Diabetes Anak Meningkat, Bagaimana Perbincangannya di Media Sosial?

323

Beberapa waktu ini masyarakat Indonesia digemparkan dengan kasus diabetes pada anak di Indonesia. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan bahwa kasus diabetes pada anak meningkat 70 kali lipat sejak tahun 2010.

Saat ini IDAI mencatat terdapat sekitar 1.645 anak Indonesia yang mengalami diabetes. Terdapat dua tipe diabetes, yang pertama dapat disebabkan karena genetik. Sedangkan penyebab kedua dapat disebabkan kerena pola makan, kurangnya aktivitas fisik, dan obesitas yang tidak baik. Penyebab yang kedua dapat dicegah dengan berbagai hal.

Terdapat beberapa cara untuk mencegah diabetes pada anak, antara lain:

  1. mempertahankan berat badan ideal
  2. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
  3. Mengurangi minuman manis dan bersoda
  4. Aktif berolahraga

Meningkatnya kasus diabetes pada anak menjadi bahan perbincangan di media sosial, NoLimit Dashboard melakukan pemantauan perbincangan di media sosial terkait lonjakan kasus diabetes pada anak.

Day to day talk

Sumber: NoLimit Dashboard

Dari grafik di atas dapat dilihat sejak tanggal 10 februari hingga saat ini, perbincangan terkait kasus diabetes pada anak meningkat di taggal 11 september 2023. Hal ini karena laporan IDAI terkait meningkatnya diabetes anak pada awal Februari lalu.

3 Top Topik

Sumber: NoLimit Dashboard

Dari seluruh perbincangan di media sosial tedapat 3 topik yang banyak dibicarakan netizen. Sebesar 42% netizen membicarakan penyebab diabetes pada anak, sebesar 30% perbincangan membicarakan ribuan anak mengidap diabetes, dan sebesar 28% netizen IDAI melaporkan lonjakan kasus diabetes pada anak.

Perbincangan netizen di twitter

Di media sosial Twitter akun dengan nama @hamidah_nadiyah mengingatkan kepada seluruh orang tua untuk selalu waspada terhadap penyakit diabetes pada anak.

Sedangkan akun dengan nama @Aku08 menginfokan bahwa kasus campak pada anan meningkat hingga lebih dari 100 orang.

Dan, akun dengan nama @Intel_OBRA memberikan saran untuk mengkonsumsi gula PS7 untuk mengurangi lonjakan kasus diabetes pada anak.

Berikut ini merupakan hasil analisa menggunakan NoLimit Dashboard yang berhasil tim rangkum. Bagaimana tanggapan sobat NoLimit terkait kasus diabetes pada anak yang meningkat? Berikan tanggapan di kolom komentar ya sobat NoLimit!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading