Isu Gagal Ginjal Misterius di Media Sosial

327

Saat ini di Indonesia marak kasus gagal ginjal yang terjadi pada anak secara misterius. Penyakit ini sudah ada sejak awal tahun 2022 dan meningkat di bulan September 2022. Hingga saat ini kasus tersebut terus meningkat.

Berdasarkan laman tempo.co terdapat jumlah kasus gagal ginjal pada anak sebanyak 255 kasus dengan jumlah meninggal sebanyak 145 anak per 25 Oktober 2022. Karena hal tersebut, Kementerian Kesehatan membentuk tim khusus untuk menganalisa gagal ginjal yang terjadi pada anak-anak.

Dari hasil analisa tersebut, terdapat dugaan bahwa anak yang terkena gagal ginjal misterius dikarenakan mengkonsumsi obat yang mengandung etilen glikol. Kasus ini pun membuat  Kemenkes melarang tenaga kesehatan serta apotek untuk menggunakan, memberikan resep, serta menjual obat cair maupun sirup untuk anak.

Keputusan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran (SE) Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada anak.

Kasus gagal ginjal misterius yang terjadi pada anak pun menjadi bahan perbincangan di media sosial. NoLimit merangkum percakapan netizen Indonesia terkait kasus gagal ginjal misterius.

Top Talk

Sumber : NoLimit Dashboard

Berdasarkan hasil pantauan melalui NoLimit Dashboard perbincangan netizen terkait kasus gagal ginjal anak mulai meningkat pada tanggal 19 Oktober 2022.

Top Issue

Sumber : NoLimit Dashboard

Berdasarkan hasil pantauan NoLimit Dashboard terdapat top issue yang dibicarakan netizen di media sosial yaitu larangan Pemerintah dalam menggunakan obat sirup akibat adanya gangguan gagal ginjal akut, pemerintah menemukan zat berbahaya, perbincangan kasus anak-anak meninggal akibat gagal ginjal akut, Pemerintah menghimbau apoteker untuk tidak menjual obat cair, dan kekhawatiran netizen pada vaksinasi yang menyebabkan gagal ginjal.

Perbincangan hari ke hari

Sumber : NoLimit Dashboard

Dari gambar diatas terdapat perbincangan positive dan negative terkait isu gagal ginjal misterius pada anak. Perbincangan positive membicarakan bahwa netizen memberikan apresiasi kepada aksi Kemenkes dalam mengantisipasi masalah gagal ginjal akut dan perbincangan terkait kandungan 30 obat sirup yang sebelumnya dilarang Kemenkes diklaim aman untuk dapat digunakan. Sedangkan perbincangan negative yaitu perbincangan terkait peningkatan kasus gagal ginjal pada anak.

Cuitan di Twitter

Dari kasus tersebut banyak netizen yang membicarakan kasus terkait gagal ginjal misterius salah satunya adalah pemilik akun dengan nama @oxfara yang merupakan dokter anak membicarakan bahwa orang tua harus lebih mawas pada total volume pada urin anak.

Aksi Kemenkes menanggapi kasus gagal ginjal

Sumber : NoLimit Dashboard

Dari kasus gagal ginjal yang misterius yang menimpa kepada anak-anak di Indonesia, Kemenkes menanggapi kasus tersebut dengan berbagai cara. Pertama, melakukan investigasi dan pemeriksaan pada obat sirup yang menyebabkan gagal ginjal.

Kedua, Kemenkes menerbitkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02./2/I/3305/2022 berisi tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) Pada Anak di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Ketiga, Kemenkes dengan IDAI membentuk tim khusus untuk dapat melakukan penyelidikan kasus gagal ginjal akut anak.

Berikut merupakan hasil analisis terkait kasus gagal ginjal misterius pada anak di media sosial yang berhasil tim NoLimit rangkum. Bagaimana tanggapan sobat NoLimit terkait kasus gagal ginjal misteriu pada anak? Berikan tanggapanmu di kolom komentar

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading