Sering Tertukar! ini pengertian Elektabilitas dan Popularitas

1551
0

Siapa yang masih tertukar antara elektabilitas dan popularitas? mungkin hal ini santer terdengar beberapa hari ini, perbincangan publik terhadap isu-isu ini semakin meningkat. 

Namun apa pengertian dari elektabilitas dan popularitas? simak arti dari kedua kata tersebut:

Apa itu Elektabilitas?

e.lek.ta.bi.li.tas

⇢ Tesaurus

n keterpilihan

n Pol kemampuan atau kecakapan untuk dipilih menduduki suatu jabatan dalam pemerintahan

Elektabilitas adalah ukuran kemenangan dalam pemilihan menduduki suatu jabatan. Ini mencerminkan tingkat dukungan publik terhadap calon atau organisasi. Biasanya semakin tinggi elektabilitas, semakin besar peluang memenangkan pemilihan. Faktor yang mempengaruhi elektabilitas termasuk popularitas, kebijakan, kepemimpinan, persepsi publik, dan lingkungan politik.

Contoh Elektabilitas Tokoh Masyarakat: Misalkan ada seorang tokoh masyarakat yang berencana untuk mencalonkan diri dalam pemilihan lokal.

Tokoh ini dikenal luas karena kiprahnya dalam memajukan masyarakat, pekerjaan sosial yang dilakukan, dan kepemimpinannya yang dihormati.

Dalam hal ini, elektabilitas tokoh tersebut akan tinggi karena popularitasnya di kalangan masyarakat dan kredibilitasnya dalam menjalankan tanggung jawab sosial.

Apa itu Popularitas?

po.pu.la.ri.tas

⇢ Tesaurus

n perihal populer; kepopuleran: tingkat — penyanyi itu makin menanjak setelah pindah ke Jakarta

Popularitas adalah tingkat kepopuleran atau keterkenalan seseorang, sesuatu, atau entitas di kalangan banyak orang. Ini mencerminkan sejauh mana sesuatu diakui, didiskusikan, diikuti, atau digemari oleh masyarakat secara luas.

Contohnya seperti : 

Seorang atlet yang memenangkan medali emas dalam kompetisi olahraga bergengsi dan memiliki penggemar yang fanatik.

Jadi itulah pengertian dari elektabilitas dan popularitas, semoga tidak tertukar lagi ya. 

Selain itu perbedaan elektabilitas dengan elektoral walaupun keduanya saling berkaitan dan juga bisa saling mempengaruhi tetapi memiliki pengertian yang berbeda.

Untuk mengukur seberapa popularitas anda, anda bisa menggunakan tools social media listening yang dapat memantau topik seputar anda secara realtime di berbegai platform media sosial.

NoLimit merupakan tools social media listening dan monitoring, fitur yang sangat cocok untuk digunakan profesional dan pemula dalam memantau topik dan mengeevaluasi keberhasilan kampannye anda di media sosial.

Gunakan Demo Gratis NoLimit Dashboard untuk melihat fitur lengkap untuk anda.

potongan harga nolimit
Koswara Adiharja
WRITTEN BY

Koswara Adiharja

Halo! Saya Koswara Adiharja, seorang penulis dengan latar belakang pendidikan di bidang manajemen bisnis. Tulisan-tulisan saya difokuskan pada Digital Marketing, Bisnis, Pengembangan Diri, dan Karir. Sebagai seseorang yang memiliki kecintaan pada dunia bisnis, saya berbagi pandangan dan pengetahuan melalui blog pribadi ini. Mari bersama-sama mengeksplorasi ide, strategi, dan inspirasi yang dapat membantu kita tumbuh bersama. Teruslah membaca tulisan saya untuk mendapatkan wawasan dan motivasi yang baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading