Business: Rahasia Agency Manfaatkan Media Monitoring Tools

410

Apa itu agency?

Agency adalah perusahaan yang menyediakan jasa atau layanan untuk menyelesaikan suatu project di bidang kreatif dengan memiliki tujuan untuk melakukan branding, advertising, dan marketing. 

Tugas utama agency adalah menjadi perantara antara satu pihak dengan pihak lainnya yang membutuhkan jasa yang ditawarkan agency untuk dapat menyelesaikan project sesuai kebutuhan.

Jenis-jenis agency

Digital Agency

Jenis digital agency menawarkan jasa berupa web design, search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), campaign pada media dan lainnya.

Marketing Agency

Jenis marketing agency berfokus pada strategi marketing dan konsultasi.

Advertising Agency

Pada jenis ini berfokus kepada layanan periklanan dan marketing. Biasanya tugas advertising agency mengerjakan campaign yang dibutuhkan oleh kliennya sesuai dengan target pasar.

Entertainment Agency

Agency ini bergerak di bidang hiburan. Tugas entertainment agency yaitu sebagai jembatan bagi orang-orang yang memiliki bakat untuk dapat dikenalkan ke dunia hiburan dengan cara branding untuk artisnya.

Public Relations Agency

PR agency memiliki tugas untuk membentuk reputasi yang baik bagi sebuah brand serta agar brand dikenal masyarakat.

Branding Agency

Branding agency berfokus untuk membentuk brand itu sendiri. Mulai dari pembuatan logo, pemilihan warna, moto dari sebuah brand dan hal apapun yang dapat dikenali oleh klien terkait brand tersebut.

Creative Agency

Creative agency mengurus semua yang berkaitan dengan kreativitas, mulai dari membuat arahan kreatif, brand image, memproduksi konten, dan lainnya yang berbau kreativitas. 

Cara Agency Optimasi dengan Media Sosial Monitoring Tool

Sebuah agency perlu menggunakan media sosial. Hal ini karena dapat berpengaruh kepada calon klien agency tersebut. Banyak dari klien melihat bagaimana reputasi agency di media sosial. Tidak hanya itu, media sosial merupakan salah satu media komunikasi yang digunakan untuk mempublikasikan konten, membangun hubungan, dan memiliki keterlibatan dengan klien atau calon klien.

Platform media sosial dapat digunakan untuk memamerkan beberapa karya terbaik, menarik audiens baru, dan membedakan agency Anda dari pesaing Anda.

Saat seluruh informasi diunggah di seluruh platform media sosial, sebaiknya perhatikan hasil dari postingan tersebut dengan menggunakan media monitoring.

Keuntungan media monitoring tool bagi agency

  1. Analisis sentiment agency anda
  2. Analisis perbincangan terkait agency anda di media sosial
  3. Analisis kompetitor
  4. Analisis keterlibatan audiens yang membicarakan agency anda. 
  5. Mengikuti perkembangan tren

Dengan menggunakan media monitoring dapat membantu agency untuk memantau media sosial dan mempermudah agency untuk mendapatkan informasi secara cepat dan mudah.

Selain itu, data dari hasil media monitoring dapat digunakan dalam mengambil keputusan. Hal ini agar apa yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Media monitoring juga dapat menambah wawasan dan percakapan yang membantu Anda menyiapkan promosi yang kuat.

Bagi digital agency media monitoring dapat digunakan untuk melakukan monitoring campaign yang sudah dilakukan. Hal ini dapat melihat apakah campaign itu berhasil dilakukan dan menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya.

Selain itu, dengan menggunakan media monitoring bagi sebuah agency dapat membentuk keputusan untuk membuat konten. Hal tersebut karena dengan menggunakan media monitoring dapat melihat konten yang paling banyak disukai, reach tertinggi, dan komentar terbanyak.

Dengan menggunakan media sosial maka sangat penting bagi agency untuk melakukan media monitoring. Hal ini karena dengan menggunakan media monitoring dapat mengetahui seberapa banyak orang yang melihat konten, konten yang paling banyak disukai, dan postingan yang mendorong jumlah klik ke situs web.

NoLimit Dashboard merupakan salah satu tools media monitoring yang dapat membantu agency untuk memantau media sosial sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

media monitoring tools

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading