komunikasi

Twitter merupakan platform media sosial yang dapat berkomunikasi dua arah. Hal ini sangat penting bagi Anda untuk membuat konten yang melibatkan audiens Anda. Banyak para pelaku bisnis menggunakan Twitter sebagai sarana untuk berkomunikasi dua arah dengan para followers.

Hal yang dapat membuat audiens Anda terlibat dalam postingan Anda dengan menguggah Tweet berbentuk pertanyaan.

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan platform media sosial Twitter sebagai media untuk memasarkan produk atau brand. Apakah sobat NoLimit sudah menggunakan Twitter sebagai strategi marketing? Berikan tanggapanmu di kolom komentar ya.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading