Mengenal Apa itu Sosial Media dan Jenisnya Yang Paling Populer

500
0

Apa itu sosial media dan apa saja jenisnya? Sosial media adalah satu media berbasis online, dimana para penggunanya bisa saling berinteraksi di dunia maya. Pesatnya perkembangan medsos saat ini tentu tidak terlepas dari peran perusahaan IT, seperti NoLimit, sebagai online media technology partner.

Jenis-Jenis Sosial Media

Kini, telah berkembang berbagai jenis media yang bisa dipergunakan untuk saling berbagi dan berpartisipasi satu sama lain secara online. Apa saja jenis medsos yang banyak digunakan di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.  

Blog

Blog, sebuah jurnal pribadi yang bisa diakses secara online, umumnya berisi catatan atau pandangan pemilik blog (blogger) tentang berbagai hal. Blog juga banyak dimanfaatkan untuk kegiatan content marketing, dimana fokusnya tentang topik tertentu, misalnya keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sebagai marketing blog tentunya harus mengikuti setiap perkembangan media online termasuk pertumbuhan pemasaran digitalnya. NoLimit hadir sebagai solusi agar blog Anda efektif menarik konsumen serta memberikan layanan terbaik khususnya di bidang media sosial.

Jejaring Sosial

Jenis sosial media ini lebih fokus pada terbentuknya jejaring sosial (social network) diantara para pengguna. Mereka bisa saling berbagi pesan, informasi, foto, hingga video. Untuk tujuan marketing, jejaring sosial bisa berfungsi sebagai content channel.

Content channel berisi tentang beragam informasi mengenai brand, misalnya konten edukasi, promosi produk, informasi event, dan lainnya. Di Online Loyalty dari NoLimit, misalnya, Anda bisa membuka diskusi dengan pengguna lain.

Anda bisa menawarkan sesuatu yang berbeda dan menguntungkan, bukan hanya untuk produk Anda namun juga bermanfaat bagi para pengguna media sosial yang lain.

Blog Mikro

Sesuai namanya, konten blog micro (microblogging) dibuat lebih ringkas sehingga alur interaksinya bisa lebih cepat. Untuk tujuan pemasaran, channel media sosial ini lebih efektif berinteraksi dengan target audience. Layanan blog mikro juga dimanfaatkan untuk berbagi informasi penting yang perlu diketahui konsumen.

Anda bisa mendapatkan informasi seperti respons dari pengguna medsos, baik perusahaan maupun pesaing Anda. NoLimit Dashboard bisa membantu Anda mengamati media online yang dikemas dalam laporan analisa yang lengkap dan akurat. Termasuk menangani keluhan atau pertanyaan dari konsumen.

Berbagi Media

Berbagi media (media sharing) lebih fokus pada konten media yang berisi foto, audio, dan video. Sebagai pengguna sosmed untuk kepentingan marketing, Anda bisa memanfaatkan jenis media sosial konten ini untuk memuat foto produk, promosi merek, hingga video produk.

Selain berbagi konten media, Anda juga bisa mengatur Customer Service dari berbagai platform media sosial, misalnya Facebook, Twitter, Instagram. Anda juga bisa mengatur chat dari sosial media yang lain dalam satu layar di NoLimit Care.  

Forum

Forum termasuk jenis sosial media klasik yang cukup populer di kalangan pengguna. Melalui layanan ini, Anda bisa berdiskusi membahas berbagai hal, mulai dari masalah umum hingga yang paling spesifik dalam ruang diskusi khusus.

Layanan ini juga bisa digunakan untuk kegiatan pemasaran, yang bertujuan membangun kredibilitas merek suatu produk. Anda bisa membangun hubungan dengan konsumen yang lebih baik.

Anda juga bisa mengontrol reputasi dengan NoLimit Dashboard. Melalui layanan ini, Anda bisa mengamati tanggapan dan percakapan dari netizen terhadap produk Anda – baik tanggapan positif, netral, atau bahkan respon negatif.

Kolaborasi

Layanan kolaborasi memungkinkan para pengguna untuk terlibat secara aktif membuat dan menyunting konten. Layanan ini juga bisa digunakan untuk membangun merek produk Anda. Sebagai pengguna platform sosial media ini, Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan kontributor.

Kontributor memiliki peran yang penting dalam menyajikan data dan informasi yang akurat khususnya terkait merek produk. Apalagi, jika konten yang tersaji lebih spesifik memuat brand, hal itu diperlukan social media analytics tools dari NoLimit untuk membantu menganalisa data di medsos lebih efektif.

Kuncinya adalah never ending learning and improvement. Setelah mengerti apa itu sosial media dan sebagai penggunanya, pada akhirnya semua akan tumbuh dan kembang sebagai mitra dalam media sosial. NoLimit akan terus melakukan pengembangan medsos sesuai kebutuhan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading