Social commerce merupakan praktik penjualan yang memanfaatkan platform media sosial untuk memfasilitasi interaksi dan transaksi antara pelanggan dengan penjual. kegiatan ini melibatkan penggunaan fitur-fitur seperti ulasan produk, rekomendasi, pembelian langsung, dan pengalaman pengguna secara real-time untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Terdapat beberapa peran social commerce dalam perbumbuhan bisnis.
Baca juga: Tren Social Commerce di Indonesia
Peran Social Commerce dalam Pertumbuhan Bisnis:
- Meningkatkan Kesadaran Merek: Dengan memanfaatkan media sosial, dapat meningkatkan kesadaran merek mereka dengan menjangkau audiens yang lebih luas melalui berbagi konten, promosi, serta interaksi langsung dengan para pelanggan dan calon pelanggan.
- Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan: Social commerce memungkinkan untuk berinteraksi langsung antara pelanggan dan merek. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan dan membantu membangun hubungan yang lebih erat antara penjual dengan pelanggannya. Keterlibaran dan hubungan dengan pelanggan bisa melalui ulasan produk, group, atau pertukaran informasi yang relevan.
- Meningkatkan Konversi: Dengan memfasilitasi pembelian langsung atau integrasi tautan belanja langsung dalam platform media sosial, social commerce dapat meningkatkan konversi dengan mempermudah proses pembelian bagi pelanggan.
- Memanfaatkan Rekomendasi: Rekomendasi dari teman atau orang terdekat sering memiliki pengaruh besar dalam keputusan pembelian. Social commerce memanfaatkan hal ini dengan membuat pelanggan untuk berbagi pengalaman atau review mereka dengan produk atau layanan secara langsung. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan mempengaruhi keputusan pembelian orang lain.
- Memperluas Jangkauan Pasar: Dengan kemampuannya untuk dapat menjangkau audiens yang lebih luas melalui media sosial, social commerce dapat membantu bisnis lebih memperluas jangkauan pasar mereka.
Dengan mamanfaatkan dan menggunakan social commerce dengan bijak dan baik tentu dapat meningkat interaksi dengan pelanggan, memperluas jangakauan pasar, dan juga meningkatkan penjualan.
Ketahui tren terkini social commerce di Indonesia, klik disini!