Social Media Analyst: Kuasai Skill ini sebelum berkarir!

579
0

Media sosial saat ini sudah menjadi salah satu komponen penting dalam kehidupan, sebab semua pasti berhubungan erat dengan media sosial. Ternyata, manfaat media sosial tidak hanya untuk bersenang senang saja. Salah satu manfaatnya adalah terbukanya berbagai macam peluang pekerjaan, salah satu di antaranya adalah social media analyst.

Pengertian Social Media Analyst

Pertama kamu perlu mengetahui apa itu pengertian dari social media analyst. Social media analyst adalah orang yang memiliki tugas untuk Social media analyst adalah seseorang yang menganalisis data dan tren yang terkait dengan media sosial untuk menghasilkan wawasan dan informasi yang berharga bagi bisnis atau organisasi.

Mereka mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dari platform media sosial untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang perilaku pengguna, tren pasar, dan reputasi merek.

“Seorang social media analyst memiliki kemampuan untuk menggali wawasan berharga dari data media sosial yang dapat membantu bisnis membuat keputusan yang lebih cerdas dan strategis.” – Sarah Thompson, Pakar Analitik Media Sosial.

Dengan adanya profesi ini diharapkan akan meningkatkan traffic online serta brand exposure dari platform media sosial. Saat ini orang yang menjalankan profesi ini memiliki latar belakang pendidikan manajemen atau orang yang paham tentang pemasaran melalui media sosial. 

Meskipun demikian, siapa pun dapat mencoba untuk terjun ke dalam profesi ini, asalkan orang tersebut memiliki keahlian khusus dalam bidang sosial media dan menguasai SEO.

Social media analyst merupakan profesi baru yang masih belum banyak peminatnya, hal ini membuat kamu memiliki peluang lebih besar disini. Jangan pernah ragu untuk memulai langkah baru.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Social Media Analyst

Bagian ini biasanya berkaitan erat dengan divisi humas, public relation ataupun divisi marketing. Hal ini disebabkan oleh seorang media analyst bertanggung jawab dalam proses perencanaan publikasi pada suatu perusahaan. 

Tidak hanya mengurusi iklan, namun juga bertanggung jawab dengan press release juga interaksi yang timbul di lingkungan masyarakat.

1. Melacak performa perusahaan di berbagai media

Hal ini berarti, ketika sebuah perusahaan mengeluarkan konten atau berita ke publik, seorang social media analyst harus sudah mengetahui apa dampak dari langkah tersebut. apakah kegiatan tersebut mempengaruhi pasar atau tidak. Apakah memiliki dampak yang positif atau bahkan negatif. Ini semua adalah tanggung jawab seorang media analyst.

2. Riset pasar

Kegiatan ini tentu saja berbeda dengan sales sebuah perusahaan, ini lebih mengacu pada pengamatan untuk mengetahui perilaku masyarakat. Sehingga, seorang social media analyst dapat memberikan saran untuk jenis publikasi yang diminati.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang media social analyst, beberapa diantaranya adalah: membuat laporan traffic website, menganalisis user engagement, membangun strategi SEO, mengidentifikasi kebiasaan customer, dan masih banyak yang lainnya.

Skill yang Harus Dimiliki seorang Social Media Analyst

Untuk dapat bergabung dengan dunia social media analyst, kamu perlu menguasai beberapa skill di bawah ini:

Kreativitas

Seorang social media analyst dituntut untuk dapat menyajikan sebuah data yang rapi dah bagus, hal ini akan mempermudah proses laporan engagement media sosial dan traffic website kepada atasannya.

Analisis

Kehidupan seorang social media analyst tak lepas dari kegiatan menganalisis. Tentu saja hal ini memaksa kamu untuk memiliki tingkat analisis yang baik. Untuk meningkatkan kemampuan analisis kamu dapat mempelajarinya dengan selalu penasaran dengan hal hal baru.

Storytelling

Kamu perlu memiliki kemampuan storytelling yang bagus, hal ini akan berguna saat kamu menjelaskan kejadian kepada atasan atau rekan kerja kamu. Jika kamu tidak biasa berbicara, tentu saja akan menyulitkan kamu dalam proses komunikasi.

Adaptasi

Perkembangan media sosial sangatlah pesat, hal ini yang mendorongmu untuk dapat beradaptasi dengan cepat.

SEO

Analisis dilakukan dengan metode SEO. Untuk itu, kamu harus menguasai teknik ini lebih dalam agar memudahkanmu dalam melakukan pekerjaan.

Jika kamu tertarik dengan social media analyst, kamu sangat menyarankan kamu untuk lebih banyak melakukan riset dan selalu belajar. Biasakan terus membaca, karena dengan membaca kamu akan menemukan banyak sekali ilmu baru yang tentunya akan sangat berguna dalam pekerjaan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading