Apa itu Hashtag Analisis dan Apa Manfaatnya?

376

Didunia yang terus berkembang dan banyaknya informasi yang tersebar, melakukan pemasaran di media sosial merupakan langkah awal. Hal ini tentunya membutuhkan pemantauan dan analisa untuk mengetahui bangaimana hasil dari pemasaran di media sosial. Hashtag analisis dapat mempermudah dan lebih efektif untuk membuat laporan kinerja Anda dengan lebih akurat.

Tanpa menggunakan hashtag memantau dan menangalisa campaign yang dilakukan untuk evaluasi dapat dikatakan seperti mencari jarum di dalam tumpukan jerami. Proses pemantauan dan analisa tersebut dapat lebih mudah dengan tools media monitoring.

Hashtag analisis untuk pemasaran di media sosial

Hashtag sangat penting digunakan untuk membuat campaign pemasaran, karena dengan menggunakan hashtag dapat lebih mudah memperkenalkan merek.

Selain mempermudah untuk ditemukan, penggunaan hashtag juga dapat membantu Anda mengetahui perbincangan yang berkaitan dengan brand atau produk Anda. Penggunakan hashtag juga dapat dikatakan sebagai win win solution, hal ini karena dapat mempermudah pengguna untuk menemukan brand dan membantu Anda menemukan konten yang serupa dengan brand Anda.

Untuk dapat meningkatkan brand Anda, dapat dilakukan dengan menentukan hashtag sederhana yang sesuai dengan produk yang Anda miliki.

Manfaat tools analisis untuk Anda

Dengan menggunakan tools analitik dapat membantu Anda untuk mengetahui kinerja dari hashtag yang sebelumnya sudah Anda tetapkan. Memantau hashtag secara real time dapat membantu Anda untuk membuat strategi kedepannya. Seperti, membuat konten yang lebih menarik sesuai dengan target audiens Anda.

Hal yang Anda dari tools hashtag analisis

  • Menemukan trend terkini
  • Menemukan/lacak campaign yang Anda buat dan keterlibatan audiens.
  • Analisis sentimen, mengetahui penyebutan positif atau negatif dari campaign Anda.
  • Dan, mengetahui keterlibatan influencer dalam campaign Anda.

Tools NoLimit Dashboard

NoLimit Dashboard merupakan tools media monitoring yang dapat membantu Anda mendapatkan analisis secara mendalam, akurat, dan real time.

Matrik yang didapatkan:

  • Analisa campaign
  • Sentiment Analisis
  • Brand positioning
  • Menampilkan akun dan postingan yang berpengaruh
Sumber: NoLimit Dashboard

Dari hashtag yang sudah Anda set up sebelumnya, pada bagian content tools NoLimit Dashboard akan menampilkan total postmade, total like, total comment, dan engagement rate.

Sumber: NoLimit Dashboard

Pada bagian content juga menampilkan word cloud, peak time, dan post type.

Berikut ini merupakan manfaat dari analisis hashtag, coba demo gratis NoLimit Dashboard untuk merasakan manfaatnya.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading