Populer, Aplikasi Kesehatan dikala Pandemik

289
0

Pandemi Covid 19 sedikit banyak merubah kebiasaan masyarakat, kini setiap dari kita diminta untuk tetap diam di rumah dan melakukan berbagai macam aktivitas dari rumah. Mulai dari sekolah, bekerja, sampai penyelenggaraan konser kini dilakukan dari rumah. Di masa pandemi seperti saat ini, kesehatan menjadi hal yang paling wajib menjadi perhatian utama. Namun, klinik dan rumah sakit menjadi tempat yang paling diwaspadai oleh banyak orang, mengingat tingkat penularan akan Covid 19 di beberapa tempat ini sangat tinggi. Hadirnya aplikasi kesehatan sangat membantu dimasa sekarang.

Semakin berkembangnya dunia teknologi yang serba digital menjadikan pandemi Covid 19 ini tidak menghalangi kita semua untuk bisa tetap beraktivitas dan menjaga kesehatan. Rentannya rumah sakit dan klinik sebagai tempat penyebaran Covid 19 menjadikan aplikasi kesehatan mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Fitur-fitur yang ada di setiap aplikasi kesehatan ini memudahkan kita semua untuk mendapatkan fasilitas kesehatan kapanpun dan dimanapun.

Kini, sudah mulai muncul banyak brand aplikasi di bidang kesehatan yang berlomba-lomba dalam memperlengkap fitur untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan fasilitas kesehatan. Di sini saya mencoba memonitoring empat brand aplikasi di bidang kesehatan yaitu Alodokter, Halodoc, Klikdokter, dan SehatQ.

Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan mulai dari tanggal 1 – 17 Januari 2021 melalui NoLimit Dashboard terdapat 24.871 pembicaraan dari 24.142 akun terkait empat brand aplikasi di bidang kesehatan diatas. Pembicaraan tertinggi terjadi pada tanggal 13 Januari dikarenakan banyaknya tanggapan dan komentar netizen terhadap postingan terkait Presiden Joko Widodo dan beberapa tokoh lainnya dari berbagai kalangan yang menjadi orang pertama menerima vaksin.

Secara total pembicaraan setiap brand –nya, Klikdokter menjadi brand yang memiliki pembicaraan paling banyak di media sosial dengan 80% dari total pembicaraan, lalu disusul oleh Halodoc dengan 11% pembicaraan, kemudian Alodokter 6%, dan SehatQ 3%. Pembicaraan terkait Klikdokter dan SehatQ didominasi pembicaraan di Facebook, sementara Halodoc lebih banyak dibicarakan di Twitter, sedangkan Alodokter lebih banyak dibicarakan di Instagram.

Setiap dari aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang siap membantu para penggunanya dalam mendapatkan fasilitas kesehatan secara lengkap dan mudah. Lalu, fitur apa yang sebenernya lebih banyak dibicarakan oleh netizen di media sosial?

Berdasarkan pemantauan kami, fitur chat dokter, beli obat, booking tes covid, artikel dan buat janji dengan dokter menjadi fitur yang paling banyak dibicarakan oleh netizen.

  1. Fitur Chat Dokter (893 Talks)

Fitur chat dokter menjadi fitur yang paling banyak dibicarakan oleh netizen, hal ini dikarenakan mulai makin banyaknya spesialisasi dokter yang dimiliki tiap aplikasi. Selain itu, banyak juga dari netizen yang merekomendasikan mereka yang memiliki keluhan sakit untuk mencoba fitur chat dokter di aplikasi terlebih dahulu sebelum pergi ke rumah sakit. Sebagian dari netizen yang belum pernah menggunakan aplikasi ini juga bertanya terkait tata cara berkonsultasi dengan dokter secara online melalui aplikasi.

2. Beli Obat (616 Talks)

https://twitter.com/txtdariabkolik/status/1346678506751578112

Setelah melakukan konsultasi bersama dokter melalui aplikasi, netizen bisa diresepkan obat dan bisa langsung dibeli melalui aplikasi yang akan diantar menggunakan ojek online. Tidak melulu harus melakukan konsultasi dengan dokter, kita juga dapat langsung membeli obat melalui aplikasi baik dengan atau tanpa resep dokter.

3. Booking Tes Covid-19 (326 Talks)

https://twitter.com/wonderful_dol/status/1348874929026985987

Tes Covid 19 kini banyak menjadi syarat bagi mereka yang akan beraktivitas, mulai dari bepergian sampai mengikuti berbagai macam kegiatan. Booking tes covid kini juga bisa melalui aplikasi, mencari lokasi tes, membayar biaya tes, konfirmasi tes, dan hasil dapat dilakukan melalui aplikasi. Fitur ini membuat kita bisa hanya langsung pergi ke tempat lokasi untuk tes dan pulang kembali ke rumah.

4. Artikel (102 Talks)

https://twitter.com/daydaydonat/status/1345009178943893505

Keberadaan fitur artikel membantu penggunanya mempelajari beberapa tipe dan gejala sakit yang mereka derita. Banyak dari artikel juga memberikan informasi terkait manfaat, info, dan fakta menarik terkait berbagai hal di bidang kesehatan. Beberapa artikel juga banyak menjawab terkait mitos dan fakta yang banyak dipercaya di tengah-tengah masyarakat.

5. Buat Janji Dengan Dokter (36 Talks)

https://twitter.com/rakuyuo/status/1346595819034611715

Tidak harus pergi langsung ke rumah sakit, kini kita dapat membuat janji dengan dokter melalui aplikasi. Kita dapat melihat tanggal, jam kosong, profil dokter, pengalaman praktik, dan bahkan riwayat pendidikan dari setiap dokter yang ada di aplikasi tersebut.

Keberadaan teknologi semakin memberikan kemudahan bagi kita untuk mengakses berbagai macam hal kapanpun dan dimanapun, termasuk bidang kesehatan. Pandemi Covid 19 tidak lagi bisa menjadikan kita tidak peduli dengan kesehatan karena hanya takut pergi ke rumah sakit, karena kini semua bisa dilakukan dari rumah. Maka dari itu, yuk tetap jaga kesehatan dan tidak pergi kemana-mana dulu jika memang tidak terlalu perlu yaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading