Penting! Inilah Alasan Wajib Bisnis Anda perlu Menggunakan Media Monitoring

317
0

Manfaat Menggunakan Media Monitoring

Bagi seluruh perusahaan sangat penting untuk melakukan media monitoring. Dengan menggunakan media monitoring Anda dapat mengetahui perbincangan yang dibicarakan oleh netizen terkait perusahaan Anda. Selain itu Anda juga dapat mengetahui isu yang sedang hangat diperbincangkan. Tidak hanya itu, terdapat 5 manfaat menggunakan media monitoring, antara lain;

Merespon Pelanggan atau Follower di Media Sosial Secara Langsung

Setiap orang ingin mendapatkan respons yang cepat dan aktif terhadap keluhan, pertanyaan, atau sekadar sapaan dari pihak yang dituju.

Apalagi media sosial merupakan wilayah dengan pertukaran informasi yang sangat cepat.

Jika dulu orang menyampaikan respons lewat surat pembaca yang membutuhkan waktu berhari-hari, saat ini orang ingin direspons di waktu yang sama.

Dan itu hanya dapat dilakukan dengan Anda melakukan monitoring sosial media secara rutin dan sistematis.

Mengetahui Opini Pelanggan 

Dengan menggunakan media monitoring dan listening, Anda dapat mengetahui pandangan netizen terhadap perusahaan atau brand Anda. Jika tidak, Anda dapat memahami alasan mereka dan memperbaiki produk atau layanan Anda. Hal ini dapat Anda lakukan dengan aplikasi monitoring media sosial.

Menggunakan Feedback Positif untuk Marketing Campaign Anda

Seberapa pentingnya respon Anda bagi pelanggan atau followers Anda di media sosial?

Bayangkan seorang pelanggan sebuah makanan cepat saji membuat tweet tentang betapa inginnya dia menikmati menu kesayangannya. Tiga puluh menit kemudian, betapa terkejutnya ketika ia mendapati petugas antar mengetuk pintu rumahnya dan mengirimkannya menu kesukaannya.

Pelanggan tersebut lalu membagi ceritanya di media sosial dan dengan cepat kisah tersebut menjadi viral. Berapa biaya campaign tersebut? Cukup 1 porsi makanan plus biaya antar. Murah sekali, bukan?

Meningkatkan Kepercayaan Publik dan Kredibilitas Anda

Dalam dunia bisnis, persepsi memegang peranan yang sangat penting. Hal tersebut Anda perlu memastikan bahwa yang disampaikan netizen tentang produk atau layanan Anda bersifat positif. 

Tentunya hal ini memerlukan 5 tahapan:

  1. merespon dengan cepat feedback dari pengguna
  2. meminta maaf atas ketidaknyamanan yang pengguna rasakan
  3. memperbaiki error pada produk atau layanan Anda
  4. memberikan kompensasi bagi pengguna.
  5. meminta kesediaan pengguna memberikan klarifikasi dan testimoni

Dengan cara ini, Anda dapat mengubah feedback negatif tersebut menjadi sebuah kampanye pemasaran yang sangat efektif. Tentu dengan catatan bahwa tahap pertama memerlukan aplikasi analisis media sosial agar bisa dilakukan.

Menghemat Biaya Marketing

Pemasaran sering memerlukan biaya tinggi. Bahkan, anggaran untuk pemasaran dapat mencapai 30-40 % dari keuntungan Anda.

Dengan menggunakan strategi social media monitoring, Anda akan dapat menentukan mana campaign yang efektif, mana yang tidak. Kemudian Anda dapat mengalihkan resources pada campaign yang menghasilkan nilai pengembalian investasi yang lebih besar.

Aplikasi Social Media Monitoring Indonesia Terbaik

Salah satu aplikasi analisis media sosial Indonesia yang terbaik adalah NoLimit.id

Layanan NoLimit media monitoring memberikan Anda semua amunisi yang dibutuhkan untuk menjadi pemenang melalui penguasaan media.

Dengan Nolimit.Dashboard, Anda dapat memantau pembicaraan di media online news maupun media sosial tentang merek Anda, seberapa viral dan kuat engagement-nya, siapa yang membicarakan, lengkap dengan analisis sentimennya. Anda bahkan dapat memonitor kompetitor Anda dan membandingkannya dengan posisi Anda di dunia maya saat ini.

Coba keunggulan media monitoring NoLimit Dashboard di nolimit.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading