Manfaat PR Report Bagi Perusahaan

376

PR report merupakan laporan yang dibuat untuk dapat memberikan gambaran kondisi di setiap perusahaan. PR report dapat membantu untuk menentukan keputusan dalam bisnis.

Terdapat jenis-jenis PR Report

  1. Monthly Report

Dengan laporan bulan pada PR Report dapat memberikan gambaran umum terkait persepsi brand anda. PR report juga dapat memberikan informasi terkait efek yang telah dikerjakan. Dari hasil PR report dapat digunakan untuk menentukan dan mengambil keputusan plan yang akan dilakukan di bulan selanjutnya.

  1. Triwulan Report

Selain laporan bulan, pada laporan triwulan dapat memberikan hasil dari pekerjaan yang sebelumnya sudah dilakukan. Seperti membuat campaign PR, di laporan ini akan memberikan informasi terkait apa saja yang sudah dikeluarkan  oleh perusahaan dan dampak yang di dapat setelah melakukan kegiatan tersebut. Laporan triwulan dapat memberikan informasi terkait manfaat dan dampak dari yang sudah dikerjakan.

  1. Annual Report

Laporan tahunan biasanya menginfokan hal-hal penting.  Laporan tahunan merupakan salah satu laporan PR yang paling penting untuk disiapkan. Dari laporan ini dapat dilihat apa saja yang sebelumnya sudah dilakukan dan dapat menentukan anggaran untuk kegiatan yang akan dilakukan di tahun depan. Tidak hanya anggaran, dalam laporan tahunan jika membutuhkan tim baru dan sumber daya lainnya yang menunjang pekerjaan, anda perlu mencantumkan dalam laporan tersebut. Tidak hanya itu, anda juga perlu mencantumkan hasil yang diharapkan dari apa yang anda butuhkan.

  1. Campaign Report 

Sebelum membuat campaign PR tentunya perlu memiliki dan menetapkan tujuan dari campaign yang akan dilakukan. Dari situlah fungsi campaign report dibuat. Campaign report dibuat untuk melihat hasil yang anda lakukan mencapai tujuan dan apa yang perlu ditingkatkan pada campaign selanjutnya.

  1. Crisis Report

Setiap perusahaan rentan terjadinya krisis, dengan membuat laporan ini, seorang PR dapat membantu mengurangi krisis. Salah satunya dengan merubah narasi dan membuat strategi untuk tetap menjaga reputasi perusahaan.

Sebelum membuat PR Campaign sangat diperlukan untuk melakukan monitoring agar target campaign yang anda buat dapat sesuai sasaran. Untuk mengetahui hal tersebut sangat diperlukan data dari media sosial maupun media online. Salah satu tools media monitoring yang dapat memberikan data real time adalah NoLimit Dashboard.

Tools media monitoring tentunya dapat membantu tim marketing dan tim komunikasi pada perusahaan dengan insight yang didapat agar dapat meningkatkan campaign yang dilakukan.

Pilar-pilar PR Report

  1. Cantumkan tujuan

Cantumkan tujuan-tujuan yang ingin anda capai dengan jelas dan bahasa yang mudah dipahami

2. Gunakan media analisis

Analisis sagat penting dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan dan membaningkannya sebelum membuat campaign dan seletelah membuat campaign. Hal ini mencakup beberapa hal, yaitu:

  • Total mention
  • Followers pada media sosial
  • Total impressions dan klik
  • Mentiap di setiap waktu, hal ini guna mengetahui dampak dari kampanye yang dilakukan
  • Memetakan lokasi mention

3. Rangkuman

Memberikan informasi singkat terkait kesuksesan campaign yang dibuat dan informasi-informasi penting terkait campaign

4. Mencantumkan top influencer

Mencantumkan top influencer dapat membantu untuk menentukan target yang sesuai dengan campaign atau acara berikutnya.

5. Cantumkan total perbincangan

Cantumkan total perbincangan terkait campaign yang anda lakukan, termasuk reputasi perusahaan anda di masyarakat. Sebutkan secata rinci jumlah perbincangan positif dan negatif.

6. Cantumkan rekomendasi

Setelah memberikan informasi data-data yang didapatkan, cantumkan rekomendasi terkait campaign selanjutnya.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading