Apa itu Data Enrichment?
Data Enrichment merupakan proses untuk meningkatkan atau memperkaya data dengan memberikan informasi tambahan atau memperbaiki data yang sudah ada. Data enrichment memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan kualitas data. Sehingga, data dapat digunakan dengan lebih efektif untuk membat strategi dan mengambil keputusan.
Manfaat Data Enrichment
Terdapat beberapa menfaat data enrichment bagi perusahaan atau organisasi, antara lain:
- Kualitas Data: Dengan memberikan informasi tambahan dan memperbaiki data yang sudah ada, data enrichment dapat meningkatkan akurasi data.
- Pengambilan Keputusan yang Lebih Sesuai: Dengan data yang lengkap, perusahaan atau organisasi dapat mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang ada.
- Memahami Lebih Mendalam: Data yang lengkap akan memberikan gambaran yang mendalam terkait perusahaan atau organisasi. Hal ini dapat membantu untuk memahami lebih dalam terkait preferensi, pelanggan, dan kebutuhannya.
- Efektivitas Pemasaran: Data yang lengkap memungkinkan bagi sebuah brand atau organisasi untuk mengarahkan ke strategi pemasaran yang lebih baik dengan segmentasi audiens yang lebih baik dan target iklan yang lebih efektif.
Jenis-jenis Data Enrichment
Terdapat jenis-jenis data Enrichment, yaitu;
- Behavioral: Menggabungkan dan mengumpulkan data dari berbagai sumber yang berhubungan dengan perilaku pelanggan. Tujuannya untuk mempermudah memahami kebutuhan pelanggan.
- Geografic: Data yang berhubungan dengan lokasi atau posisi pelanggan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam memetakan bisnis sesuai dengan lokasi pelanggan.
- Demografic: Data ini mengelompokan data pelanggan berdasarkan demografic.
Mengetahui Perilaku Konsumen dengan NoLimit Dashboard
NoLimit Dashboard merupakan tools media monitoring yang dapat membantu kamu melihat data di media sosial. Kamu dapat melihat secara real time data social media juga dapat membantu kamu mendapatkan informasi tambahan terkait pelanggan, seperti locations, interest dan gender.


