Layangan Putus: Analisis Perbincangan di Media Sosial

Sudah nonton Layangan Putus? Simak analisis perbincangan terkait serial ini melalui NoLimit Dashboard di artikel ini, ya!

455
0

Beberapa waktu belakangan, media sosial diramaikan dengan salah satu adegan dari serial Layangan Putus. Serial yang dibintangi oleh Reza Rahadian, Putri Marino, dan Anya Geraldine ini diangkat dari kisah viral yang ditulis di Facebook dan dilanjutkan penulisannya ke dalam novel berjudul Layangan Putus, yang ditulis oleh Mommy ASF, orang yang sama dengan orang yang menulis kisah tersebut di Facebook.

Serial ini menceritakan kehidupan rumah tangga Aris dan Kinan yang rumah tangganya bak layangan dan mereka berdua adalah tuannya. Ternyata Aris memiliki kekasih lain di belakang Kinan, sehingga rumah tangganya terancam seperti layangan putus tak tentu arah.

Perbincangan di media sosial

Serial yang mulai tayang pada akhir 2021 ini mendadak viral di media sosial. Pemantauan dilakukan di NoLimit Dashboard dengan kata kunci “Layangan Putus” dan “it’s my dream” dari tanggal 25 Desember 2021 sampai tanggal 3 Januari 2021. Pada periode pemantauan tersebut, ditemukan ada 90.937 perbincangan dan 70.749 pembicara.

Grafik perkembangan perbincangan dan pembicara dari tanggal 25 Desember 2021 sampai tanggal 3 Januari 2021 (Sumber: NoLimit Dashboard)

Dari grafik di atas, bisa dilihat bahwa puncak perbincangannya terjadi pada tanggal 29 Desember 2021, dengan jumlah perbincangan sebanyak 28.592 dan 24.699 pembicara.

Karakter Layangan Putus paling populer

Analisis NoLimit Dashboard menunjukkan ada beberapa karakter Layangan Putus yang namanya paling banyak disebut-sebut oleh warganet di media sosial. Dari nama-nama tersebut, ada tiga karakter yang paling populer. Mereka adalah karakter Aris, Kinan, dan Lydia.

Layangan Putus Most Popular Character
Tiga karakter Layangan Putus paling populer di media sosial (sumber: NoLimit Dashboard)

Aris adalah karakter male lead yang diperankan oleh Reza Rahadian. Terdapat 4.062 perbincangan yang menyebutkan namanya selama pemantauan. Di peringkat kedua, ada karakter Kinan yang diperankan oleh Putri Marino dengan jumlah perbincangan sebanyak 2.755. Selanjutnya adalah karakter Lydia Danira yang diperankan oleh Anya Geraldine. Karakter ini disebutkan dalam 1.260 perbincangan.

Cuitan Layangan Putus terviral

Wordcloud Layangan Putus
Wordcloud Layangan Putus (sumber: NoLimit Dashboard)

Sudah tidak aneh lagi bahwa Twitter adalah salah satu media sosial dimana konten jenaka mudah sekali viral. Serial ini adalah salah satunya.

Salah satu adegan di serial ini viral sehingga tak ayal menimbulkan berbagai reaksi di warganet. Ada yang ikut terbakar emosi, ada juga yang membuat parodi dari adegan tersebut.

Salah satunya adalah cuitan dari akun @debrisumule. Kombinasi konten yang tengah viral serta relevansi dengan mayoritas audiens yang berada di usia pekerja membuatnya viral dengan sangat pesat. Terpantau cuitan ini menerima lebih dari 1.000 replies, 2500 retweets, dan 100.000 likes.

Berikut ini beberapa respon lain dari warganet tentang serial ini.

https://twitter.com/zahwaisl/status/1475123911977156610

Top Influencer

Top Influencer adalah kategori untuk cuitan terkait suatu objek yang diunggah oleh akun influencer; atau dengan kata lain, akun non-media dengan follower terbanyak. Terkait perbincangan mengenai serial ini ini, cuitan dari Raden Rauf ini menjadi cuitan top influencer.

https://twitter.com/radenrauf/status/1476116389094060033
https://twitter.com/convomf/status/1475864126807105536

Top Media

Top Media adalah kategori cuitan yang membahas suatu objek oleh akun media dengan follower terbanyak.

Berikut ini adalah tiga cuitan dari akun media dengan follower terbanyak dan mendapatkan engagement tertinggi berdasarkan NoLimit Dashboard.

https://twitter.com/detikcom/status/1475501083434921985
https://twitter.com/kompascom/status/1475266839718469635

Hingga saat artikel ini ditayangkan, perbincangan terkait Layangan Putus masih ramai dan menjadi topik yang menarik. Terlebih serialnya pun masih berjalan. Apakah sobat NoLimit sudah menonton serialnya? Yuk tuliskan pendapatmu tentang serial ini di bawah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading