[Trending] #3TahunJokowiJK dan #Kerja3ersama

301
0

4 Hari sudah terlewati, warga net masih juga berdiskusi tentang bagaimana kinerja bapak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di media sosial. Terlebih lagi di Twitter, kami menemukan ada dua Hashtag yang beberapa kali menjadi Trending Topic di Indonesia, yaitu #3TahunJokowiJK dan juga #Kerja3ersama. Kedua Hashtag tersebut menjadi penanda setiap perbincangan pengguna media sosial kala menanggapi kinerja dari Jokowi dan juga JK selama tiga tahun ke belakang.

Tepat pada tanggal 20 Oktober 2017, warga Indonesia mulai kembali mengingat-ingat apa saja yang sudah dikemukakan dan dilakukan oleh Jokowi dan JK di Indonesia. Dengan produk kami, NoLimit Dashboard, kami coba memantau kedua Hashtag tersebut. Hasilnya, pada media sosial Twitter saja, kami memantau dari tanggal 19 Oktober sampai 22 Oktober 2017 terdapat 8,904 Talk yang dibuat oleh warga net. Jumlah Talk tersebut kami pantau berdasarkan Object #3TahunJokowiJK dan #Kerja3ersama.

Talk pertama yang muncul di media sosial Twitter perihal 3 tahun Jokowi JK justru muncul di hari sebelumnya, yaitu tanggal 19.

OkeZone sendiri ternyata sudah membuat sebuah artikel review tentang kinerja Jokowi JK selama tiga tahun ke belakang. Selain media, nyatanya warga net lainnya pun sudah mulai berdiskusi di tanggal 19 tersebut. Bahkan apabila kita bandingkan, perbincangan tepat di hari 3 tahun kinerja Jokowi JK (20 Oktober 2017) lebih sedikit dibandingkan dengan hari sebelumnya. Pada tanggal 19 Oktober 2017, kami memantau ada 5,530 Talk dengan menggunakan hashtag #3TahunJokowiJK dan #Kerja3ersama.

Fakta Dibalik #3TahunJokowiJK dan #Kerja3ersama

Selain warga net yang rama-ramai mengaspirasikan pendapatnya tentang 3 tahun Jokowi dan JK, media pun ternyata turut serta melakukan postingan di beberapa media sosial, khususnya media sosial Twitter. Terdapat banyak sekali media yang turut berpendapat tentang kinerja Jokowi dan JK. Kami memantau ada tiga media yang paling aktif membuat post made tentang kinerja 3 tahun Jokowi dan JK.

Media Indonesia menjadi media yang paling banyak membahas tentang kinerja Jokowi dan JK, dengan 78 Post Made. Selain itu, Radio Elshinta menjadi media ke dua yang paling banyak melakukan Post Made dengan jumlah 22 post made. Lalu, pada urutan ke tiga, Metro TV News Room membuat 16 Post Made dengan isi pembahasan kinerja Jokowi dan JK.

Selain ketiga media tersebut, masih ada beberapa media dan akun resmi lainnya, yang notabene sudah populer di media sosial Twitter, turut membicarakan kinerja 3 tahun Jokowi dan JK.

http://twitter.com/statuses/921747975604281345

  • @detikcom: 3 Tahun Pimpin RI, Jokowi Posting Video #kerja3ersama (14,660,823 Followers, 1 Post Made)
  • @Metro_TV: Saksikan Live Event 3 Tahun JOKOWI-JK, malam ini pukul 19.05 WIB #3TahunJokowiJK (10,262,826 Followers, 1 Post Made)
  • @TMCPoldaMetro: Laporan Lengkap 3 Tahun #Kerja3ersama Pemerintahan Jokowi-JK (7,349,740 Followers, 1 Post Made)

Selain media dan akun resmi di atas, beberapa tokoh dan influencer pun turut mengemukakan pendapat di media sosial Twitter. Salah satu contohnya adalah Addie MS yang turut membahas kinerja bapak Presiden dan Wakil Presiden. Bukan hanya Addie MS, pengamat politik dan Komisaris Utama PT Adhi Karya, Fadjroel Rachman pun turut berpendapat di media sosial pribadinya. Lalu, yang terakhir adalah Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI, yang menyumbangkan 7 Post Made tentang pendapatnya bagaimana pencapaian yang sudah dilakukan oleh Jokowi dan JK. Berikut beberapa informasi tambahan tentang kinerja 3 tahun jokowi menurut para tokoh dan influencer. Berikut sekilas tentang apa saja yang dibicarakan oleh ketiga tokoh tersebut tentang kinerja Jokowi dan Jusuf Kalla.

  • Addie MS (1,718,649 Followers, 2 Post Made) | @addiems: Sedikit bicara, banyak bekerja. Presiden Jokowi. #Kerja3ersama

  • Fadjroel Rachman (929,499 Followers, 23 Post Made) | @fadjroel: Terimakasih KERJA CERDAS Tiga Tahun Jokowi-JK #Kerja3ersama utk INDONESIA apapun suku, ras, agama! @Jokowinomics_id

  • Fadli Zon (728,403 Followers, 7 Post Made) | @fadlizon: Hasil Polling #3TahunJokowiJK via polling akun twitter yg saya lakukan bbrp hari lalu. Kesimpulannya, nilai msh 5.

Selain fakta-fakta tersebut, kami pun menemukan post made dengan nilai Virality tertinggi selama 4 hari tersebut (19 – 22 Oktober 2017). Post made dari Radio Elshinta menjadi post made dengan nila virality tertinggi (1,999 Re-Tweets).

Sedangkan untuk post made yang mendapatkan applause terbanyak adalah post made yang dibuat oleh Addie MS. Post made tersebut mendapatkan 1,566 favorites dari warga net.

Sebagai catatan, fakta-fakta tersebut kami ambil berdasarkan data dengan waktu tanggal 19 Oktober 2017 sampai 22 Oktober 2017. Dan tentu saja, diskusi ini masih terus berlanjut, mungkin sampai beberapa waktu ke depan. Baik itu komentar positif atau negatif tentang kinerja Jokowi dan JK selama 3 tahun ini, paling tidak dengan jumlah banyaknya orang yang turut berdiskusi, kita bisa tahu bahwa warga Indonesia masih peduli dengan perkembangan negaranya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading