5 Konten Terbaik Untuk Strategi UKM di Media Sosial

465
0

Menggunakan media sosial sebagai media pemasaran memang adalah suatu pilihan yang efektif bagi bisnis sekarang ini. Terutama, bagi UKM, pilihan pemasaran via media sosial tentunya menjadi pilihan efektif. Selain menghemat budget, pemasaran yang dilakukan UKM di media sosial juga membantu daya penyebaran informasi yang cepat.

Baca juga sebelumnya: 5 Jenis Konten Media Sosial Untuk Menunjang Pemasaran Bisnismu

Oleh karena itu, kini NoLimit Indonesia mencoba merangkum konten-konten yang paling tepat bagi audience UKM. Simak dibawah ini, yuk!

Conversation

Conversation adalah suatu konten yang memiliki ciri khas diantara berikut: mengarahkan pada diskusi, mendorong audience untuk berkomentar dan meningkatkan engangement. Conversation dapat berfungsi untuk meningkatkan “komunikasi antar personal” dengan audience Anda.

Anda bisa memilih banyak konten conversation yang ada seperti kuis, pendapat dan opini akan sesuatu, atau vote. Ingat, membangun konten tidak hanya bisa dalam satu bentuk saja, tapi bisa beraneka ragam dari foto, video, artikel, hingga kini, yang terbaru dan dinilai efektif untuk platform Instagram yaitu Instagram Story.

Instagram Story terbukti efektif dalam membantu UKM di media sosialnya bisa meningkatkan engangement.

Inspiration

Ada pepatah yang mengatakan, “you don’t sell your product, but you sell your story.”

Ya, nyatanya konsumen akan lebih menyukai produk dengan cerita dibaliknya daripada yang tidak. Jika Anda memperhatikan dan menganalisis iklan-iklan yang diluncurkan ke masyarakat, banyak brand besar yang terus menawarkan cerita untuk meningkatkan engangement mereka di media sosial, salah satunya Go-jek.

Tak perlu terlalu jauh dan kompleks, Anda cukup memilih ide konten sederhana tentang inspiration yang mengacu pada produk Anda. Contoh, jika produk Anda adalah vacuum cleaner, Anda bisa memilih konten cerita tentang para ibu rumah tangga yang tertolong dengan vacuum cleaner Anda.

Entertaiment

Entertaiment adalah jenis konten lain yang memiliki sifat sama dengan konten conversation, yaitu konten yang dapat memancing respon tinggi dari audience. Contoh sederhana dari konten entertaiment adalah bahasan film bulanan yang muncul tiap bulannya tanpa lupa mengkaitkan dengan produk Anda.

Kunci dari konten entertaiment adalah kekonsistenan. Undang dan ingatkan audience Anda jam-jam dimana mereka akan mendapatkan jenis konten ini, agar pada akhirnya, audience Anda akan otomatis mengingat dan merasa kehilangan postingan Anda saat tidak update pada waktunya.

Education

Hal wajib yang perlu selalu dilakukan UKM secara berkala hingga bergeser ke usaha mengenah adalah konsistensi dalam memberikan product knowledge pada para audiencenya.

Dengan konten education, Anda dapat memastikan entah itu audience baru yang mampir ke media sosial Anda atau akun baru hasil referensi tetap mengingat produk yang Anda jual dan memiliki pengetahuan tentang manfaatnya. Ini rahasia mengapa kesuksesan UKM di media sosial.

Media sosial bisa menjadi saleskits dan pusat katalog tempat memunculkan niat pembelian yang kuat tanpa tenaga sales, jika Anda bisa mengelola kontennya dengan baik.

Activation

Konten terakhir yang dapat menjadi opsi pilihan Anda untuk mengarahkan audience media sosial Anda untuk tertarik pada brand Anda kemudian membeli adalah activation. Activation adalah jenis konten yang mengarahkan audiencenya untuk melakukan sesuatu yang mengarah pada konversi. Contohnya, visit web, beli, dan lain-lain.

Biasanya, konten activation mengiming-imingi dengan promo dan keuntungan lainnya. Kunci dalam membuat konten activation adalah konsistensi, agar audience paham dan tahu betul kapan waktu-waktu mereka perlu mencari promosi tersebut.

Sebuah konten yang matang dapat memberikan hasil terbaiknya. Tentunya, investasi dalam sebuah perencanaan konten dapat menjadi pilihan bagi Anda agar semakin matang dalam mengelola rencana pemasaran UKM Anda di media sosial. Menggunakaan tools media monitoring free ataupun berbayar milik lokal dapat membantuAnda dalam perencanaan 5 konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading