Contoh Kampanye Kreatif :  Salah satunya bikin ngena banget!

555

Kampanye adalah serangkaian tindakan komunikasi dalam bentuk mempromosikan atau memperjuangkan dengan tujuan untuk menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu.

Kampanye memilki peran yang kuat dalam menyampaikan pesan dengan tersirat, kampanye dapat dibangun baik itu pada media sosial atau pada aktivitas offline. Kampanye dapat dimulai dengan bagaiamana penggunaan media hingga metode yang digunakan harus menarik perhatian dari calon audiens, maka tidak heran jika sebuah kampanye yang kreatif pasti ngena banget di audience.

lalu apa saja contoh kampanye kreatif dari sebuah brand? berikut beberapa contoh yang bisa kamu jadikan referensi untuk membangun komunikasi kamu dengan para target market atau audience.

Kampanye dari Gillette: ‘We Believe: The Best Men Can Be

Para pria pasti mengenal brand satu ini sebagai senjata yang harus ada di kamar mandi. terkenal dengan alat cukurnya Gillete berhasil memberikan motto pada brandnya. Simple,mudah diingat dan membreikan dorongan emosional secara tidak langsung kepada pria melalui kampanye ini.

Video : Youtube The Guardian

Brand ini ingin menyamppaikan bahwa sudah semestinya seorang pria menghilangkan kebiasaan kurang baik mereka, karena bagaiamanapun “Seorang anak kelak pasti akan menjadi seorang pria dimasa yang akan datang” begitulah kira-kira.

Lewat kamapanye ini gillette’s ingin mempertegas bahwa jadilah seorang pria yang terbaik.

Gebrakan Burger King membangun drive-thru senyap di Finlandia

Sumber : Burgerking

siapa yang tidak kenal burger King, produsen burger asal Florida ini membuat gebrakan anti mainstream untuk pemasaran produknya. Bagaimana tidak, Burger king Finlandia ini sukses membuat Drive Thru Bisu alias senyap. Metode ini memungkinkan konsumen memesan makanan mereka melalui aplikasi untuk kemudian diantarkan ke kendaraan mereka. Sungguh unik bukan! mengingat masyarakat Finlandia yang tidak terlalu suka berinteraksi dengan orang yang belum mereka kenal

Kampanye Virtual Box ala Gibran Saat Covid-19

Dalam membangun sebuah komunikasi yang efektif dan ngena banget pastinya kita perlu berfikit kreatif dan sanggup melawan sebuah keterbatasan. Berikut salah satu komunikasi ala Gibran saat kampanye, beliau mampu memanfaatkan kemajuan teknologi namun tetap dapat berinteraksi dengan efisien.

Komunikasi yang dilakukan Gibran adalah dengan membuat sebuah virtual box yang ditempatkan di sudut-sudut kampung agar dapat berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan warga tanpa berkerumun.

kampanye kreatig ala gibran di pemilu solo
Sumber Foto : Website DerapJuang

Kampanye tidak hanya berlaku untuk bisnis saja, terkadang sangat penting juga utuk kepentingan pribadi dalam membangun brand identity. Penggunaan kreatifitas juga diterapkan oleh calon walikota dan wakil walikota pada saat itu yaitu Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa saat memperkanalkan dirinya kepada masyarakat Solo saat itu.

Wabah covid `19 yang tengah melanda pada saat itu, mengharuskan untuk melakukan social distancing. Sehingga pemilihan virtual box sebagai media promosi tepat digunakan pada pasangan yang saat ini telah menjabat sebagai wali kota dan wakil wali kota Solo.

Bagaiamana Mengukur Kampanye kita berhasil?

Dalam setiap kampanye yang direncanakan, tentunya keberhasilan dinilai dari tujuan yang tercapai tidak terkecuali sosial media. Dalam kampanye pasti perlu adanya alat ukut untuk melihat seberapa berhasil kampanye kita, jika kamu melakukan kampanye di sosial media pastinya terdapat tools yang dapat membantu mengukur performa kampanye tersebut, selain itu dengan penggunaan tools kamu pun dapat mendapatkan data-data lain seperti:

  1. Peningkatan brand awareness
  2. Perluasan jangkauan pasar
  3. insight marketing meningkat
  4. Meningkatkan conversion rate
  5. meningkatnya traffic di web
  6. jumlah backlink
  7. Lead Generation
  8. dll

Tools monitoring popularitas kampanye kamu di media sosial

Metabusiness

Bagi pengguna instgaram dan facebook bisnis pastinya sudah tidak asing dengan tools monitoring metabusiness. Tools yang berfungsi memantau insight dari kampanye instagram dan facebook ini free digunakan oleh setiap pemilik akun.

Google Console

fitur yang berfungsi untuk melihat seberapa tinggi keterlihatan sebuah website ini merupakan fasilitas gratis dari google yang bisa digunakan oleh webmaster.

Google analytic

Lagi-lagi google memfasilitasi padra pemilik website dengan tool yang berfungsi memantau jumlah pengunjung pada suatu website

NoLimit Dashboard

Tools yang sangat efsien dalam memnatua kinerja kampanye dan popularitas di media sosial yaitu NoLimit Dashboard, dengan menggunakan fitur media monitoring ini kamu bisa sangat mudah mengevaluasi hasil dari performa popularitas kamu di Media Sosial.

Kamu bisa mencoba demo nya sekarang juga dengan gratis dan manfaatkan segala data tersebut untuk performa kampanye lebih optimal.

Koswara Adiharja
WRITTEN BY

Koswara Adiharja

Halo! Saya Koswara Adiharja, seorang penulis dengan latar belakang pendidikan di bidang manajemen bisnis. Tulisan-tulisan saya difokuskan pada Digital Marketing, Bisnis, Pengembangan Diri, dan Karir. Sebagai seseorang yang memiliki kecintaan pada dunia bisnis, saya berbagi pandangan dan pengetahuan melalui blog pribadi ini. Mari bersama-sama mengeksplorasi ide, strategi, dan inspirasi yang dapat membantu kita tumbuh bersama. Teruslah membaca tulisan saya untuk mendapatkan wawasan dan motivasi yang baru!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading