Full: Tentang Twitter Spaces,Fitur Tambahan, Cara Membuat, Benefit untuk Organisasi

982
0

Jika sebelumnya konten sosial media didominasi oleh visual berupa gambar atau video sampai saat ini, audio sudah masuk mendapatkan momentum beberapa tahun terakhir ini. 

Pernah mendengar Clubhouse? Ini merupakan platform audio sosial yang pernah hadir digunakan oleh pengguna untuk memaksimalkan promosi bisnis mereka. 

Clubhouse bersifat eksklusif hanya pengguna iOS saja yang bisa menggunakan fitur ini, sekarang twitter spaces hadir memfasilitasi percakapan audio langsung diplatform. 

Dalam postingan ini, kita akan lebih dekat memahami Twitter Spaces itu apa, mengapa Anda harus menggunakannya untuk membangun bisnis Anda lebih dikenal oleh audience. 

Apa itu Twitter Spaces?

Twitter Spaces adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat melakukan percakapan audio secara langsung di platform. Pengguna dapat menyelenggarakan percakapan ini di ruang obrolan atau yang disebut dengan “Spaces” dan Anda dapat mengundang pengguna lain untuk berpartisipasi dalam obrolan. 

Seperti apa tampilan seseorang yang aktif dalam “spaces” ini? Jika Anda mengikuti seseorang yang menjadi host space atau speaker di salah satunya, ini akan ada indikator yang berwarna ungu pada bagian atas timeline Anda selama percakapan berlangsung. 

apa itu twitter space

Siapapun yang memiliki followers lebih dari 600 akan bisa membuat space dan menjadi host dari space tersebut. Jika Anda ingin memperluas penawaran suatu layanan, inilah saatnya Anda bisa berinteraksi lebih dalam dengan followers hanya memanfaatkan fitur ini. 

Twitter Spaces tersedia untuk individu dan bisnis yang memungkinkan mereka bisa membangun lebih banyak koneksi dengan audiens mereka. Selain itu, twitter spaces terbuka untuk umum yang berarti siapa saja dapat bergabung sebagai pendengar hingga 13 orang dari spaces tersebut dan ini termasuk dengan host dan Co-hosts. ‘

Kenapa menggunakan Twitter Spaces?

Jika sebelumnya Anda dapat melakukan percakapan dengan leluasa tanpa memikirkan dengan hanya 280 karakter saja. Mereka dapat berbicara selama yang mereka inginkan hingga menerima tanggapan secara real-time melalui spaces ini. 

Hal ini bisa menghidupkan percakapan dan mendorong orang untuk berdiskusi lebih terbuka satu sama lain. Spaces memiliki fitur yang dapat membantu pengguna membuat koneksi lebih kuat dengan audiens mereka. Oleh karena itu, mencoba menggunakan fitur baru ini bisa saja Anda berinteraksi lebih kuat dengan audiens yang akan memberikan efek terhadap pertumbuhan bisnis yang sedang dibangun. 

Bagaimana memulai Twitter Spaces?

Saat ini, Anda hanya dapat memulai Twitter Spaces melalui aplikasi Android dan iOS saja. Tidak ada opsi lain untuk memulai menggunakan versi web, tetapi Anda bisa menjadi pendengarnya saja. 

Untuk Anda yang ingin menjadi Host, terdapat dua cara untuk memulai Spaces di Twitter, diantaranya:

  • Tekan dan tahan tombol “Compose” lalu pilih icon untuk spaces baru. Ini akan terlihat seperti beberapa lingkaran dalam bentuk diamond.
  • Dari timeline Anda, ketuk gambar profile Anda pada bagian atas. Kemudian scroll kebagian kanan dan pilih opsi untuk memulai spaces baru. 

Nah untuk langkah selanjutnya, Anda dapat menyiapkan space Anda sebelum ditayangkan. 

Berikan Nama Space Anda

Pastinya Anda membuat spaces sudah memikirkan tujuannya untuk apa, oleh karena itu berikan nama yang relevan dengan percakapan yang akan datang. 

Selain itu Anda bisa menambahkan hashtag untuk memberikan nama untuk spaces tersebut agar percakapan tetap berjalan. Inilah contoh Twitter Spaces menggunakan hashtag 

Contoh postingan di twitter space

Atur izin dan teks

Saat Anda pertama kali menggunakan twitter spaces, Twitter akan meminta izin untuk menyetujui akses agar percakapan audio diberi teks secara realtime. Transkrip membuat spaces Anda lebih mudah diakses oleh pengguna tunarungu atau gangguan pendengaran. Twitter juga berencana dapat diakses dengan screen readers di masa yang akan datang. 

Undang pembicara

Jika Anda telah membuat Spaces sebagai Host, ada beberapa cara untuk membuat orang bergabung dalam percakapan ini baik sebagai speaker atau pendengar. 

Pada sudut kanan bawah, Anda akan menemukan beberapa opsi berbeda yaitu salah satunya adalah membuat lebih banyak orang untuk bergabung, bisa melihat melalui icon seperti panah kecil yang mengarah ke atas.

Tampilan dari Tiwitter Space

JIka Anda sudah tap tombol dan pilih yang Anda inginkan sebagai berikut:

  • Undang pembicara melalui DM
  • Bagikan Space Anda melalui Tweet agar pengikut Anda dapat bergabung. 
  • Salin tautan Spaces Anda dan membagikannya di tempat lain.

Selain Host, Twitter hanya dapat menambahkan hingga 12 pembicara di Space Anda. Meskipun siapapun dapat mengirim permintaan untuk berbicara di Space Anda, Anda juga sebenarnya bisa membatasi untuk menentukan siapa saja yang dapat berbicara. 

Sebagai Host, Ada beberapa opsi pilihan yang dapat Anda lakukan: 

  • Memberikan semua orang untuk berbicara, dengan kata lain orang lain bisa mengirim permintaan untuk berbicara, tetapi tidak harus berbicara sekaligus. 
  • Mengizinkan hanya orang yang Anda ikuti untuk berbicara. 
  • Atau hanya orang yang Anda undang sebagai pembicaranya. 
Fitur Undang Teman di Twitter Space

Sources: Twitter

Fitur Tambahan

Sebagai Host atau Speaker, Anda juga dapat:

  • Mengelola speaker Anda, Disana Anda dapat mute, menghapusnya dari Space atau bahkan memblokir sepenuhnya. Ini adalah fitur yang sangat baik untuk mengontrol jika seseorang ada yang mengganggu atau hal yang tidak diinginkan lainnya. 
  • Menyematkan Tweet di Space, ini adalah fitur yang bisa digunakan oleh Anda untuk berfokus subjek diskusi Anda. 
  • Mengaktifkan teks saat berbicara, ini akan membuat Space lebih mudah diakses oleh pendengar yang mungkin mengalami gangguan pendengaran atau lebih memilih teks. 

Bagaimana sebagai pendengar, bisa apa saja? 

  • Anda bisa bereaksi terhadap yang Anda dengar menggunakan emoji
  • Melihat Tweet yang disematkan
  • Ikuti bersama dengan teks (atau mematikan teks)
  • Tweet atau kirim pesan ke peserta lain
  • Permintaan untuk berbicara (jika host sudah membuat space dapat diakses oleh semua orang untuk berbicara)
  • Memblokir pengguna atau Space slain

Bagaimana organisasi dapat memperoleh manfaat dari penggunaan Twitter Spaces

Bagi Anda yang mempunyai bisnis telah memanfaatkan Twitter untuk meningkatkan brand awareness, Spaces akan membantu untuk memperkuat upaya tersebut. 

Berikut ada beberapa cara untuk menggunakan Twitter Spaces dengan memberikan manfaat bagi perusahaan Anda. 

Membagikan pembaruan atau pengumuman tentang perusahaan Anda

Silahkan Anda untuk membuat Space dengan tujuan untuk membagikan informasi tentang pembaruan produk, perubahan kebijakan, merilis produk baru di masa akan datang, pembaruan fitur dan lainnya. Ini merupakan cara yang bagus untuk menjaga pengikut Anda tetap terhubung dan terlibat langsung dengan perusahaan Anda. 

Tim Twitter Space sendiri sudah menyelenggarakan Spaces untuk membagi pembaruan platform. 

fitur pengingat untuk komunitas di twitter space

Menyelenggarakan diskusi tentang topik industri yang sedang trend

Untuk lebih lanjut membangun otoritas Anda di industri ini dengan mengadakan sesi diskusi tentang topik yang sedang tren. Ini bisa mencakup dalam komentar, prediksi masa depan, dan hal terkait lainnya dengan topik. 

JIka ingin mendapatkan visibilitas untuk Spaces Anda, mungkin bisa mengundang influencer industri sebagai pembicara ke acara Anda. Twitter bahkan memperkenalkan opsi untuk mengundang hingga dua Co-host di Spaces Anda. 

Co-host dapat mengelola permintaan mengundang pembicara, menghapus peserta, dan menyematkan tweets.

Ingatlah Co-host akan diperhitungkan dalam kapasitas speaker Anda. Sekali lagi, hingga dua Co-host dan 10 pembicara dengan total 13 termasuk Anda. 

Kembangkan komunitas brand Anda

Twitter Spaces memberi Anda forum yang sempurna untuk berinteraksi dengan pengikut Anda secara real-time dan membangun koneksi dengan mereka. Hosting spaces memberikan kesempatan bagi audiens untuk terlibat dengan bisnis Anda. 

Ini dapat mencakup percakapan terkait dengan layanan pelanggan, forum tanya jawab langsung, sisi feedback, dan banyak hal lain juga. 

Misalkan direktur riset Twitter Reggie Murphy juga menyelenggarakan Twitter Space untuk mendapatkan feedback terkait pesan secara langsung. 

https://twitter.com/reggiemurphy/status/1415847809698381825

Apa yang diharapkan dari Twitter Spaces di masa yang akan datang?

Twitter mencoba terus meningkatkan fungsi Spaces agar lebih bermanfaat bagi bisnis dan pengguna individual. Berikut rangkuman beberapa fitur dan pembaruan yang dapat Anda lihat dalam waktu dekat.

Ticketed Spaces

Twitter sedang menguji opsi untuk host bisa membuat ticketed spaces, dimana pendengar dapat memperoleh akses secara eksklusif ke dalam percakapan tersebut. Setelah fitur ini ditayangkan, Anda memiliki opsi untuk membuat spaces dengan jumlah yang terbatas dan mengenakan biaya untuk bergabung dalam percakapan. 

Twitter Space telah mengakui bahwa mereka ingin memonetisasi Spaces, itulah sebabnya mereka terus bereksperimen dengan konsep Ticketed Spaces.

Fitur Notifikasi di Twitter Space

Menjadwalkan Spaces dan mengatur alarm 

Host juga akan memiliki opsi untuk menjadwalkan Space untuk tanggal yang akan datang, dan Anda tidak perlu menyetel alarm sendiri, karena pada dasarnya Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan pemberitahuan ketika acara akan dimulai.

Fitur Notifikasi di Twitter Space

Teks yang ditingkatkan

Twitter juga bekerja untuk meningkatkan aksesibilitas dengan meningkatkan fitur teks secara langsung, Tidak hanya itu, tujuannya untuk membuat teks lebih akurat, tetapi pengguna juga akan memiliki opsi untuk menjeda atau menyesuaikan sesuai kebutuhan. 

Mau Coba Nolimit Dasboard

Kesimpulan

Dengan kemampuan untuk memfasilitasi percakapan melalui audio langsung, tidak diragukan lagi bahwa Twitter Spaces akan membuka jalan agar interaksi lebih autentik. Karena fitur ini adalah fitur yang cukup baru, ini adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkannya agar mendapatkan keunggulan yang kompetitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading