Kronik* Kripto Lokal di Media Sosial

328
0

Sepertinya tren mata uang kripto di tanah air belum akan menemui surutnya. Beberapa waktu terakhir ini warganet sudah diramaikan oleh bermacam hal yang berkaitan dengan kripto, mulai dari terjualnya salah satu NFT milik Ghozali seharga 11 ETH (setara dengan 47 miliar) hingga diluncurkannya token lokal seperti ASIX milik Anang Hermansyah hingga I-COIN milik Wirda Mansur, putri dari ustadz kondang Yusuf Mansur.

Walau demikian, nampaknya keberuntungan Anang dan Wirda di metaverse tidak sebaik Ghozali. Beberapa waktu terakhir ini warganet mempertanyakan kinerja token lokal ini karena tidak dilandasi infrastruktur yang baik.

* Kronik /kro·nik/ n catatan peristiwa menurut urutan waktu kejadiannya; susunan waktu; yang berhubungan dengan waktu (KBBI)

Ramai perbincangan kripto di media sosial

Berangkat dari pemberitaan terkait kripto lokal ini, NoLimit Indonesia menggunakan NoLimit Dashboard mengamati beberapa kata kunci seperti kripto, crypto, asix, icoin, dan i-coin di media sosial Twitter dengan periode pengamatan dari tanggal 1 sampai tanggal 22 Februari 2022.

Pergerakan perbincangan di media sosial dari tanggal 1 sampai 22 Februari 2022 (sumber: NoLimit Dashboard)

Selama periode pemantauan, ditemukan ada 70.651 perbincangan dengan kata-kata kunci tersebut yang melibatkan 39.059 pembicara. Seperti yang bisa dilihat dari grafik di atas, puncak perbincangannya terjadi pada tanggal 11 Februari 2022 dengan 14.233 perbincangan yang melibatkan 10.473 pembicara.

ASIX yang tidak asyik

Berdasarkan penemuan di NoLimit Dashboard, pada tanggal 11 Februari tersebut isu yang ramai diperbincangkan adalah token ASIX buatan Anang Hermansyah. Warganet memperbincangkan pendapatnya terkait kemungkinan pembeli token ini adalah fans dari keluarga artis tersebut yang sebetulnya tidak terlalu paham dengan mata uang kripto.

Salah satu cuitan dari autobase di atas menunjukkan curhatan salah seorang pembeli (kemungkinan masih awam dengan kripto dan ditanyakan di platform Telegram, red.) yang mengalami kerugian setelah membeli token ASIX.

Salah seorang warganet dengan username @riankrisna pun memberikan pendapatnya tentang token ini.

Cuitan tersebut mendapatkan respon dari warganet lain dengan username @glrhn yang mengamini opini di atas.

Tidak hanya token ASIX, di media sosial pun ramai warganet mempertanyakan kredibilitas Wilda yang pernah mengaku gaptek.

Sebelumnya Wirda sudah mengumumkan turut meluncurkan I-COIN.

Cuitan kripto terviral

Selain cuitan dari @riankrisna di atas, berikut adalah cuitan terkait kata kunci kripto lainnya.

Top influencer

Berikut ini beberapa cuitan top influencer terkait kripto.

Top Media

Berikut ini beberapa cuitan dari top media terkait kripto.

Nah, NoLimit sudah merangkum sekelumit isu terkait token kripto lokal yang terpantau di media sosial. Bagaimana sobat NoLimit sendiri, apakah tertarik untuk berinvestasi di token karya anak negeri ini? Atau mungkin ada yang berniat mengembangkan token kriptonya sendiri? Share opinimu di bawah, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading