5 Tips Kekinian & Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial!

282
0

Pada era ini media sosial hampir digunakan semua orang, walau belum tentu semua platform media sosial yang digunakan. Media sosial menjadi penghubung yang jauh menjadi dekat, walau tak dapat dipungkiri kecanduan akannya dapat membuat kita terasa jauh dari orang yang ada disebelah kita. Itu kembali lagi kepada individu masing-masing.

Media sosial menjadi media komunikasi yang tepat, karena kelebihan yang melekat padanya. Mulai dari kemudahan penggunaan, menekankan biaya komunikasi agar lebih terjangkau, sampai fungsi berbagi cerita ke banyak orang dengan cara yang menarik dan mudah. Sehingga, tidak hanya komunikasi satu arah yang terjadi.

Penggunaan media sosial tidak harus berawal dari pertemuan langsung, namun juga dapat dipertemukan didalam media sosial itu sendiri. Beberapa dari kita bingung, bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak namun tetap mengikuti perkembangan zaman. Kali ini, kami akan beri tips bijak dalam penggunaan media sosial yang baik namun tetap kekinian!

1. Batasi Akses yang Lebih Pribadi

Dengan adanya media sosial yang diiringi dengan perkembangan internet yang semakin cepat, orang dapat mencari informasi dengan cepat pula secara online. Jika dimanfaatkan untuk niat baik atau sekedar ingin tahu itu tidak masalah, yang menjadi masalah adalah ketika jika sebaliknya. Bukan tanpa fakta, beberapa masalah karena media sosial memang terjadi. Seperti apa yang diberitakan oleh Detik. Dimana berawal dari seorang wanita berkenalan dengan pria lewat media sosial, lalu memutuskan untuk bertemu malah dicabuli.

Media sosial yang dapat dijangkau oleh banyak pengguna, menjadi bahan bagi para penggiat kriminalitas untuk melakukan tindakannya. Walau kembali lagi pada tujuan kamu menggunakan media sosial, terlebih untuk akun pribadi. Beberapa media sosial seperti Instagram dan Twitter, kamu dapat mengunci akunmu. Sehingga, siapa yang mengikutimu adalah orang-orang yang memang kamu beri akses. Juga kamu tidak membagikan data-data yang sangat sensitif dan rentan disalahgunakan, seperti nomor telepon atau dokumen penting.

2. Berinteraksi Dengan Orang yang Dipercaya

Resiko munculnya banyak orang ke media sosial kamu, tak dapat dipungkiri menjadi lahan orang lain dalam mengenal tanpa bertemu. Jika kamu tak berhati hati dalam memfilter percakapan, atau kamu sudah mencurigai maksudnya, lebih baik kamu hindari. Caranya dapat kamu block akun media sosialnya. Dalam media sosial, percakapan atau apa yang di posting dapat direncanakan. Kamu dapat tertipu dengannya, atau bertemu seperti di point sebelum ini. Semua itu dapat terhindari jika kamu hanya berinteraksi dengan orang yang dipercaya, dapat teman sekolah kamu, keluarga dan lain sebagainya. Tingkat kepercayaan lebih tinggi, jika komunikasi via online berawal dari offline. Tetapi juga tidak terlalu menutup diri, karena pada dasarnya itulah media sosial pada umumnya.

3. Pikirkan Tujuan Dalam Berbagi

Dalam berbagi di media sosial, seseorang memiliki tujuan tertentu. Tidak hanya mengikuti tren. Katakanlah seseorang aktif di media sosial untuk mendukung tujuan ia dalam berbagi informasi seputar hobinya. Berharap dari hobinya ia dapat menaikkan pengikutnya, yang berefek kepada nama dia lebih dikenal. Dan lain sebagainya. Itulah yang harus dilakukan oleh kamu, maksud kamu berbagi di media sosial untuk apa. Sehingga, ketika tujuannya sudah jelas, maka kamu akan tahu bagaimana orang lain merespon kamu di media sosial. Satu lagi, seperti fenomena akun kedua atau akun palsu dimana dibuat untuk mengintip aktivitas akun lain, tanpa ketahuan identitias aslinya.

4. Maksimalkan Fitur

Fitur media sosial harus kamu optimalkan, untuk tetap kekinian. Namun, fitur yang dimanfaatkan dengan maksimal ini jangan disalahgunakan. Gunakan sewajarnya, bukan malah menjadi ketergantungan. Cobalah bukan hanya sekedar menikmati apa yang ada, tetapi juga meramaikan dengan membuat karya. Seperti Instagram yang membebaskan para pengguna yang ingin menjadi kreator di fitur yang ditawarkan. Instagram Stories atau Snapgram memiliki filter atau efek, yang dengan kreasi kreatif sang pembuatnya membuat penggunaan Instagram memiliki kelebihan tersndiri. Efek ini dibuat menggunakan software Spark AR Studio.

5. Ciptakan Citra Diri

Dengan media sosial, kita dapat melihat para pengguna dan kepribadiannya. Terlihat dari aktivitasnya di media sosial, terlebih untuk yang aktif. Citra yang baik dapat didukung oleh postingan yang baik pula. Contoh, jika kamu berbagi informasi yang bermanfaaat bagi orang lain. Bukan hanya sekedar aktivitas sehari-hari kamu, namun pula mengulas atau review tempat yang kamu datangi. Atau sekedar makanan yang kamu makan. Sehingga, pandangan yang melihat tidak negatif dan malah terbantu dengan informasi yang didapat, biasanya dibuktikan dengan pengikutmu sharing atau membalas informasi darimu. Bahkan, jika kamu konsisten itu akan membuat kamu menghasilkan uang. Karena dengan dikenalnya media sosial, membuat pelaku bisnis menggunakan kamu untuk promosi.

Itulah 5 hal yang dapat kamu terapkan!

Baca juga: Istilah Penting Di Media Sosial

Perkembangan teknologi itu mau tidak mau harus kita ikuti, cepat atau lambat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading