Pemantauan SaveTiangListrik di Twitter Setelah Kecelakaan Setya Novanto

225

Drama penangkapan Setya Novanto masih belum juga berakhir. Setelah ramainya berita penjemputan yang dilakukan oleh pihak KPK ke rumahnya dan hasilnya nihil, kali ini isu dari Bapak Setya Novanto adalah kecelakaan tabrakan mobil yang digunakannya dengan tiang listrik ketika dalam perjalanan.

Kabarnya, kecelakaan ini mengakibatkan SetNov harus dibawa ke rumah sakit dan kabar terakhir SetNov masih belum sadarkan diri. Pengacara dari Ketua DPR RI, Fredrich Yunadi, mengabarkan bahwa adanya pendarahan di kepala SetNov. Beliau mengungkapkan bahwa Bapak SetNov sedang dalam perjalanan menuju KPK untuk memenuhi panggilan yang ditujukan kepada dirinya.

Kabar ini memancing Netizen Indonesia untuk turut merespon kejadian kecelakaan tersebut. Di media sosial sendiri, sebenarnya isu penyeledikian SetNov ini sudah ramai dari beberapa bulan yang lalu. Hashtag #PowerofSetnov yang sempat beberapa kali menjadi trending topic adalah penanda bahwa obrolan perihal beliau sering menjadi topik utama di media sosial. Hingga saat ini, kabar kecelakaan mobil SetNov yang menabrak tiang listrik pun kembali menjadi trending topic di media sosial, khususnya Twitter. Hashtag yang menjadi trending topic tadi malam adalah #SaveTiangListrik.

Dengan menggunakan NoLimit Dashboard, kami memantau ada 3,717 Talk yang menggunakan hashtag #SaveTiangListrik. Kami melakukan pemantauan pada tanggal 16 November 2017, dengan Object #SaveTiangListrik di media sosial Twitter. Kami pun menemukan beberapa fakta dan respon netizen terhadap kejadian kecelakaan ini.

The First Talk

Kecelakaan tadi malam tersebut langsung memancing netizen untuk beropini di media sosial. Kami menemukan bahwa Hashtag #SaveTiangListrik pertama kali muncul di Twitter yaitu pada pukul 08:29 PM, oleh akun @RickyHafshan. Berikut postingannya:

Top Talker

Top Talker sendiri adalah metrik yang kami gunakan untuk mencari tahu siapa yang paling banyak berbicara dengan menggunakan Object tertentu, di mana dalam kasus ini Object yang digunakan adalah #SaveTiangListrik.

Akun @Sazidin_sh menjadi akun yang paling banyak menggunakan hashtag tersebut, yaitu sebanyak 34 kali. Selain itu adapula 2 akun lainnya, yaitu @WaddodoZunardi yang menyumbangkan 20 Talk dan @leonardoseptp dengan 15 Talk.

Top Verified Influencer

Selain beberapa akun di atas, nyatanya isu ini pun memancing beberapa influencer di media sosial untuk turut beropini. Uni Lubis (@unilubis), seorang jurnalis senior, dengan 111,925 Followers, ikut menggunakan hashtag tersebut. Uni Lubis menyindir DPR RI secara langsung yang seharusnya turut malu atas terlalu lamanya proses hukum kepada Setya Novanto.

Selain Uni Lubis, influencer yang sudah terverifikasi lainnya adalah Dede Budhyarto. Dengan akunnya @kangdede 78, Dede sendiri cukup populer di media sosial Twitter. Isu pencemaran nama baik yang dilakukan dirinya kepada Hary Tanoe lah yang menjadi alasan mengapa dirinya malah memiliki jumlah followers yang cukup banyak, yaitu 47,142 Followers.

Top Verified Media

Munculnya Hashtag #SaveTiangListrik ini pun memancing beberapa media besar untuk membahas kecelakaan yang terjadi pada SetNov, ketika diperjalanannya menuju kantor KPK. Kami menemukan 3 media terverifikasi yang menggunakan Hashtag tersebut, diantaranya adalah @KontanNews (281,802 Followers), @jawapos (32,453 Followers) dan @kumparan (31,316 Followers). Berikut hasil postingan mereka:

The Most Favorited and Retweeted

Lalu, bagian terakhir tentu saja adalah Postingan yang mendapatkan Favorite dan Retweet paling banyak di Twitter. Hasil pemantauan ini menunjukan talk dan post made yang memiliki nilai Applause dan Virality tertinggi, di mana tentu saja postingan ini menandakan bagus dan menariknya sebuah postingan di mata netizen Indonesia.

Kami memaparkan 5 postingan yang memiliki nilai Applause dan Virality tertinggi

@LusiHQ (346 Favorites dan 587 Retweets)

@ardeks (293 Favorites dan 520 Retweets)

@BoWozZ (182 Favorites dan 335 Retweets)

@ZoelWanF (137 Favorites dan 318 Retweets)

Beberapa hasil analisis di atas adalah bukti bahwa media sosial, khususnya di Indonesia, bukan lagi menjadi sekedar media diskusi dan berkomunikasi satu sama lain. Di Indonesia sendiri, media sosial bisa mempengaruhi sebuah isu, baik itu menjadi semakin viral, atau malah tiba-tiba tenggelam, tertimpa oleh isu-isu lainnya. Hanya berkisarkan 4 jam saja dari kejadian kecelakaan tersebut, #SaveTiangListrik secara sekejap menjadi Trending Topic di Twitter, dengan 3,717 Talk.

Lagi dan lagi, seperti yang selalu kami tulis dalam pembahasan isu populer di media sosial, hal seperti ini akan terus merambah dan bukan tidak mungkin, #SaveTiangListrik ini akan kembali muncul sebagai Trending Topic, hingga pada akhirnya ada penyelesaian pada kasus pemeriksaan Setya Novanto oleh pihak KPK.

COBA NOLIMIT DASHBOARD

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading