Perkiraan Gaji Seorang Business Intelligence Analyst Berdasarkan Tingkatan

542
0

Business Intelligence Analyst menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati di era digital saat ini. Kebutuhan akan profesional dalam menganalisis dan mengelola data sehingga menghasilkan strategi yang tepat untuk bisnis, menjadikan profesi ini banyak dicari oleh perusahaan.

Menjadi salah satu pekerjaan di bidang IT yang menjanjikan dalam hal karir dan gaji, kira-kira berapa ya gaji seorang business intelligence analyst?yuk, disimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Business Intelligence Analyst? 

Business Intelligence Analyst adalah profesi yang bertanggung jawab melakukan analisa informasi untuk memperoleh keputusan strategi bisnis berdasarkan data (data-driven decision making) yang berhubungan dengan performa dan metrik bisnis suatu perusahaan. 

Data-driven decision making adalah pendekatan dalam pengambilan keputusan bisnis dan strategi yang didasarkan pada analisis data serta informasi yang relevan. 

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa business intelligence analyst memiliki peranan yang cukup krusial di dalam sebuah perusahaan. 

Sebab tugas mereka berkaitan dengan pengambilan keputusan bisnis, strategi, hingga operasional perusahaan. 

Dilansir dari Tableau disebutkan bahwa business intelligence analyst dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih baik dengan menunjukkan data historis hingga terkini yang relevan. 

Hasil analisa yang dilakukan dapat digunakan untuk memperbaiki performa dan tolok ukur agar perusahaan dapat beroperasi dengan lebih lancar dan efisien.

Contoh sederhana hasil analisa yang dilakukan business intelligence analyst yaitu melihat performa dan tren pasar untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Tanggung Jawab Business Intelligence Analyst

Berikut adalah beberapa tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang business intelligence analyst di dalam sebuah perusahaan untuk membantu dalam membuat keputusan bisnis yang berdasarkan data yang aktual.

  • Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber.
  • Melakukan analisa customer behavior.
  • Melakukan riset tren pasar dan membandingkan data dengan pesaing.
  • Mengukur performa dan metrik bisnis dalam kurun waktu tertentu.
  • Memastikan kepatuhan terhadap privasi dan peraturan data.
  • Bekerja sama dengan tim bisnis untuk mengkaji kebutuhan analisis data.
  • Melakukan identifikasi strategi untuk meningkatkan performa dan metrik perusahaan melalui insight yang dihasilkan dari data yang telah diolah. 

Gaji Business Intelligence Analyst Berdasarkan Tingkatan

Besaran gaji terlepas dari apapun profesinya, dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pengalaman, skill, jenis perusahaan dan lainnya. 

Begitu pula dengan gaji di bidang BI, semakin berpengalaman maka gajinya akan semakin besar. Berikut kisaran gaji seorang BI Analyst berdasarkan tingkatannya. 

Business Intelligence Junior Level

BI yang tergolong junior level adalah mereka yang baru masuk ke dalam dunia profesional dan belum memiliki pengalaman bekerja di bidang ini sebelumnya. 

Biasanya, level ini akan disematkan kepada mereka sampai memiliki pengalaman sekitar 2-3 tahun.

Kisaran gaji yang akan diterima oleh BI junior level berada di rentang Rp 5.000.000 hingga Rp 9.000.000. 

Business Intelligence Middle Level

Pada tingkatan ini, biasanya seorang BI profesional sudah memiliki pengalaman selama 3-8 tahun. 

Ketika sudah mencapai middle level, rata-rata gaji profesi BI di Indonesia ada di kisaran Rp 10.500.000 per bulan, tergantung dari kebijakan perusahaan. 

Business Intelligence Senior Level

Setelah menempuh lebih dari 8 tahun profesional bekerja di bidang BI, biasanya kita akan dianggap telah memiliki pengalaman luas sehingga digolongkan ke dalam senior level. 

Gaji rata-rata senior level BI di Indonesia bisa mencapai lebih dari Rp 12.000.000 per bulan, bahkan bisa mencapai Rp. 22.000.000 per bulan. 

Perlu diingat juga, kisaran gaji seorang BI Analyst bukan hanya ditentukan oleh tingkatannya saja. 

Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi, seperti besaran UMR/UMK, tingkat pendidikan, lokasi tempat bekerja, kebijakan perusahaan, dan sebagainya. 

Hal-hal yang Mempengaruhi Gaji Seorang Business Intelligence

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa gaji seorang Business Intelligence Analyst ditentukan oleh banyak faktor. 

Faktor-faktor ini perlu diperhatikan karena tetap relevan sekalipun sudah menjadi seorang profesional. Berikut beberapa faktor tersebut.

  • Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja dapat berdampak pada keterampilan dan pengetahuan kita. Oleh karena itu, orang yang memiliki lebih banyak pengalaman cenderung dinilai lebih matang dalam bidang pekerjaan mereka.

Banyak juga pekerjaan bidang tertentu yang cenderung memberikan gaji lebih tinggi kepada mereka yang memiliki pengalaman yang lebih banyak. Termasuk business intelligence analyst.

  • Lokasi Geografis

Daerah dengan biaya hidup yang tinggi biasanya memiliki UMR/UMK yang tinggi pula. Selain itu, kebutuhan tenaga kerja dalam bidang BI juga berbeda-beda tergantung lokasinya.

  • Keterampilan Khusus

Memiliki keterampilan khusus dapat memberikan nilai lebih pada kita sehingga memungkinkan gaji yang akan kita peroleh semakin besar.

Seorang BI Analyst, dituntut untuk memiliki keterampilan lebih dalam menganalisis data secara praktis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

  • Sertifikasi

Memiliki sertifikasi yang diakui dalam BI, seperti sertifikasi penggunaan business intelligence tools atau sertifikasi analisis data, dapat meningkatkan kredibilitas dan mempengaruhi gaji.

  • Industri dan Sektor

Beberapa industri yang banyak menggunakan data dan uang seperti teknologi dan keuangan, cenderung membayar lebih tinggi untuk profesional BI.

Nah, Itu dia informasi terkait kisaran gaji seorang Business Intelligence Analyst berdasarkan tingkatannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading