Cara Menghitung Public Relation Value

132
0

Secara umum, Public Relation Value adalah nilai yang didapatkan oleh sebuah Brand atau tokoh terkait setelah beritanya dipublikasikan pada portal berita. Metrik PR Value pada Online News Monitoring merupakan jumlah nilai yang dikonversikan ke Rupiah, dari setiap portal berita mengenai ‘kata kunci’ yang pengguna gunakan.

Dalam perhitungan PR Value, hal pertama yang harus ditemukan adalah Advertisement Value (AD Value). Setelah itu barulah bisa menghitu PR Value tersebut.

Untuk mencari AD Value pada portal berita atau blog, ada 3 aspek yang harus dihitung, yaitu Source Rank, Order Rank dan Page Rank.

Source Rank

Source Rank adalah perhitungan level pembaca sebuah blog atau portal berita, dimulai dari pembaca lokal sampai pembaca internasional.

  • Internasional     : 500 Poin
  • Regional             : 400 Poin
  • Lokal +                : 300 Poin
  • Lokal                   : 200 Poin
  • Newbie               : 100 Poin

Order Rank

Order Rank adalah perhitungan lokasi artikel, apakah dimuat pada halaman utama atau di halaman lainnya. Akan tetapi, untuk Blog yang sudah dipastikan semua artikel baru akan dimuat pada halaman utama, ada sedikit modifikasi pada perhitungannya. Maka, perhitungan Source Rank akan dibagi menjadi Source Rank 1 dan Source Rank 2, tergantung pada jumlah karakter dari artikelnya dan juga rutinitas dalam membagikan artikel.

Internasional 1     : 50 Poin
Internasional 2     : 45 Poin
Regional 1             : 40 Poin
Regional 2            : 35 poin
Lokal + 1                : 30 Poin
Lokal + 2               : 25 Poin
Lokal 1                   : 20 Poin
Lokal 2                  : 15 Poin
Newbie 1               : 10 Poin
Newbie 2              : 5 poin

Page Rank

Page Rank adalah perhitungan seberapa penting/populer sebuah portal berita di mata mesin pencarian Google. Algoritma yang digunakan sudah paten dan bisa dicek dengan memasukan link portal berita pada PR Checker untuk menentukan nilai PR sebuah portal berita. Berikut perhitungan poin berdasarkan nilai PR sebuah portal berita.

PR n/a, 0 atau 1       : 5 Poin

PR 2                          : 10 Poin

PR 3                          : 15 Poin

PR 4                          : 20 Poin

PR 5                          : 25 Poin

dst.

Perhitungan PR Value

Berikut rumus perhitungan PR Value:

AD Value                  = (Order Rank x Page Rank) + Source Rank

PR Value                   = AD Value x 3

1 Poin AD Value = Rp. 2.500

Contoh Perhitungan PR Value

Blog: blog.nolimit.id

Source Rank      : Blog ditulis dalam bahasa Indonesia dan sudah terbit lebih dari 1 tahun. Maka, Blog ini dikategorikan sebagai Lokal+ = 300 Poin

Order Rank        : Lokal+ , tetapi belum rutin dalam mempublikasikan artikel. Maka, Blog ini dikategorikan sebagai Lokal+ 2 = 25 Poin

Page Rank         : Setelah dicek mendapatkan 5 Poin

Maka perhitungannya adalah

AD Value    ((25 x 5) + 300) x Rp.2.500  = Rp. 1.062.500

PR Value     Rp. 1.062.500  x 3                = Rp. 3.187.500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading