Apa itu Mass Market ? Simak 4 Keuntungan Bagi Bisnis

179
0

Istilah mass market mengacu pada pasar konsumen yang besar dan tidak terproses dengan latar belakang yang sangat beragam. Tidak hanya terbatas pada produk fisik atau layanan konvensional, namun juga berkembang di dunia digital. Dalam era ini, Teknologi memainkan peran penting dalam memahami perilaku konsumen, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan merancang strategi pemasaran yang lebih tepat.

Kemampuan mass market memungkinkan suatu bisnis menjangkau lebih luas, dimana jangkauan tersebut tidak memiliki segmentasi khusus dengan contoh dengan menyebarkan broadcast email ataupun postingan di beranda social media. Cara ini membuat jangkauan bisnis akan lebih cepat dan mampu menjangkau target potensial pelanggan secara mudah.

Jenis-Jenis Mass Market

  1. Shotgun Approach

Shotgun approach merupakan strategi pengiklanan produk atau jasa dengan menargetkan pasar yang sangat luas. Biasanya perusahaan menggunakan strategi ini untuk menjangkau para pelanggan baru melalui media massa seperti televisi, radio, dan platform social media.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat, saat ini mass market bisa dilakukan dengan memasang iklan di situs web tertentu. Perusahaan biasanya melengkapi iklan tersebut dengan backlink, call to action (CTA), atau landing page agar calon pelanggan dapat melakukan aksi seperti melakukan transaksi, membuat akun, atau mendaftarkan komunitas tertentu.

  1. Guerilla Marketing

Menurut inmarketing, guerilla marketing selalu menggunakan pemasaran promosi lewat viral marketing atau konten yang tengah jadi perbincangan publik untuk mendapatkan lebih banyak peminat maupun social proof. Melalui cara ini, akan menimbulkan reaksi emosional dari customer (emotional marketing) dan membuat mereka mengingat citra brand dengan cara yang berbeda. 

Keuntungan Mass Marketing

Mass Market tidak hanya terbatas pada produk fisik atau layanan konvensional, namun juga berkembang di dunia digital. Dalam era ini, Big Data memainkan peran penting dalam memahami perilaku konsumen, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan merancang strategi pemasaran yang lebih tepat. Berikut adalah beberapa contoh Keuntungan Teknologi dengan pasar massal dalam dunia bisnis:

  1. Analisis Pembelian Konsumen

Analisis pembelian konsumen adalah proses menganalisis perilaku konsumen dalam konteks pembelian produk atau layanan. Tujuannya adalah untuk memahami mengapa konsumen membuat keputusan pembelian, apa faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut, dan bagaimana perusahaan dapat merespon dengan strategi pemasaran yang lebih efektif.

  1. Pelacakan dan Pemahaman Konsumen Online

Tracking online adalah aspek penting dalam strategi pemasaran digital. Dalam era digital ini, di mana konsumen semakin aktif secara online, memahami perilaku mereka di dunia maya dapat memberikan keuntungan besar bagi perusahaan

  1. Pengembangan Produk yang Lebih Tepat Sasaran

Pengembangan produk yang lebih tepat sasaran merupakan kunci kesuksesan dalam pasar yang kompetitif. Dalam rangka menghadapi perubahan kebutuhan konsumen dan dinamika pasar, perusahaan harus mampu mengidentifikasi peluang dan merancang produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan target pasar

  1. Analisis Sentimen Sosial Media

Analisis sentimen sosial media adalah proses menganalisis dan memahami perasaan, sikap, dan opini yang diungkapkan oleh pengguna sosial media terhadap suatu topik atau merek. Dengan melibatkan teknik analisis bahasa alami dan teknologi pengolahan data, perusahaan dapat memperoleh wawasan berharga tentang bagaimana konsumen merespons merek atau topik tertentu di dunia online

Kesimpulan 

Integrasi Teknologi khususnya Big Data dalam konteks mass market tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, tetapi juga memungkinkan pemasaran yang lebih terfokus dan pengambilan keputusan yang lebih cerdas. Meskipun demikian, tantangan terkait privasi data dan etika penggunaan Big Data harus diatasi agar keuntungan ini dapat dinikmati secara berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading