Membaca Facebook Analytics Bagi Pemula

396
0

Facebook masih tetap digunakan sebagai salah satu kanal yang paling banyak digunakan untuk digital marketing. Selain bisa digunakan untuk campaign berbayar, Facebook tetap bisa digunakan untuk campaign organik.

Sama halnya seperti Instagram, Facebook Analytics hanya tersedia pada akun Pages, bukan akun individu atau pribadi. 

Facebook Pages bisa digunakan sebagai salah satu media promosi dan juga branding. Selain itu, lewat Facebook Pages inilah iklan lewat Facebook bisa dijalankan.

Akan tetapi, Anda tetap membutuhkan keduanya, baik akun Facebook personal sebagai owner atau kreator Facebook Page.

Cara membaca Facebook Analytics di Facebook Page tergolong mudah, bahkan bagi para pemula sekalipun. Lewat Facebook Analytics inilah Anda bisa mengukur seberapa efektif konten-konten yang sudah Anda produksi.

Dengan demikian, Facebook Analytics nantinya akan memberikan laporan yang jelas sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Setidaknya ada dua tujuan dalam digital marketing, yaitu meningkatkan impresi atau awareness para pengguna Facebook dan ketertarikan pengguna Facebook terhadap sebuah produk. Harapannya jika sudah tertarik, bisa terjadi purchase atau transaksi. 

Proses tersebut bisa dipahami dari interaksi pengguna Facebook melalui Facebook Analytics. Makin tinggi impresinya, diharapkan semakin banyak pengguna yang aware dengan produk yang memang akan dipasarkan. Nantinya, tujuan akhirnya tetap pada pembelian atau transaksi.

Membaca Facebook Analytics: cara mengaksesnya untuk pemula

Untuk mengakses Facebook Analytics sebenarnya caranya cukup mudah.

Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membuka page Facebook Anda, lalu tekan tombol “insight” untuk mendapatkan laporan statistik. Insight Facebook Pages ini akan lebih mudah dibaca jika Anda membukanya lewat laptop.

Jika Anda ingin mendapatkan insight yang bisa dibuka lewat smartphone, Anda tetap bisa membukanya lewat aplikasi Facebook Pages. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi Facebook personal biasa. 

Beberapa informasi dalam insight Facebook Pages akan sangat berguna dalam memonitor perkembangan serta interaksi yang dilakukan oleh pengguna Facebook lainnya. Lalu apa saja parameter dalam Facebook Insight? Berikut adalah penjelasan ringkasnya.

Page Summary

Halaman “insight” sudah secara otomatis merangkum laporan statistik Facebook Page. Informasi yang ditampilkan di antaranya adalah page views, page likes, page reach, story reach, post engagement, videos, dan lain sebagainya. 

Sebelum membaca insight-nya, Anda perlu menyesuaikan periode waktunya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan insight yang tepat sesuai dengan kurun waktu yang sudah dipilih. Selain itu, Anda bisa membandingkan dengan periode-periode sebelumnya.

Salah satu value yang diberikan oleh Facebook Pages adalah laporan performa bisa diekspor ke dalam format yang bisa dibaca melalui Excel, sehingga analisanya jadi lebih mudah dan mendalam. Expor laporan dibagi dalam tiga bagian yaitu; Page Data, Post Data, dan Video Data. Agar file lebih ringan, Anda pun bisa memilih jenis file csv dibandingkan file xls dalam Excel. 

Yout Most Recent Posts

Dua poin penting yang bisa dipantau di bagian ini adalah reach dan engagement. Makin tinggi skornya makin baik.

Dengan menganalisa reach dan engagement Facebook Pages yang Anda kelola, Anda bisa membuatnya semakin berkembang; semakin banyak pengikut atau likes serta bisa memberikan dampak terhadap bisnis Anda sendiri. 

Lewat halaman ini, Anda bisa langsung memilih postingan yang akan diiklankan. Proses untuk boosting pun menjadi lebih mudah dan sederhana. Nantinya, laporannya pun bisa langsung Anda dapatkan di halaman yang sama.

Pages to Watch

Halaman ini memberikan insight tentang posisi Facebook Pages Anda dengan kompetitor. Sehingga Anda bisa memonitor secara real time, berapa banyak pertumbuhan follower serta engagement page Anda dibandingkan dengan page kompetitor.

Facebook Analytics memudahkan bagi para digital marketer maupun social media specialist dalam mengembangkan bisnisnya. Perusahaan-perusahaan pun masih banyak bergantung pada platform Facebook dan Instagram.

Untuk memadukan laporan keduanya memang dibutuhkan usaha yang lebih besar. Namun, Anda bisa menggabungkan laporan keduanya dalam satu dashboard jika menggunakan NoLimit Dashboard. Apalagi jika Anda banyak pengelola pages atau akun Instagram dari belasan hingga puluhan klien. Akan sangat melelahkan jika harus membuat laporannya satu per satu dalam waktu yang singkat.

Proses pengukuran kesuksesan campaign maupun performa bisa dilakukan melalui NoLimit Dashboard. Lebih sederhananya lagi, Anda tidak perlu login atau melakukan verifikasi.

Anda cukup hanya memasukkan akun-akun yang hendak di pantau. Sisanya, NoLimit yang akan melakukan analisa dan memberikan insight-nya secara real time kapan pun dibutuhkan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading