Pentingnya menggunakan Facebook Fan Page dan Instagram Business dalam Bisnis

546
0

Facebook dan Instagram, tentunya Anda adalah termasuk dari jutaan orang di dunia yang tidak asing dengan dua nama tersebut. Ya, dua platform media sosial ini adalah beberapa dari media sosial yang terkenal di dunia. Kekayaan audiencenya membuat dua platform ini diminati para pembisnis.

Kadang, pertumbuhan teknologi dan digitalisasi yang begitu cepat membuat para pembisnis kebingungan dengan banyak istilah dan tools digital yang hadir. Salah satunya Facebook Fan Page dan Instagram Business.

Dua fitur dari Facebook dan Instagram ini adalah hal terdasar dari para pembisnis yang melakukan pemasaran digital. Sayangnya, masih banyak dari pembisnis belum memahami pentingnya dua hal ini.

Memang apa bedanya dengan akun Facebook dan Instagram biasa?

Yuk, simak lanjutannya di bawah ini.

Bangun Profil Bisnis Dengan Facebook Page

Saat melakukan login, kebanyakan pembisnis masih menggunakan Facebook personalnya untuk menjadi akun bisnis. Padahal, Facebook sengaja telah menyediakan Facebook Page untuk memberikan manfaat lebih bagi para pembisnis.

Facebook Page dirancang untuk penggunanya yang mempunyai bisnis untuk mendapatkan manfaat lebih. Inilah beberapa fitur penting dalam Facebook Page yang membuatnya berbeda:

Profil Lengkap Perusahaan

Saat Anda membuat Facebook Page, Facebook mengharuskan Anda untuk mengisi deskripsi dan profil tentang perusahaan Anda. Mungkin Anda berfikir ini sepele dan bisa dilakukan di Facebook personal Anda, namun tidak.

Di fitur profil ini, Anda bukan saja dapat membuat audience bisa menghubungi Anda, tapi mengetahui lokasi bisnis Anda. Di Facebook, audience apat mengklik lokasi yang dibagikan. Dimana lokasi tersebut dapat langsung mengarahkan mereka pada peta, telefon yang bisa dihubungi, jam pelayanan bisnis Anda serta website.

Selain itu, fitur lain seperti events dan reviews akan membuat audience Anda memahami bisnis Anda.

Profesional

Bisnis yang dianggap profesional dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan Facebook Page, Anda dapat meraih kepercayaan dari audience Anda tentang kebonafidan perusahaan Anda.

Apalagi, jika Anda dapat membuat konten-konten yang menarik seperti foto dan video. Foto dan video memang selalu disarankan untuk menjadi konten di Facebook. Jenis konten foto dan video yang disarankan untuk diposting di Facebook biasanya adalah konten education dan entertaiment.

Baca Juga: 5 Jenis Konten Media Sosial Untuk Menunjang Pemasaran Bisnismu

Fungsi Call-To-Action dan Potensi dari Facebook Ads

Di Facebook Page, Facebook telah menyediakan fitur yang meningkatkan tingkat call-to-action, yang tidak bisa Anda dapat di akun Facebook biasa. Fitur-fitur ini diantaranya adalah Shop Now, Click for More Information, Sign Up dan Learn More.

Selain itu, fitur lainnya adalah Facebook Ads. Facebook telah menyediakan jasa iklan berbayar yang sesuai budget untuk pengguna Facebook page.

Baca juga: Facebook Ads: Manfaat dan Triknya

Kelola Engangement dengan Instagram Business

Instagram kini dikenal karena kekuatannya untuk mengumpulkan banyak audience dengan mengedepankan konten visual. Ya, konten visual merupakan garda terdepan dari instagram, yang membuatnya menjadi ciri khas bagi Instagram.

Konten visual sebagai konten utama Instagram ini memiliki kelebihan sendiri untuk bisnis, yaitu menghasilkan engangement yang tinggi. Data dari Socialbakers di tahun 2018 menyebutkan Instagram dapat menghasilkan 4x interaksi lebih besar dibanding Facebook.

Lewat potensi ini, Instagram pun telah membangun Instagram Ads yang dapat membuat interaksi yang Anda lakukan di Instagram akan terus bertambah. Yang artinya, potensi bisnis Anda untuk menghasilkan profit akan meningkat lebih besar.

Promote Post di Instagram

Terintegrasi dengan Facebook Ads, penggunaan Instagram Business dapat membuat Anda dengan mudah menerbitkan iklan di Instagram. Instagram juga akan mengarahkan Anda untuk pilihan iklan terbaik, dari post hingga story.

Hal ini dapat mempermudah pemasaran digital Anda, karena kecerdasan Instagram memanfaatkan potensi audiencenya yang besar untuk semakin tertarget bagi para pembisnis. Anda dapat mempersingkat waktu pemasaran Anda dengan fitur Ads ini.

Monitor Analisis Harian dengan Cara Simpel

Instagram, yang pada dasarnya berbasis mobile, dikembangkan potensinya secara efektif oleh Facebook dengan fitur Instagram Analytics. Dengan Instagram Analytics, dengan mudah dan dari mana saja Anda bisa melihat perkembangan profil bisnis Anda di Instagram.

Tampilan yang mudah dimengerti dan simpel ini dapat membuat Anda dengan santai memonitor proses Anda. Dari mulai impression, reach, hingga engangement, atau hal sesederhana hari yang mempunyai peak time tertinggi; dapat Anda ketahui juga Anda dapatkan dengan mudah.

Mengoptimisasi Lebih Fitur Instagram

Dengan Instagram Business, Anda dapat mengoptimisasi fitur-fitur Instagram dengan CTA didalamnya. Berikut adalah fitur yang bisa Anda optimasi lebih:

  • Bio: Instagram Business mempersilahkan Anda untuk mengkategorikan jenis bisnis Anda
  • Contact on Bio: Membuat Anda dapat mengintegrasikan Instagram ke kontak Anda seperti whatsapp atau website
  • Link on Stories
  • Swipe up on Stories
  • Catalog on Post: Membuat audience dapat mengetahui harga dari produk Anda hanya dalam sekali klik

Itu dia manfaat-manfaat dari dua fitur dari Facebook dan Instagram. Pahami dan manfaatkan dua hal ini untuk kemajuan pemasaran digital Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading