Penerapan Big Data di Indonesia terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Terdapat beberapa aspek yang melibatkan big data:
– Penggunaan Sektor Big Data:
Big Data telah digunakan di berbagai sektor, termasuk perbankan, keuangan, e-commerce, kesehatan, pendidikan, dan pemerintahan.
– Perusahaan Teknologi:
Banyak perusahaan teknologi di Indonesia juga terlibat dalam pengembangan solusi Big Data. Banyak dari mereka fokus pada analisis data untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis dan strategi komunikasi berbasis data. Salah satunya adalah NoLimit Indonesia, NoLimit Indonesia merupakan perusahaan teknologi berbasis big data yang berfokus pada media monitoring.
Karakteristik Big Data
Big Data memiliki lima karakteristik utama yaitu 5V (Velocity, Volume, Value, Variety, dan Veracity).
- Volume: Ukuran data yang dikumpulkan atau dapat dikatakan besarnya volume data yang dihasilakan.
- Velocity: Seberapas cepat data yang dihasilkan. Kecepatan menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi perusahaan yang membutuhkan data. Big Data dihasilkan dengan cepat dari berbagai sumber.
- Variety: Data yang terstruktur atau dapat dikatakan data yang mencakup berbagai jenis data. Big Data mencakup berbagai format data, seperti teks, gambar, video, dan lainnya termasuk data di sosial media.
- Veracity: Data yang merujuk pada tingkat tingkat kepercayaan pada data. Big Data dapat mencakup data yang inkonsisten, tidak lengkap, atau tidak akurat, sehingga mengelola kualitas data menjadi tantangan yang signifikan.
- Value: Hal yang terpenting adalah nilai. Pada bagian ini, fokus untuk mendapatkan wawasan yang dapat dijalankan, membuat keputusan yang terinformasi, dan menciptakan nilai bisnis.