Insight – Instagram dapat dimanfaatkan sebagai akun bisnis. Awal menggunakan Instagram untuk bisnis engagement dan followers-nya selalu naik, namun di bulan berikutnya pengalami penurunan.
Hal ini dapat membuat Anda menjadi bingung dan mencari penyebabnya. Jangan khawatir! Jika akun Instagram sudah menjadi akun bisnis, Anda dapat melihat dapat mengurangi penurunan performa akun Instagram-mu dengan memantau Instagram insight.
Apa itu Instagram Insight?
Instagram insight merupakan fitur yang disuguhkan untuk melihat data secara lengkap terkait akun Instagram bisnis Anda.
Untuk dapat melihat Instagram insight, akun Anda perlu beralih menjadi akun bisnis. Dalam Insagram insight Anda dapat melihat data mengenai konten yang Anda unggah, demografi followers seperti followers growth, serta engagement yang dapat meningkat strategi bisnis Anda.
Dari informasi yang sudah ada pada Instagram insight dapat digunakan untuk meningkatkan strategi bisnis Anda.
Bagaimana Cara Melihat Instagram Insight?
Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk melihat insight dengan menekan button ujung kanan, lalu Anda klik menu “indsight”. Setelah ini ada dapat melihat keseluruhan yang ada pada halaman insight.
Selain cara diatas, Anda juga dapat melihat insight dengan cara lain, yaitu melalui postingan yang telah diunggah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara pilih konten yang diunggal lalu tekan “view insight” .
Cara Mengukur Data Instagram?
Pada artikel ini, kami akan menjelaskan dua cara untuk mengukur data yang ada pada Instagram.
Menggunakan Instagram Analytics
Setelah Anda sudah berada di halaman Instagram insight, tampilan awal yang ada adalah halaman overview. Halaman ini akan memperlihatkan Anda terkait Accounts reached, account engeged, dan total followers.
Accounts Reached
Pada halaman ini akan melihatkan beberapa grafik berdasarkan reached audiens, seperti:
- Top cities
- Top countries
- Top age ranges
- Gender
Followers dan non-followers
Pada bagian ini kamu akan melihat data dari jumlah akun follower atau non-followers yang melihat postingan yang sudah Anda unggah.
Content Reach
Data ini merupakan jumlah akun yang melihat reels, post, stories yang sudah diunggah. Data ini pun disuguhkan berdasarkan akun followers dan non-followers. Sedangkan Impressions adalah data yang menunjukan berapa kali konten kamu ditampilkan serta dilihat.
Pada bagian ini juga menampilkan top post berdasarkan reach dan top post stories berdasarkan reach.
Pada halaman bawah terdapat bar profile activity, pada bagian ini menampilkan beberapa informasi.
- Profile visits: para pengguna Instagram yang mengunjungi halaman profile Anda.
- External link taps: pengguna yang klik link yang disematkan
- Email button: berapa kali pengguna klik tombol email di profile
- Business address: seberapa banyak pengguna klik laman address yang ada pada profile
- Call button: Pengguna tap tombol call yang terlampil pada profile Anda.
Accounts engaged
Pada bagian ini akan menampilan
Pada bagian ini akan menampilan content interactions
Interaction audience
Post interaction
Pada bagaian ini informasi yang ditampilkan adalah likes, comment, saves, shares, dan top posts.
Story interactions
Informasi yang ditampilakan mencakup replies, shares, dan top stories.
Followers
Pada menu ini akan menampilkan beberapa grafik.
Growth, Overall, jumlah yang follows akun Anda, dan pengguna yang unfollows akun Anda.
Most Active Times
Menampilkan grafik yang aktif sediap jam dan setiap harinya.
Itulah cara melihat Instagram insight terbaru 2023. Untuk dapat melihat data lebih lengkap mengenai media sosial Anda dapat menggunakan tools analytics, simak penejelasannya di bawah ini.
Tools Analytics Tambahan
Selain menggunakan Instagram insight, anda dapat melihat data terkait performa Instagram Anda dengan tools media monitoring. Salah satu tools media monitoring adalah NoLimit Dashboard.
Dengan menggunakan NoLimit Dashboard, anda dengan mudah mendapatkan data yang ada pada media sosial. Anda juga dapat melihat sentimen analysis, share of voice. Tidak hanya dari salah satu platform media sosial saja, tools media monitoring mencakup hampir semua media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan online media.