Ramai! Penipuan dengan Mengganti QRIS Kotak Amal

189

Saat ini QRIS banyak ditemui di berbagai tempat, mulai dari kemasan makanan hingga berbagai pameran. Rata-rata orang menggunakan QRIS untuk membuka situs web, mengunduh aplikasi, melakukan pembayaran, dan beramal.

Namun, belakangan ini masyarakat dihebohkan dengan unggahan akun terkait seorang pria yang mengganti kode QRIS pada kotak amal. Kasus ini viral di media sosial dengan modus pemasangan stiker barcode QRIS pada salah satu masjid di Jakarta. 

Menurut Perusahaan keamanan siber Kaspersky mengungkapkan bahwa penipuan menggunakan QR code memiliki keunggulan khusus yaitu pengguna sulit memeriksa dan tidak tahu apa yang dimuat oleh kode tersebut.

Ramainya QRIS palsu di masjid menjadi ramai diperbincangkan di media sosial. NoLimit melakukan pemantauan di media sosial terkait perbincangan QRIS palsu.

Day to Day Talk QRIS Palsu

Sumber: NoLimit Dashboard

Berdasarkan hasil analisa menggunakan NoLimit Dashboard perbincangan tertinggi meningkat pada tanggal 10 April yang dimana video seorang pria mengganti kode QRIS pada kota amal viral di media sosial.

3 Isu di Media Sosial

Dari banyaknya isu di media sosial terkait QRIS yang palsu, kami melihat terdapat 3 top isu terkait topik QRIS palsu. Sebesar 56% netizen di media sosial membicarakan modus baru mengenai QRIS palsu di masjid, sebesar 33% perbincangan netizen membicarakan sosok pria yang merubah QRIS, dan isu ketiga adalah 50 QRIS palsu bertebaran di Istiqlal sebesar 11%

Sumber: NoLimit Dashboard

Beberapa Cuitan di Twitter

Akun dengan nama @salshira mempertanyakan klarifikasi yang dibuat oleh pria yang mengganti kode QRIS pada sebuah masjid.

Sedangkan akun dengan nama @Midjan_La_2 memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada.

Top Talker By Engagement

NoUsernameEngagement
1detikcom970
2goodreligion_id958
3tanterempoong634
Sumber: NoLimit Dashboard

Top talker by engagement merupakan akun di media sosial yang membicarakan suatu topik dengan jumlah engagement tertinggi. Pada kasus QRIS yang diubah oleh seorang pria terdapat 3 talker dengan jumlah tertinggi. Detikcom menduduki urutan pertama dengan jumlah engagement 970.

Berikut ini merupakan hasil analisa menggunakan NoLimit Dashboard terkait isu yang sedang merebak di media sosial terkait perubahan kode QRIS. Sampai artikel ini diterbitkan masih banyak perbincangan di media sosial mengenai QRIS palsu.

Bagaimana tanggpan sobat NoLimit terkait kode QRIS pada kotak amal yang diubah? Berikan tanggapan-mu di kolom komentar ya, sobat NoLimit!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading