Simak! Cara Terbaik Meningkatkan Indikator KPI

215

Apa itu KPI?

KPI merupakan indikator kunci atau key success indicator (KSI) yang memiliki standar yang berbeda antara perusahaan dan industri tergantung pada standar kinerja. Misalnya, perusahaan perangkat lunak dapat menggunakan pertumbuhan pendapatan tahun-ke-tahun (YOY) sebagai metrik kinerja utama untuk mencapai pertumbuhan tercepat di industri. Di sisi lain, perusahaan retail mungkin mempertimbangkan penjualan toko yang lebih tinggi sebagai KPI yang ideal untuk mengukur ekspansinya. 

Faktor Pengukuran KPI

Dalam pengukuran KPI dibutuhkan beberapa faktor untuk menentukan strategi perusahaan yaitu Spesific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-Based (SMART)

  1. Spesific
    KPI harus memiliki tujuan yang jelas dalam menentukan strategi yang diatur dalam KPI dan diimplementasikan di masa mendatang. Hal ini diperlukan agar perusahaan dapat terhindar dari bias yang membuat bottom line menjadi tidak optimal.
  2. Mearusable
    KPI harus dapat mengukur semua nilai yang ditetapkan dalam strategi yang ada. Jika KPI tidak dapat mengukur semua nilai yang ditetapkan, efektivitas strategi yang dibuat akan menurun.
  3. Attainable
    Semua strategi KPI harus realistis dan dapat dicapai. Strategi ini dapat diterapkan dengan menggunakan informasi orang dalam atau penelitian tentang industri atau pesaing.
  4. Relevant
    Hasil pembuatan KPI harus terkait dengan kondisi strategi yang diterapkan. Ketika hasil KPI dikaitkan dengan strategi yang sedang berjalan, proses pengembangan strategi lebih mudah untuk didefinisikan.
  5. Time-Based
    pembuatan KPI harus terkait dengan kondisi strategi yang diterapkan. Ketika hasil KPI dikaitkan dengan strategi yang sedang berjalan, proses pengembangan strategi lebih mudah untuk dilanjutkan.

Manfaat Membuat KPI

Mengutip dari laman Detik.com terdapat beberapa manfaat saat kita menggunakan KPI, antara lain

  1. Meningkatkan produktivitas, hal ini karena KPI dapat mengarahkan perusahaan agar dapat mencapai tujuan bersama.
  2. Peningkatan penjualan, mengapa KPI dapat meningkatkan penjualan karena dapat mengetahui arah dan tujuan penjualan.
  3. Evaluasi kinerja yang lebih baik, dengan menggunakan KPI dapat lebih mudah memisahkan karyawan yang bekerja baik dan tidak baik.
  4. Mudah dimengerti, karyawan perusahaan lebih mudah mengerti karena data yang debierikan lebih terstruktur.
  5. Meningkatkan kinerja karyawan, jika rutin memonitor KPI kinerja departemen akan meningkat secara bertahap. Hal ini karena hasil dari monitor yang dilakukan dapat membuat strategi untuk kedepannya.

Barikut ini merupakan cara yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan KPI di perusahaan Anda

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading