5 Hal yang Harus Marketer Ketahui dari Facebook’s F8 2019

Facebook kembali menyelenggarakan acara Developer Conference tahunan mereka, yaitu Facebook’s F8 2019, di San Jose, California. Seperti acara-acara sebelumnya, di sini tim Facebook memaparkan beberapa perkembangan dari Facebook, beserta Messenger, Instagram dan WhatsApp, dan juga update-update yang dirilis dalam waktu dekat.

257
0

Di awal Mei 2019 ini, Facebook kembali menyelenggarakan acara Developer Conference tahunan mereka, yaitu Facebook’s F8 2019, di San Jose, California. Seperti acara-acara sebelumnya, di sini tim Facebook memaparkan beberapa perkembangan dari Facebook, beserta Messenger, Instagram dan WhatsApp, dan juga update-update yang dirilis dalam waktu dekat.

Walaupun acara ini ditujukan untuk para developer, nyatanya informasi-informasi dan perubahan yang diberikan oleh Facebook bisa jadi sangat bermanfaat untuk diketahui oleh para marketer. Dalam artikel ini, saya akan mencoba memaparkan beberapa updates dari Facebook’s F8 2019 yang patut diketahui oleh teman-teman marketer di luar sana.

Fitur Camera pada Instagram Stories

Facebook

Untuk teman-teman yang hobi ber-selfie ria dan rajin mengunggahnya ke Instagram Stories tentu sudah tidak asing dengan fitur baru ini. Ada beberapa filter dan opsi yang bisa digunakan di sini, salah satunya adalah untuk membuat warna solid yang kerap digunakan sebagai Background.

Bagi teman-teman yang sering membuat Content Marketing dengan Instagram Stories, fitur ini patut untuk dicoba, dan tentu bisa mempermudah teman-teman dalam meproduksi foto konten.

Testing untuk Menghilangkan Jumlah Like di Instagram

Facebook

Dijelaskan bahwa Instagram sedang melakukan uji coba dengan menyembunyikan jumlah Like pada postingan di Instagram. Dengan jelas disebutkan bahwa tujuannya adalah agar pengguna Instagram bisa lebih fokus ke pada kontennya dibandingkan dengan banyak atau tidaknya Like pada sebuah konten.

Untuk teman-teman pegiat Social Media Marketing, terobosan ini bisa jadi hal yang sangat menguntungkan untuk kalian semua, terlebih lagi bagi mereka yang masih memiliki jumlah Followers di bawah 5 ribu. Tanpa harus memusingkan image brand Anda yang belum mendapatkan Engagement terlalu tinggi, kini kalian bisa lebih fokus dalam membuat konten-konten yang menarik.

Tampilan Katalog Produk pada Profil WhatsApp Business

Facebook

Untuk teman-teman yang belum memiliki website untuk memasarkan produk-produk yang kalian jual, kini bisa mulai beralih ke WhatsApp Business. WhatsApp Business kini memiliki fitur di mana kalian bisa memasang dan memperlihatkan katalog brand Anda di bagian profile. Dengan begitu, kini kalian bisa menjual dan memasarkan produk Anda dengan lebih mudah dan efektif.

Testing: Shopping Tags untuk Para Influencer

Facebook

Setelah memperkenalkan fitur tag untuk membeli produk secara langsung ke pada Brand-brand terpilih, kini Instagram mengembangkan fitur tersebut kea rah Influencer. Pihak Instagram sendiri memilih beberapa Influencer seperti Aimee Song, Kim Kardashian West dan Candace Parker untuk mencoba fitur Shopping Tag.

Apabila fitur ini diluncurkan secara resmi dalam waktu dekat ini, tentu hal ini sangat berguna untuk dunia Influencer Marketing. Kalian kini bisa melihat dan memantau kinerja dari Influencer Marketing dengan lebih akurat dan terukur.

Design Terbaru Facebook

Facebook

Setelah sekian lama identik dengan warna biru ciri khas dari Facebook, akhirnya kini mereka meluncurkan design terbarunya. Design ini sudah secara resmi launched di US, dan dikabarkan akan segera menyusul di beberapa lokasi lainnya. Selain tampilan secara desktop, desain terbaru ini pun sudah bisa dinikmati dalam bentu aplikasi, baik itu pada iOS ataupun Android.

Kelima hal di atas adalah beberapa hal yang didiskusikan di Facebook’s F8 2019, yang menurut saya sendiri cukup penting untuk diketahui teman-teman marketer, khususnya yang bergerak di Social Media Marketing.

Selain itu, hal penting lainnya yang disampaikan oleh Mark Zuckerberg adalah kaliman “The Future is Private”. Di tengah banyaknya serangan ke pada Facebook terkait kebocoran data yang terjadi pertengahan tahun lalu, ternyata data privasi menjadi salah satu titik fokus utama Facebook di tahun ini. Private Social Platforms adalah cita-cita yang kini tengah dibangun oleh Facebook, termasuk WhatsApp, Messenger dan juga Instagram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading