Apa itu Report Media Sosial dan Bagaimana Cara Membuatnya?

475

Apa itu Report Media Sosial

Report media sosial adalah hasil analisa dalam bentuk data yang menyajikan informasi mengenai kinerja sosial media Anda.

Didalam report media sosial biasanya mencantumkan reputasi dan popularitas dari suatu brand.

Report sosial media pun dapat menunjukan hasil campaign yang brand Anda buat dan melihat kinerja.

Dengan ini, Anda dapat mengetahui campaign yang berhasil dan tidak berhasil, sehingga dari report ini Anda dapat menyusun strategi yang lebih baik lagi. 

Cara Membuat Report Media Sosial

  1. Tentukan tujuan laporan

Sebelum Anda membuat report, tentukan tujuan report media sosial Anda. Misalnya, ingin mengukur followers growth, meningkatkan keterlibatan, atau menganalisis dampak campaign yang sudah Anda buat. 

  1. Pilih platform media sosial

Pilih platform media sosial yang akan Anda analisis dalam laporan Anda. Biasanya, ini mencakup Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan platform lain yang relevan dengan brand Anda. 

  1. Identifikasi indikator performa media sosial

Pilih metrik yang relevan dengan sasaran Anda. Contoh metrik mencakup jumlah pengikut, jumlah like, comment, share, keterlibatan, dan tingkat konversi. Pastikan Anda mengukur metrik yang paling sesuai dengan tujuan Anda.

  1. Gunakan alat analisis media sosial

Anda dapat menggunakan berbagai alat analisis sosial, seperti Google Analytics, Facebook Insights, dan tools media monitoring seperti NoLimit Dashboard untuk mengumpulkan data dan metrik. NoLimit Dashboard akan membantu Anda menganalisa performa media sosial dengan lebih akurat. 

NoLimit berfokus pada monitoring dan analisa media sosial dan media online. NoLimit adalah tools yang dapat membantu Anda memantau dan menganalisa perbincangan di berbagai platform media sosial dan media online. NoLimit juga dapat mempermudah Anda dalam memantau campaign yang sedang dilakukan.

  1. Pengumpulan data

Lakukan pengumpulkan data yang diperlukan untuk laporan Anda. Pastikan datanya akurat dan sesuai dengan jangka waktu yang Anda pilih (biasanya bulanan, triwulanan, atau tahunan).

Berikut ini berupakan penjelasan mengenia report media sosial dan cara yang dilakukan dalam membuat report media sosial.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading