Social media listening tools bisa menjadi solusi untuk memahami lebih jauh tentang kebutuhan pelanggan Anda. Dalam berbisnis, tentunya Anda harus customer oriented. Artinya, Anda menempatkan pelanggan sebagai prioritas tertinggi atau menjadikan sebagai fokus utama.
Namun, menganalisis segala kebutuhan pelanggan tidak cepat dan mudah. Banyak aspek-aspek yang harus diriset dan dipahami. Oleh sebab itu, inilah alasan mengapa Anda membutuhkan social media listening tools. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini.
Mengapa Social Media Listening Tools?
Social media listening tools adalah alat untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber di media sosial. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui apa yang dikatakan audiens tentang isu atau brand tertentu.
Dari sini, dapat diketahui alasan mengapa social media listening tools bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Di antaranya sebagai berikut.
- Mengetahui Lebih Detail tentang Kebutuhan Pelanggan
Social media listening tools dapat memberikan Anda informasi detail tentang kebutuhan pelanggan. Contohnya adalah produk seperti apa yang mereka suka dan tidak sukai, pendapat mereka tentang brand Anda atau kompetitor, dan sebagainya.
Melalui data-data tersebut, Anda bisa menjadikannya acuan untuk mengembangkan produk. Selain itu, Anda juga bisa melakukan evaluasi atau belajar dari kesalahan kompetitor melalui pendapat-pendapat audiens di media sosial.
- Mendapatkan Data yang Lengkap dan Real Time
Tidak sekadar menganalisis kebutuhan pelanggan, Anda juga bisa mendapatkan wawasan lainnya yang dibutuhkan bisnis. Contohnya adalah tentang sentimen publik yang dapat memengaruhi reputasi bisnis Anda.
Anda bisa mengetahui lebih cepat sentimen negatif yang ada dan bisa segera mengambil tindakan untuk mengantispasi dan mencegah sentimen negatif semakin meluas. Selain itu, Anda juga bisa memenangkan persaingan dengan kompetitor melalui analisis data dari social media listening tools ini.
- Mengetahui Tren Tekini
Terakhir, social media listening tools juga dapat membantu Anda mengetahui tren terkini. Saat sebuah isu sedang dibicarakan banyak orang, maka target customer Anda juga pasti fokusnya akan tertuju ke sana.
Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan tren yang ada untuk mengenalkan bisnis Anda. Namun, tren itu selalu berkembang dan berubah-ubah dengan cepat. Maka dari itu, dibutuhkan social media listening tools agar Anda bisa tetap up to date.
Jadi, alasan mengapa Anda harus menggunakan social media listening tools agar bisa mendapatkan data yang lengkap, cepat, dan mudah. Dari data-data tersebut, Anda bisa membuat strategi yang lebih efektif ke depannya.
Fungsi Social Media Listening Tools
Fungsi utama social media listening tools adalah memantau aktivitas atau percakapan yang tersebar di media sosial. Setiap postingan yang berhubungan dengan produk atau bisnis Anda akan dikumpulkan dan dianalisis oleh tools ini.
Oleh sebab itu, social media listening tools dapat membantu menganalisis kebutuhan pelanggan. Cara tools ini membantu Anda adalah dengan menampilkan data-data yang relevan dan dibutuhkan.
Anda bisa mengetahui perilaku konsumen secara spesifik, mulai dari minat, lokasi, hingga kecenderungannya dalam berbelanja. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui respons customer terhadap produk atau layanan tertentu.
Dari setiap respons-respons ini, Anda dapat mengetahui berbagai macam sentimen. Contohnya seperti sentimen positif, negatif, dan juga netral. Melalui data ini, Anda pun tahu bisnis seperti apa yang disenangi oleh customer. Tandanya, sentimen positif terhadap bisnis tersebut angkanya akan tinggi. Nah, cara mengetahui data pasti dari setiap sentimen adalah dengan menggunakan social media listening tools.
Tidak sebatas untuk menganalisis kebutuhan pelanggan, social media listening tools bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan segala informasi atau laporan berguna bagi bisnis Anda. Dari laporan-laporan tersebut, Anda bisa menyiapkan strategi bisnis yang lebih baik lagi.