Kekuatan sosial media di era digitalisasi ini memang menguntungkan para pembisnis. Selain bisa meraih penjualan dengan cepat, membesarkan brand dengan efektif, poin plus lainnya bisa diraih, seperti peningkatan loyalitas pelanggan.
Jika dahulu Anda meningkatkan loyalitas pelanggan dengan kartu promosi, kartu loyalitas, dan lain-lain, kini pengelolaan media sosial juga diperlukan untuk memastikan loyalitas dari pelanggan Anda bertambah.
Kilas Balik Pentingnya Loyalitas Pelanggan
Jika mungkin Anda lupa, ini fakta yang biasa diketahui pelaku pemasaran: menarik kembali pembelian dari konsumen loyal lebih mudah daripada mencari konsumen baru.
Loyalitas pelanggan sering menjadi tujuan besar dalam pelaku pemasaran, karena efeknya yang begitu kuat. Selain tingkat pembelian tinggi, pelanggan yang loyal akan menyebarkan reputasi positif. Data menyebutkan, 65% pemasukan bisnis perusahaan dapat dijalankan dari pelanggan yang loyal.
“Customers with an emotional relationship with a brand have a 306% higher lifetime value and will recommend the company at a rate of 71%, rather than the average rate of 45%.”
Motista
Loyalitas Pelanggan Saat Ini
Kini, tepatnya tahun 2016, data dari Our Social Times melansir bahwa loyalitas pelanggan semakin memudar. Dari penelitian yang dilakukan ICDP, disebutkan bahwa 97% orang akan beralih dari brand yang paling mereka sukai. Berbeda dengan dahulu disaat 77% konsumen mengatakan mereka akan loyal dengan brand yang mereka suka lebih dari 10 tahun.
Pergeseran perilaku konsumen ini yang membuat banyak pemasar bertanya-tanya dan menemukan bahwa media sosial bisa menjadi solusinya. Media sosial diyakini dapat membantu permasalahan ini karena melihat perilaku konsumen saat ini.
Saat ini, tak bisa dipungkiri media sosial menjadi keseharian setiap orang, tak terkecuali para calon atau konsumen Anda. Tahun 2018 ini, data dari GlobalWebIndex menyebutkan 54% konsumen menggunakan media sosial untuk mencari tahu tentang produk yang ingin mereka beli.
Fungsi Media Sosial Pada Loyalitas
Kini, media sosial bisa menjadi bagian vital dalam bisnis Anda yang berpengaruh besar pada kegiatan pemasaran, salah satunya loyalitas. Berikut adalah beberapa fungsi media sosial yang bisa Anda optimasikan untuk meraih loyalitas konsumen.
Dengarkan dan Hadir Diantara Konsumen Anda
Dengan media sosial, Anda bisa
Membangun “Koneksi Personal” Dengan Konsumen Anda
Bangun komen, balas, buat konten yang menarik, dm,
Ukur dan Analisis Kata Konsumen Anda
CIptakan produk yang Anda suka
Rencakan!
Rencanakan konten Anda
Baca juga: Mau Digital Marketing yang Efektif? Ini Cara Manfaatkan Media Sosial Sesuai Fungsinya!