10 Rekomendasi Tools Media Monitoring yang Wajib Kamu Tahu!

769
0

Media monitoring adalah hal yang penting bagi perusahaan. Untuk mempermudah pelaksanaannya, maka perusahaan biasanya menggunakan media monitoring tools. Terdapat banyak sekali tools yang bisa digunakan dalam pelaksanaan media monitoring. Namun apa saja tools yang sekiranya efektif untuk digunakan? Berikut adalah rekomendasinya.

Rekomendasi media monitoring tools

Selain istilah media monitoring, terdapat juga social media monitoring. Pada prinsipnya, social media tools adalah tools yang digunakan untuk media monitoring juga. Hanya saja fokusnya di media sosial. Biasanya keduanya terintegrasi menjadi satu. Berikut adalah beberapa rekomendasi media monitoring tools yang bisa jadi pilihan kamu.

  • NoLimit

Pertama adalah NoLimit Dashboard, Nolimit Dashboard merupakan tools karya anak bangsa yang berfokus pada monitoring dan analisis. NoLimit memiliki berbagai fitur yang lengkap, mulai dari list of talk, sentimen analisis, hingga alert sistem. Fitur alert sistem dapat mempermudah kamu untuk mendapatkan informasi yang memungkinkan terjadinya krisis.

  • Hootsuite

Kedua adalah Hootsuite. Aplikasi monitoring media sosial yang satu ini relatif mudah digunakan. Selain itu, user interface Hootsuite juga sederhana. Alat yang satu ini bisa memantau berbagai tren, kata kunci, tagar, lokasi, dan pengguna tertentu di berbagai media sosial besar. Kamu juga bisa mendapatkan ratusan juta data organik.

  • Mentionlytics

Tools yang satu ini cukup umum untuk media monitoring. Fiturnya pun terbilang lengkap. Dengan Mentionlytics, kamu bisa melakukan social media monitoring, monitoring kompetitor, monitoring prospek pemasaran, bahkan melakukan pemantauan web secara lengkap. Menarik bukan?

  • Talkwalker

Selanjutnya ada media monitoring yang tak kalah lengkap, yaitu Talkwalker. Tools ini memberikan layananan monitoring media sosial dan web dengan jangkauan yang luas. Talkwalker bisa menganalisis engagement, jangkauan, komentar, dan bahkan sentimen terhadap brand tertentu.

  • Brandwatch

Aplikasi sosial media monitoring yang satu ini berfokus pada pemantauan reputasi brand. Brandwatch dapat membuat kamu mengetahui sentimen-sentimen tertentu hingga perubahan sentimennya. Sehingga tools yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi perusahaan untuk mitigasi risiko .

  • Reputology

Dibandingkan dengan tools sebelumnya, Reputology tampaknya cukup unik dan berbeda. Tools yang satu ini berfokus pada monitoring berbagai review yang ada di berbagai situs. Contohnya review konsumen pada situs Google dan Facebook terkait brand tertentu. Perlu diingat bahwa rating saat ini juga jadi hal yang penting.

  • Keyhole

Rekomendasi keenam adalah Keyhole. Dengan alat media monitoring ini kamu bisa memantau seberapa sering brand tertentu disebut pada berbagai media. Fitur lain yang tak kalah menarik adalah Keyhole bisa melakukan analisis terhadap perilaku pengguna media sosial. Ini sangat membantu dalam pengambilan keputusan.

  • Mediatoolkit

Bagi kamu yang ingin meningkatkan brand awareness, maka tools yang satu ini bisa jadi pilihan. Ada berbagai fitur yang ditawarkan seperti pemantauan tren, pemantauan kompetitor, hingga pemantauan reputasi brand. Mediatoolkit juga cocok untuk mencari influencer yang sekiranya cocok untuk melakukan kolaborasi dengan brand anda.

  • Digimind

    Kedelapan adalah Digimind. Alat monitoring yang satu ini menawarkan pemantauan social media traffic secara efektif. Ada berbagai hal yang bisa kamu dapatkan seperti market trend dan consumer insight. Oleh karena itu, alat ini sangat cocok bagi kamu yang sedang merencanakan strategi pemasaran produk tertentu.

    • Tweepsmap

    Siapa yang tidak kenal Twitter? Media sosial ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Ada lebih dari 1 miliar akun, 330 juta pengguna aktif, dan sekitar 350 ribu tweet yang dikirim setiap menitnya. Tweepsmap berfokus pada twitter seperti analisis tagar, topik, hingga analitik. 

    Itulah rekomendasi media monitoring tool yang bisa jadi pilihan. Semua tools tersebut tentunya memiliki tujuan yang sama sebagai alat monitoring media dan tinggal kamu sesuaikan dengan kenyamanan dan kebutuhan.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Newsletter

    Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

    Loading