Fenomena Spirit Doll di Media Sosial

Beberapa minggu terakhir ini, media sosial diramaikan dengan topik spirit doll. Awalnya warganet menganggap memiliki spirit doll ini merupakan hal yang positif. Bahkan beberapa public figure kenamaan Tanah Air juga ditengarai “mengadopsi” beberapa boneka tersebut. Akan tetapi, seiring dengan viralnya topik tersebut, semakin banyak warganet yang mengecam perbuatan ini.

346
0

Beberapa minggu terakhir ini, media sosial diramaikan dengan topik spirit doll. Awalnya warganet menganggap memiliki spirit doll ini merupakan hal yang positif. Bahkan beberapa public figure kenamaan Tanah Air juga ditengarai “mengadopsi” beberapa boneka tersebut. Akan tetapi, seiring dengan viralnya topik tersebut, semakin banyak warganet yang mengecam perbuatan ini.

Memang sebetulnya apa sih spirit doll itu?

Mengenal spirit doll

Beberapa sumber mengatakan bahwa spirit doll atau boneka arwah adalah boneka yang menyerupai bayi atau anak-anak. Perbedaannya dengan boneka biasa adalah adanya klaim bahwa boneka-boneka ini “dirasuki” oleh makhluk halus. Pemilik boneka ini kerap memperlakukan boneka ini seperti anak mereka sendiri, mulai dari diberi makan, didandani dengan pakaian yang menggemaskan, hingga diajak berbicara.

Sesungguhnya fenomena spirit doll ini bukanlah hal yang baru.

Pemerhati budaya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Drs Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si menjelaskan fenomena boneka arwah di Indonesia bukanlah sesuatu yang baru. Sebab, sudah sejak lama masyarakat Nusantara mempercayai boneka arwah.

Sobat NoLimit pasti pernah mendengar nama boneka arwah dari kebudayaan Jawa satu ini. Namanya adalah Jelangkung, kadang disebut juga Nini Thowok atau Nini Thowong. Boneka ini dibuat dari batok kelapa yang diberi ragangan kayu untuk tangan.

Ada pula luk thep, boneka arwah dari Thailand. Luk thep dipercaya sebagai arwah bayi atau anak-anak yang mendiami boneka, dan jika dipelihara akan membawa keberuntungan. Ada yang mengatakan bahwa jika seseorang yang memuji luk thep milik orang lain, maka kekayaannya akan pindah ke pemilik boneka tersebut. Ada juga kepercayaan bahwa jika sudah terkena sihir dari boneka tersebut maka orang tersebut akan mengalami kejadian-kejadian aneh.

Perbincangan tentang spirit doll di media sosial

Untuk mengetahui bagaimana topik spirit doll ini diperbincangkan di media sosial, kata kunci “spirit doll” diamati sebagai objek di NoLimit Dashboard. Pengamatan dilakukan dari tanggal 31 Desember 2021 sampai tanggal 10 Januari 2022.

Analisis Perbincangan Spirit Doll di Media Sosial
Grafik perbincangan kata kunci “spirit doll” dari tanggal 31 Desember 2021 sampai tanggal 10 Januari 2022 (sumber: NoLimit Dashboard)

Dari periode pengamatan yang dilakukan, terdapat 36.526 perbincangan dengan kata kunci “spirit doll”, dengan jumlah pembicara sebanyak 27.970 orang. Puncak perbincangannya sendiri terjadi pada 7 Januari 2022 dengan jumlah perbincangan sebanyak 9.092 dan pembicara sebanyak 8.319 orang.

Cuitan terviral

Analisis Perbincangan Spirit Doll di Media Sosial
Wordcloud kata kunci “spirit doll” di NoLimit Dashboard

Salah satu fitur NoLimit Dashboard adalah kemampuannya untuk menyortir conversation atau pembicaraan berdasarkan keviralannya, termasuk di antaranya cuitan-cuitan berikut ini. Keviralan cuitan-cuitan berikut ini dilihat dari jumlah engagement-nya, yakni gabungan dari jumlah like, share, dan comment.

Cuitan terviral mengenai boneka arwah ini ditulis oleh akun Twitter @Amaaisan. Dalam utasnya, ia membahas bahaya dari mengadopsi boneka arwah ini. Cuitan ini mendapatkan 20.599 retweet, 3.935 quote retweet, 80.601 likes, dan lebih dari 1.200 replies.

Lain halnya dengan cuitan di atas, dua cuitan terviral berikutnya adalah respon jenaka terkait topik ini.

https://twitter.com/_taibandeng/status/1478367371815714819

Top Influencer

Selain menyortir perbincangan berdasarkan engagement-nya, NoLimit Dashboard juga bisa menyortir perbincangan berdasarkan jumlah follower pembicaranya.

Top Influencer adalah kategori untuk cuitan terkait suatu objek yang diunggah oleh akun influencer; atau dengan kata lain, akun non-media dengan follower terbanyak. Terkait perbincangan mengenai serial ini, cuitan dari akun @andihiyat ini menjadi cuitan top influencer.

Top Media

Top Media adalah kategori cuitan yang membahas suatu objek oleh akun media dengan follower terbanyak.

Berikut ini adalah tiga cuitan dari akun media dengan follower terbanyak dan mendapatkan engagement tertinggi berdasarkan NoLimit Dashboard.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading