Cerita-Cerita Unik Dibalik Perhelatan Asian Games 2018

274

Cerita bahagia salah satu atlet Pencak Silat Indonesia, Hanifan Yudani Kusumah, ternyata membawa cerita baru di Indonesia. Setelah berhasil meraih medali emas, Hanifan secara spontan berkeliling lapangan lalu berlari mendekati Bapak Presiden Joko Widodo, yang kala itu sedang menonton bersama ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia, Bapak Prabowo Subianto. Dengan balutan bendera merah putih, Hanifan memeluk kedua tokoh nasional tersebut secara bersamaan. Dengan paras muka bahagia, Jokowi dan Prabowo pun menyambut pelukan tersebut, dan momen ini pun berhasil di dokumentasikan, dan tentu saja dalam hitungan detik menjadi viral di media sosial.

Cerita ini menjadi sebuah cerita yang fenomenal di mana seperti yang kita ketahui, baik itu Jokowi ataupun Prabowo, mereka berdua kini sedang dalam posisi bersaing untuk mendapatkan dukungan menjadi Presiden Republik Indonesia selanjutnya. Akan tetapi, foto viral ini menjadi sebuah bukti bahwa di balik persaingan kedua tokoh nasional tersebut, hubungan yang terjadi sebenarnya sangat baik sekali. Tidak seperti apa yang sering kita termukan di media sosial, di mana para pendukung selalu memberi kesan jelek kepada lawannya dan saling menghujat terhadap apapun yang lawan mereka lakukan.

Foto berpelukannya Hanifan, Jokowi dan Prabowo ini bukanlah satu-satunya cerita yang berkesan pada perhelatan Asian Games 2018 ini. Adapula cerita tentang bagaimana fenomenalnya pembukaan acara Asian Games 2018. Lagi dan lagi, Jokowi menjadi topik pembicaraan di mana beliau melakukan aksi yang jarang dilakukan oleh presiden kebanyakan, yaitu menggunakan sepeda motor untuk menghadiri Stadion Gelora Bung Karno.

Ada pula cerita dari negeri tetangga, di mana untuk pertama kalinya Korea Selatan dan Korea Utara memutuskan untuk mempersatukan atlet-atlet mereka dengan mengusung satu nama, yaitu Korea. Hal ini merupakan sejarah baru, dan ini pun merupakan bukti dari video beberapa waktu lalu, yang juga sempat viral di media sosial. Berdamainya Korea Selatan dan Korea Utara diawali ketika diadakannya pertemuan antara kedua presiden tersebut, dan saling mengunjungi negara masing-masing. Sejarah pun terukir ketika duta besar dari masing-masing negara saling berpegangan tangan dan berseru bahagia seriring dengan dipanggilnya kontingen atlet dari Korea.

Selain itu, atlet badminton Indonesia, Jonatan Christie, juga menjadi buah bibir dari masyarakat Indonesia. Aksi selebrasinya yang membuka baju ketika berhasil meraih medali emas menjadi sorotan hangat warganet. Dengan paras yang tampan, dilengkapi dengan tubuh yang ideal, aksi spontan Jojo ini sempat menjadi Trending Topic di media sosial, dan tentu saja, warganet di Indonesia memang paling handal dalam membuat plesetan-plesetan dari momen viral di media sosial.

Info terbaru yang kami pantau adalah munculnya tagar #WowoSayangWiwi, di mana tagar ini dibuat sebagai gerakan damai dari warganet yang selama ini selau diricuhkan oleh para pendukung mereka. Mayoritas pengguna tagar ini adalah mereka yang ingin mewujudkan kedamaian dikala sedang ramainya musim politik antara kedua tokoh tersebut. Akan tetapi, seperti yang sudah kita bahas sebelum, komentar berbau lelucon pun terus hadir dalam menanggapi tagar yang menjadi Trending ini. Berikut salah satu contohnya.

https://twitter.com/Novelinoo/status/1034819825330081792

Memantau Perbincangan Asian Games di Media Sosial

Pada kesempatan ini, kami pun turut memantau sebagaimana riuhnya pembahasan pagelaran Asian Games ini di media sosial. Kami mencoba memantau dengan menggunakan NoLimit Dashboard, dengan kurun waktu 28 – 29 Agustus 2018. Dengan menggunakan kata kunci “Asian Games”, kami menemukan ada 44.943 Tweets di media sosial. Seperti biasa, kami mencoba mencari tahu siapa Top Talker dari diskusi tentang Asian Games ini di media sosial. Selain itu adapula Top Influencer dan juga konten paling viral tentang momen-momen menarik sepanjang perjalanan Asian Games 2018.

Akun Customer Care dari BliBli dan Telkom menjadi Top Talker dari perbincangan Asian Games ini. @BlibliCare membuat 284 Tweets, sedangkan @TelkomCare membuat 371 Tweets. Selain itu ada pula akun @BolaSportcom yang menyumbangkan 261 Tweets hanya dalam jangka waktu 2 hari saja. Berikut salah satu contoh Tweet yang dibuat oleh akun @BlibliCare.

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, Bapak Presiden Jokowi menjadi Top Influencer yang turut berbicara tentang Asian Games di media sosialnya.Dengan jumlah 10.299.617 Followers, pemilik akun @jokowi ini membicarakan tentang kemenangan atlet Korea bersatu pada cabang olahraga perahu naga 500 meter putri.

Top Influencer nomor dua adalah penyanyi kondang Indonesia, Vidi Aldiano.

Selanjutnya adalah Bambang Pamungkas, yang merupakan salah satu atlet terbaik Indonesia di cabang sepakbola.

Berbicara tentang media sosial, tentu kita juga harus berbicara tentang konten viral yang paling banyak dibicarakan di media sosial. Kami menemukan 5 konten viral di media sosial di mana ditentukan berdasarkan jumlah Retweet terbanyak. Pembicaraan pertama yang paling viral selama dua hari ke belakang ini dibuat oleh Ammar Gill, Founding Partner dari Aldjufri & Partners. Konten yang dibuat tersebut mendapatkan 9.594 Retweet. Berikut tulisannya.

Apabila kita lihat secara sekilas, Tweet yang dibuat oleh @AmmarGill ini bisa membuat kita menjadi sangat iba kepada bapak yang ada pada gambar tersebut. Akan tetapi, coba perhatikan lebih seksama. Tweet ini menjadi viral karena Ammar Gill berhasil memplesetkan foto salah satu atlet tertua di Indonesia ini. Budi Hartono. Bagaimana sudah mulai terbayang siapa atlet tertua ini? Yap. Budi Hartono adalah atlet tertua di Indonesia, sekaligus merupakan orang terkaya se-Indonesia. Orang penting dibalik Djarum dan BCA (Bank Central Asia) ini berhasil menyumbangkan medali perunggu di umurnya yang ke 77 tahun. Cabang olahraga yang ditekuninya adalah Bridge Supermixed Team.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, aksi selebrasi spontan membuka baju dari Jonatan Christie, alias Jojo, memancing Bapak Presiden Joko Widodo untuk turut berkomentar. Jokowi pun terlihat cukup aktif di media sosial untuk terus mendukung dan memberi selamat kepada para atlet-atlet yang sudah berjuang di perhelatan Asian Games 2018 ini.

Konten viral selanjutnya dibuat oleh akun @mysunsetglow. Pada Tweet yang dibuatnya, dirinya memaparkan bagaimana estafet raket yang dilakukan oleh salah satu legenda badminton Indonesia, Taufik Hidayat, kepada atlet muda Jonatan Christie. Tweet ini mendapatkan Retweet yang sangat banyak karena informasi yang dipaparkan terbilang informasi baru dan sangat berhubungan dengan keberhasilan Jojo di Asian Games 2018 ini.

Selain ketiga konten di atas, masih banyak konten-konten viral lainnya yang tentu saja menghasilkan cerita-cerita unik baru di Asian Games 2018 ini. Sampai saat ini, Indonesia sendiri sudah berhasil berada di posisi ke-4, dengan perolehan 30 medali emas, 22 medali perak dan 37 medali perunggu. Perolehan ini pun terbilang sangat baik karena apabila kita lihat secara wilayah, khususnya ASEAN, Indonesia kini menjadi negara nomor 1 di ASEAN. Dengan menyisakan 3 hari saja, semoga Indonesia bisa terus menambah perolehan medalinya. Semangat terus atlet-atlet Indonesia! Indonesia, Energy of Asia!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading