Cara Mengunci Akun Twitter dengan Mudah

288

Jika Anda suka membuat tweet di Twitter, tapi mungkin sebagian orang tidak ingin akun profile dan tweet dilihat oleh orang lain. Kabar baiknya, Twitter menyediakan solusi berupa fitur privacy bagi Anda yang ingin mengunci akun twitter dengan mudah. 

Misalkan Anda sudah mempunyai akun Twitter pribadi, hanya pengguna yang mengikuti Anda bisa melihat aktifitas Anda di Twitter seperti like, tweet, maupun follow seseorang. 

Tetapi mengapa Anda ingin mengalihkan menjadi akun private? Sebetulnya proses pengalihan akun menjadi private ini sangat mirip dengan sosial media lainnya. Anda bisa menemukan langkah-langkah yang diperlukan pada artikel kali ini. 

Bagaimana cara membuat private akun Twitter Anda di PC

Ketika Anda ingin masuk Twitter, Anda bisa memilih apakah tweet Anda bersifat publik atau private. Pengaturan untuk menjadikan profile Anda bersifat pribadi akan disebut “Protect Your Tweets”. 

Disaat pengguna baru ingin mengikuti Anda, di akun twitter Anda akan menerima undangan dan jika menerima pengikut baru tersebut mereka bisa melihat tweets Anda. 

Anda dapat beralih di antara tweet yang di protect ke tidak yang di protect kapan saja, ini dapat dilakukan melalui aplikasi maupun situs web Twitter. Untuk mengunci akun twitter pribadi Anda berikut langkah-langkahnya adalah:

Silahkan untuk masuk akun Twitter Anda melalui web browser

Jika Anda sudah masuk, klik tab Notifikasi dan kemudian pilih icom pengaturan sebelah kanannya, ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan Anda.

Di sebelah kanan nama pengguna, pilih tab Privacy dan Safety, ini akan memberikan daftar pengaturan yang tersedia. 

Klik protect your tweets dan setelah itu jendela pop up akan muncul meminta konfirmasi bahwa Anda ingin menjadikan akun Twitter pribadi Anda. 

Pada bagian bawah layar, klik Protect dan Anda akan diminta untuk konfirmasi menggunakan kata sandi akun. 

Cara mengunci akun Twitter Anda melalui Android

Sebetulnya cara yang dilakukan sangat mirip seperti melalui browser di desktop, yang membedakannya kita hanya perlu download aplikasi Twitter terlebih dahulu.

1. Buka aplikasi Twitter yang Anda telah download

2. Jika menemukan icon sebelah kiri atas, seperti akun profil setelah tu akan muncul Settings & Support > Settings and privacy

3. Pilih Privacy > Safety 

4. Setelah itu akan masuk kedalam menu Your Twitter activity, disana terdapat beberapa menu diantaranya Audiens and tagging.

5. Sekarang Anda bisa mengatur protect your Tweets dengan tap indikator hingga aktif.  

Kesimpulan

Nah bagaimana sangat mudah bukan? Sekarang Anda telah mengetahui cara beralih ke akun pribadi, tweet Anda tidak akan lagi tersedia secara publik oleh pengguna lain seperti sebelumnya. Tweet tersebut hanya dapat dilihat oleh orang yang sudah mengikuti Anda. Selain itu, siapapun yang ingin mengikuti Anda harus mengirim undangan terlebih dahulu, Anda bisa menolak atau menyetujui dari undangan tersebut dan ini tergantung preferensi Anda. 

Namun, Anda harus ingat bisa saja orang lain sudah mengikuti Anda sebelumnya screenshot dan diposting secara publik oleh orang lain, seperti yang ditunjukan Twitter merupakan kelemahan yang tidak bisa dihindari. Meskipun begitu, fitur ini seharusnya cukup jika Anda memilih untuk tidak memiliki akun random di internet yang melihat dan mengomentari tweet Anda. 

Apakah akun Twitter Anda bersifat pribadi atau publik? Menurut Anda apakah memiliki akun pribadi lebih baik dari pada akun publik? Yuk, beritahu kami preferensi Anda mengenai privacy akun di Twitter. 

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading