Analisis Media Sosial LaLaLa Fest dan Campaign #WeSingLaLaLa

289

LaLaLa Fest tahun ini merupakan gelaran kedua International Forest Festival yang diadakan di Indonesia. Setelah pro dan kontra pada gelaran pertama tahun lalu, seperti kondisi lalu lintas yang tidak kondusif dan derasnya hujan, ternyata tidak menyurutkan antusias pecinta musik Indonesia untuk datang kembali ke acara tersebut. LaLaLa Fest kembali memilih Orchid Forest Lembang sebagai lokasi utama dari pagelaran tersebut.

https://www.instagram.com/p/Bf-HJYLAuOi/?taken-by=lalala.fest

Seperti yang terlihat pada poster tersebut, LaLaLa Fest kembali mengajak musisi-musisi internasional sebagai pengisi acara utama mereka. #WeSingLaLaLa pun kembali disuarakan sebagai Hashtag utama mereka tahun ini.

Pada kesempatan ini, kami pun kembali memantau Campaign acara tersebut, dengan mengikuti pergerakan akun LaLaLa Fest di media sosial dan juga menganalisis  Hashtag #WeSingLaLaLa. Kali ini kami memantau event tersebut melalui media sosial Twitter, dimulai dari tanggal 1 Februari sampai 11 Maret 2018 dan Instagram pada tanggal 5 Maret sampai 11 Maret 2018.

LaLaLa Fest Social Media Report

Data yang akan disajikan diambil dan diolah dengan menggunakan mesin NoLimit Dashboard. Berikut beberapa Metric hasil analisis yang akan dibahas pada artikel ini.

Twitter

  • Total Talk adalah jumlah perbincangan terkait LaLaLa Festival
  • Top Talker adalah akun yang paling banyak membicarakan LaLaLa Festival
  • Top Media adalah media yang membicarakan LaLaLa Festival dengan jumlah Followers tertinggi.
  • Top Influencer adalah akun yang membicarakan LaLaLa Festival dengan jumlah Followers tertinggi.
  • Top Talk adalah Tweet dengan jumlah Engagement tertinggi.

Instagram

  • Total Talk adalah jumlah perbincangan terkait LaLaLa Festival
  • Top Talker adalah akun yang paling banyak membicarakan LaLaLa Festival
  • Top Talk adalah Post dengan jumlah Engagement tertinggi.
  • Top Influencer adalah akun yang membuat konten atau turut berkomentar pada konten tentang LaLaLa Festival dengan jumlah Followers tertinggi

Pada media sosial Twitter, acara LaLaLa Fest ini dibicarakan sebanyak 421 kali. Top Talker pada media sosial Twitter adalah Radio B956 fm. Melalui akunnya @radioB956fm, radio tersebut membicarakan LaLaLa Fest sebanyak 32 kali. Selain itu, ada pula akun @loketcom dengan jumlah 26 Talk dan tentu saja akun resmi dari LaLaLa Fest, @LalalaFest dengan jumlah 20 Talk.

Selanjutnya, kami menemukan Top Talk dari acara tersebut yaitu Tweet yang dibuat oleh salah satu pengisi acara dari LaLaLa Fest, yaitu Tom Odell, @tompeterodell. Terhitung sampai 11 Maret 2018, Tweet yang dibuat oleh Tom Odell mendapatkan 54 Retweet dan 587 Love.

https://twitter.com/tompeterodell/status/971069239724568577

Acara ini pun diliput oleh beberapa media besar di Twitter, atau yang kami sebut sebagai Top Media. Media yang paling populer membahas tentang acara ini adalah Liputan6.com. Sampai pada tanggal 11 Maret 2018, @liputan6dotcom memiliki jumlah Followers sebanyak 3,348,464. Media lainnya adalah @infobdg dengan 2,524,054 Followers dan @prambors denga 2,256,919 Followers.

Selain Media, kami pun memantau Influencer yang turut membicarakan acara LaLaLa Fest ini. Top Influencer dari acara ini adalah Tom Odell. Tom Odell sendiri memiliki Followers sebanyak 253,589. Influencer lainnya adalah @thegrooveindo (213,623 Followers) yang merupakan salah satu musisi lokal yang turut mengisi acara tersebut dan @endah (36,174 Followers) Guitaris dan Vocalist dari Endah n Resha.

Pada gelaran LaLaLa Fest tahun ini, Oh Wonder menjadi pengisi acara yang paling banyak dibicarakan di media sosial Twitter. Oh Wonder dibicarakan sebanyak 69 kali, diikuti oleh Tom Odell sebanyak 37 kali, Blackbear 21 kali, dan Wafia sebanyak 19 kali.

https://twitter.com/bluexblonde/status/971679302482722816

Selain, media sosial Twitter, kami pun melakukan pemantauan acara LaLaLa Fest 2018 pada media sosial Instagram. Hasil pertama yang kami dapatkan adalah jumlah pembicaraan terkait acara tersebut di Instagram, yaitu 878 Talk. Talk pada Instagram sendiri, tidak hanya diambil dari Post yang berisikan tentang acara tersebut, tetapi juga dari komentar yang ada di dalam postingan tersebut.

Top Talker pada media sosial ini tentu saja adalah akun resmi dari LaLaLa Fest. Jumlah Talk dari akun @lalala.fest adalah 33 Talk, diikuti oleh akun @gunturaris dengan 16 Talk dan @mochigalon_ dengan 14 Talk. Mayoritas isi perbincangan adalah terkait dengan penjualan tiket dari LaLaLa Fest itu sendiri pada kolom komentar.

Untuk Top Talk sendiri, masih dipimpin oleh Post dari akun resmi LaLaLa Fest dengan jumlah 4,167 Like terhitung sampai tanggal 11 Maret 2018. Selain akun tersebut, ada pula Post dari akun @gizellacindy dengan 159 Like dan @halidkuda dengan 143 Like.

Kami pun memantau beberapa akun populer yang turut membuat Post terkait dengan LaLaLa Fest. Top Influencer yang pertama adalah akun dari The Groove Indonesia, musisi yang juga menjadi pengisi acara dari LaLaLa Fest. Akun @thegrooveindo memiliki jumlah 5,644 Followers. Influencer lainnya adalah @irraraw dengan 2,223 Followers dan @hannybunch_ dengan 1,840 Followers.

https://www.instagram.com/p/BgMBE0FFVeI/

Selain data di atas, kami pun menemukan beberapa Influencer yang turut berkomentar dan membicarakan hal-hal terkait dengan acara LaLaLa Fest. Influencer yang pertama Ayu Saraswati (@ayusarasw, 57,022 Followers). Isi dari perbincangan tersebut adalah perihal penjualan tiket dari acara LaLaLa Fest. Selain itu, ada pula Lulu Anggraini (@lulu_anggraini, 44,881 Followers) membicarakan terkait foto di akun resmi LaLaLa Festival. Lalu, yang terakhir adalah Michella Adlen (@michelladlen, 43,809 Followers) membicarakan tentang pengalaman menonton LaLaLa Fest.

Dengan bermodalkan media sosial, acara tahunan LaLaLa Festival ini telah berhasil mendapatkan hati dari pecinta musik di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan bahwa Campaign #WeSingLaLaLa pun ramai digunakan oleh pengunjung dari acara tersebut. Mereka pun tidak berhenti di sini, di mana Euphoria dari acara tersebut masih akan terus dilanjutkan dengan Campaign baru mereka, yaitu #LaLaLaMoment. Pada akun resminya, mereka mengajak pengunjung dari LaLaLa Fest untuk membagikan momen-momen terbaik ketika menghadiri acara tersebut. Hal tersebut biasanya digunakan oleh pembuat acara untuk mengetahui bahaimana kesan dari para pengunjung terhadap acara yang sudah mereka buat. Lalu, bagaimana pendapat teman-teman tentang LaLala Fest tahun ini?

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading