Emang Bisa Membuat Kampanye Sekreatif itu?

93

Pernah liat iklan aplikasi ojek yang viral karena pasang tulisan panjang di tempat macet? atau pernah liat iklan minuman teh yang ditinggal oleh designer karena libur hari raya? nah itu adalah beberapa contoh dari kampanye kreatif yang dilakukan oleh brand untuk menyampaikan pesan mereka agar lebih efektif dan tepat sasaran tentunya. 

Seiring perkembangan kreativitas, maka kampanye tidak hanya digunakanan sebatas pada media mainstream, terkadang bisa juga menggunakan multi platform loh. 

Lalu apa yang perlu dipersiapkan dalam membuat kampanye? simak beberapa hal yang bisa kamu persiapkan hingga contoh yang bisa jadi referensi kamu.

Tahapan Membuat Kampanye

Dalam membuat kampanye pastinya ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, namun tahapan ini tidak selamanya harus berurutan ya, terkadang dalam situasi tertentu kamu akan menemukan alur yang tepat untuk kampanye. 

Tahap 1: Pengumpulan Data dan Informasi

Data merupakan hal yang penting dalam pengambilan keputusan, begitupun keputusan untuk menentukan pola kampanye dan konsep yang seperti apa yang akan dibuat. 

Pengumpulan data ini bisa seperti target market, keunggulan dan kelemahan produk, kompetitor, lokasi/platform kampanye, dan beberapa hal lain yang akan membantu dalam membangun kampanye. 

Dengan data yang telah dikumpulkan maka tahapan selanjutnya adalah mengolah data tersebut untuk membantu dalam menentukan konsep dari kampanye yang akan dilakukan. 

Tahap 2: Buat Dummy atau Modeling dari Kampanye

sepenting itu kah dummy? dalam membuat sebuah kampanye atau apapun itu pastikan kita telah membuat rancangan nya terlebih dahulu sebelum dieksekusi secara masal. Salah satunya adalah Dummy. 

Biasanya dummy ini bisa berbentuk konsep visual, lokasi dan cara komunikasi. Jadi saat kampanye itu dijalankan pastikan kita memiliki kendali atas apa yang ingin dicapai pada saat kampanye tersebut. 

Dengan membuat modeling dari kampanye, setidaknya kita akan melihat tingkat keberhasilan dan faktor apa saja yang akan menghambat tercapainya keberhasilan saat melakukan kampanye. 

Tahap 3 : Pembuatan Timetable

Timeline atau time table sudah pasti harus disiapkan, pastikan kamu mencatat siapa dan kapan pekerjaan itu selesai. Kampanye biasanya akan sangat efektif ketika dapat memanfaatkan momentum, maka menjaga timeline dengan baik adalah salah satu kunci kesuksesan dari sebuah kampanye.

Tahap 5 : Publish Kampanye

Tahap 4: Evaluasi Kampanye

Saat kampanye berjalan pastikan kamu juga memantau hasil dari kampanye tersebut, catat semua reaksi pada audience saat mereka terpapar oleh konten yang telah kamu buat. 

Evaluasi ini sangat penting dalam menentukan langkah selanjutnya dan hal apa saja yang memang perlu diperbaiki di kemudian hari. 

Tips & Trik Membuat Kampanye Kreatif

Jika sebelumnya mengenai tahapan apa saja yang biasanya dilakukan dalam membuat kampanye, lalu selanjutnya adalah tips dan trik apa sih yang bisa bikin kampanye kamu lebih kreatif, terutama buat kamu yang tentu saja ingin membuat kampanye di media sosial. 

Kenali Target Customer 

Salah satu hal yang paling mendasar dalam proses pemasaran adalah dengan mengenali siapa target customer dan bagaimana cara berkomunikasi target customers. 

Pilih Platform yang Cocok

Penggunaan platform media sosial terkadang menjadi salah satu cara dari sejuta cara yang bisa dilakukan para brand dalam membuat kampanye, namun perlu diketahui tidak semua media sosial itu cocok untuk brand. 

Untuk mengetahui apakah cocok atau tidak, pastikan kamu memang mengenali siapa target market kamu. Jangan-jangan selama ini kamu salah target market bukan salah platformnya. 

Gunakan platform yang market kamu ada disana, termasuk ketika memilih para influencer. 

Kenali Kompetitor

Kompetitor kadang jadi hal yang menyeramkan untuk sebagian para pelaku bisnis, namun dengan mengenali siapa kompetitor kita secara detail. 

Untuk mengenali kompetitor terdapat beberapa cara, ada yang menganalisa secara langsung misalnya dengan membagikan kuesioner atau menguji langsung berdasarkan data-data yang ada di internet atau lapangan. 

Namun kamu juga bisa menggunakan data dari pihak ketiga untuk menganalisa kompetitor, salah satunya adalah nolimit dashboard. Tools ini dapat membantu kamu menganalisa seberapa populer mereka di Media sosial. Data tersebut nantinya akan diolah menjadi informasi yang akurat dalam menentukan keputusan. 

Itulah beberapa hal yang bisa bantu kamu dalam membuat kampanye kreatif, terutama di media sosial. Meskipun sederhana semoga bisa membuat konten kamu viral di media sosial.

Koswara Adiharja
WRITTEN BY

Koswara Adiharja

Halo! Saya Koswara Adiharja, seorang penulis dengan latar belakang pendidikan di bidang manajemen bisnis. Tulisan-tulisan saya difokuskan pada Digital Marketing, Bisnis, Pengembangan Diri, dan Karir. Sebagai seseorang yang memiliki kecintaan pada dunia bisnis, saya berbagi pandangan dan pengetahuan melalui blog pribadi ini. Mari bersama-sama mengeksplorasi ide, strategi, dan inspirasi yang dapat membantu kita tumbuh bersama. Teruslah membaca tulisan saya untuk mendapatkan wawasan dan motivasi yang baru!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading