Kenaikan Cukai Rokok Dampaknya Terhadap Masyarakat

244

Cukai rokok merupakan jenis cukai yang ditetapkan pemerintah untuk hasil-hasil tembakau seperti rokok, cerutu, dan tembakau iris. Dilansir dari laman Bisnis.Tempo.Co, subjek dan objek cukai rokok diatur dalam Undang-Undang no 11 Tahun 1995 terkait produsen ataupun importir yang diwajibkan melunasi cukai. Selain memiliki dampak terhadap produsen, cukai rokok pun memiliki dampak terhadap masyarakat. Dalam hal ini yang dimaksud adalah harga beli yang harus dikeluarkan oleh masyarakat. Pada dasarnya semakin tinggi nilai cukai rokok yang dibayarkan oleh produsen semakin mahal juga harga rokok yang harus dibayarkan oleh masyarakat. Seiring dengan peningkatan tarif cukai rokok, harga jual rokok di pasar juga mengalami kenaikan yang signifikan.

Pada tanggal 4 November 2022, Kementerian Keuangan mengeluarkan Press Release terkait kenaikan tarif cukai rokok sebesar 10 persen yang berlaku di Tahun 2023 dan 2024. Dilansir dari website Kementerian Keuangan, ada 4 aspek yang menjadi bahan pertimbangan untuk penetapan kebijakan ini. Aspek pertama adalah adanya pengendalian konsumsi rokok di kalangan masyarakat yang nantinya berkaitan dengan aspek Kesehatan. Aspek kedua adalah aspek produksi yang berkaitan dengan tenaga kerja. Aspek ketiga adalah terkait penerimaan negara dan aspek yang terakhir adalah terkait pengawasan barang kena cukai (BKC) Ilegal. Kenaikan tarif cukai rokok diharapkan dapat mengurangi peredaran barang kena cukai (BKC) di kalangan masyarakat.

Lalu bagaimana tanggapan masyarakat terhadap penetapan kebijakan ini di Media Sosial? Saya mencoba melakukan pemantauan terkait cukai rokok melalui NoLimit Dashboard selama kurun waktu 29 Januari 2023 – 29 Maret 2023. Berdasarkan hasil pemantauan, terdapat 5.516 cuitan dari 3.763 netizen di Twitter yang pembicaraan mengenai cukai rokok. Berdasarkan grafik di bawah, pembicaraan terkait Cukai Rokok cenderung naik dari awal Februari 2023 hingga pertengahan Maret 2023 tepatnya di tanggal 12 Maret 2023 dikarenakan adanya pembicaraan netizen mengenai tujuan pemerintah menaikan cukai rokok untuk mengurangi jumlah perokok. Namun kemudian terjadi penurunan ketika akhir maret.

Sumber: NoLimit Dashboard

Selama periode pemantauan, terdapat sejumlah pembicaraan dari netizen terkait kenaikan cukai rokok.

Sumber: NoLimit Dashboard

Dari sekian banyak pembicaraan yang ada, terdapat 5 topik paling tinggi dibicarakan oleh netizen di Twitter. Ketika ada kenaikan cukai rokok, netizen harus berganti merk rokok agar bisa mendapatkan rokok yang murah. Selain itu, ada juga netizen yang menyebutkan bahwa cukai rokok terlalu mahal. Adapun netizen yang merasa bahwa kenaikan rokok ini dapat mempersulit para pengusaha rokok.
Berikut ini beberapa sample cuitan di media sosial terkait respon netizen terhadap kebijakan kenaikan cukai rokok.

Berikut ini beberapa sample berita dari website resmi Kementerian Keuangan maupun portal media dalam meluncurkan kebijakan kenaikan cukai rokok ini.

Pada NoLimit Dashboard, kita pun dapat melihat siapa saja orang-orang yang memviralkan terkait topik tertentu. Pada topik kenaikan cukai rokok ini muncul beberapa akun netizen maupun portal media yang membicarakan ataupun memberitakan topik ini. Salah satunya ada dari akun twitter dengan username @HizbutTembakau membuat cuitan terkait cukai rokok sebanyak 55 cuitan selama 29 Januari – 29 Maret 2023 dengan pembicaraannya mengenai skema perhitungan cukai rokok yang dipungut oleh Bea Cukai. Selain dari akun netizen, terdapat portal media yakni RepublikaOnline dengan followers sebanyak 1 Juta dengan postingan mengenai informasi transmisi kenaikan harga rokok sepanjang 2022.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading