Fungsi Media Monitoring di Era Digital

348
0

Era digital, adalah era yang sangat pesat dalam kehadirannya. Di era ini, internet semakin mudah untuk diakses, disamping harganya yang juga sudah tidak semahal dulu. Untuk memaksimalkan penggunaan teknologi di era digital, diperlukan media monitoring. Media monitoring sendiri memiliki fungsi utama, yaitu melihat bagaimana respon atau perbincangan dari pengguna media sosial terhadap merek, sampai dengan pemerintahan.

Berikut ini kami akan beritahu, seperti apa media monitoring berguna bagi era digital saat ini!

Terlibat dengan publik.

Banyak cara dalam berkomunikasi, termasuk lewat internet. Dimana saat ini, tak heran jika ada fenomena dimana seseorang dapat diketahui baik buruknya hanya melalui media sosial. Dari pembicaraan media sosial yang terjadi, dapat terbawa ke dunia nyata. Dapat menjadi sebuah perbincangan yang baik, atau malah menggosip yang tidak-tidak. Tak terkecuali bagi brand yang dapat juga dibicarakan.

Dengan media monitoring, Anda dapat mengetahui dengan jelas. Jelas bagaimana? Jelas disini adalah, bagaimana pembicaraan tentang brand Anda mulai dibicarakan. Sehingga, Anda dapat tahu bagaimana Anda bertindak atas pembicaraan tersebut.

Memunculkan inovasi.

Tindakan dari keterlibatan Anda di publik, dapat memunculkan sebuah inovasi. Terlebih, jika netizen membicarakan brand Anda dengan negatif. Contohnya, brand Anda dibicarakan tentang bagaimana minuman di restoran Anda, selalu kehabisan stok sedotan. Sedangkan sebenarnya Anda sudah memberi lebih stok tersebut.

Anda dapat dengan membuat gerakan baru, seperti dengan gerakan anti sedotan plastik. Untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik yang ada, sehingga Anda meniadakan sedotan. Namun, citra perusahaan Anda dapat meningkat, karena kepedulian perusahaan Anda untuk lingkungan tersebut.

Ketahui kompetitor lebih jauh.

Dengan media monitoring, selain Anda dapat mengetahui apa yang dibicarakan oleh netizen, Anda juga dapat mengontrol reputasi perusahaan Anda lewat pemberitaan di portal media online.

Portal media online, memungkinkan untuk membicarakan brand Anda baik atau positif. Efeknya menjadi sebuah referensi bagi orang lain, dalam membicarakan brand Anda di dunia maya atau nyata.

Semua itu juga dapat Anda kombinasikan dengan pembicaraan netizen di media sosial, menguatkan strategi jika yang dimonitor adalah kompetitor. Anda dapat mengisi kekurangan kompetitor, dan menjadi solusi tempat bagi mereka yang kecewa dengan kompetitor.

Baca juga: 4 Tujuan Marketing Campaign yang Mempengaruhi Bisnis!

Menemukan media yang tepat.

Setelah strategi yang berjalan, Anda dapat mengetahui respon dari target pasar Anda. Jika anda membuat sebuah kampanye dengan hashtag, dan hashtag tersebut dibicarakan banyak orang, maka media sosial memang sudah tepat Anda pilih sebagai tempat. Media monitoring juga dapat dengan spesifik mengukur bagaimana hashtag yang Anda push, efektif atau tidak.

Itulah fungsi media monitoring di era saat ini! Mau coba? Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading