Keberhasilan Sosial Media: Panduan Lengkap Monitoring dan Analisis Sosial Media untuk Peningkatan Maksimal!

442

Apa itu Sosial Media Analisis

Sosial media analisis merupakan proses pengumpulan data yang didapatkan dari platform media sosial yang Anda gunakan. Yang nantinya diidentifikasi dan ditindaklanjuti menjadi sebuah report untuk dijadikan acuan dalam membuat strategi kedepannya.

Untuk dapat melakukan analisis tersebut dapat dilakukan dengan menganalisis percakapan di media sosial yang relevan dengan perusahaan Anda. Hal ini termasuk percakapan perusahaan Anda, pesaing,

Memantau media sosial tidak hanya melihat tag dan tautan saja, tetapi terdapat beberpa hal yang harus di perhatikan, antara lain:

  • Siapa audiens Anda?
  • Apa yang audiens Anda inginkan?
  • Kapan audiens Anda terlibat dengan Anda?
  • Di mana audiens Anda aktif dan terlibat?
  • Mengapa audiens Anda berbicara tentang Anda?
  • Bagaimana Anda dapat melayani audiens dengan lebih baik?

Manfaat Analisa Media Sosial

Perusahaan besar dan UMKM akan mendapatkan keuntungan dari hasil analisa media monitoring.

Hasil analisa tersebut akan memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan bisnis Anda. Dalam menggunakan NoLimit Dashboard kami merangkum beberapa hasil analisa yang akan diberikan kepada para pengguna NoLimit Dashboard, antara lain:

  • Sentiment Analisis: mengukur persepsi publik tentang merek atau produk Anda
  • Wawasan industri: menganalisis diskusi atau tagar dalam suatu industri
  • Hashtag: menganalisis merek atau produk pesaing.
  • Analisis kampanye: melaporkan kinerja kampanye.
  • Pemantauan event: memantau respons audiens terhadap konferensi atau acara

Langkah Awal Melakukan Media Monitoring & Analisa

Pilih tools media monitoring

Tentutan tools media monitoring yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tentukan tujuan awal Anda dan hasil yang diinginkan

Ketahui apa yang ingin Anda dapatkan daro tools media media monitoring, contohnya seperti:

  • Jalankan analisis mendalam tentang brand Anda untuk memahami pendapat pelanggan dan prospek.
  • Pantau industri atau ceruk Anda untuk mengetahui apa yang baru dan apa yang akan membuat konten bagus.
  • Analisa kompetitor.
  • Cari tahu jenis konten apa yang paling banyak disukai.
  • Identifikasi audiens media sosial Anda untuk menentukan strategi Anda kedepannya.

Pilih sumber data yang relevan

Untuk melakukan analisa media sosial, Anda harus menentukan media sosial mana yang akan Anda monitoring. Contohnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

Apa yang harus disebutkan

Bagian ini Anda harus menentukan beberapa hal yang akan Anda analisa

  • Keyword
  • Hashtag
  • Mention

Berikut ini merupakan langkah dan manfaat media monitoring dan analisa untuk meningkatkan bisnis Anda. NoLimit Dashboard hadir untuk membantu Anda menganalisa media sosial dan media online.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading