33% Netizen Rindu akan Wisata Pantai dan 26% Lainnya Membicarakan Wisata Ke Gunung

823
0

Di masa pandemi yang sudah lebih dari 3 bulan ini, tentu membuat semua masyarakat Indonesia jenuh dan rindu akan masa-masa liburan. Banyak netizen yang mencurahkan kerinduan mereka untuk beriwsata di media sosial. Setelah munculnya masa kebiasaan baru (New Normal) beberapa destinasi mulai membuka kembali aktifitas wisata. 

Kami pun coba memantau keyword liburan dan wisata di media sosial. Dengan menggunakan NoLimit Dashboard kami mendapatkan 35.089 perbincangan dari 24.233 unique user selama periode monitoring dari 1 agustus hingga 31 Agustus 2020. Percakapan tertinggi terjadi pada tanggal 22 Agustus. Hal ini dikarenakan liburan panjang dari tanggal 20 – 23 Agustus.

Apabila melihat data, percakapan terkait liburan dan wisata mulai meningkat semenjak tanggal 14 Agustus. Hal ini karena adanya libur Panjang pada tanggal 14 -17 Agustus dan berlanjut pada tanggal 20 – 23 Agustus. Di samping itu, para pelaku wisata pun mulai melakukan promosi di 1 minggu sebelum waktu libur Panjang telah tiba.

4 Destinasi Wisata yang Ramai Dibicarakan

Dari sekian banyak percakapan di media sosial, kami mencoba untuk mengelompokan perbincangan tersebut menjadi 4 kategori yaitu gunung, pantai, arena rekreasi dan staycation. Dari ke empat kategori destinasi wisata tersebut, yang paling banyak dibicarakan netizen adalah Pantai sebesar 33%, kemudian Gunung 26%, Staycation 22% dan Arena Wisata 19%.

Destinasi pantai yang paling banyak di mention adalah pantai yang berada di Bali, Gili Ketapang dan Pulau Pahawang. Untuk Gunung sendiri yang paling banyak adalah Bromo. Staycation sendiri merupakan jenis wisata baru yang diminati dimasa pandemi. Staycation yang paling banyak di bicarakan netizen adalah terkait staycation di Villa yang berada di dataran tinggi seperti Villa daerah Puncak, Lembang dan Batu Malang.

Meski sudah banyak yang dibuka, netizen masih takut untuk berwisata ke tempat yang berpotensi bertemu banyak orang. Isu tertinggi yang paling banyak dibicarakan netizen adalah:

Meski destinasi wisata sudah menerapkan protocol covid, masih banyak wisatawan yang tidak menggunakan masker dan tidak berlakunya jaga jarak di tempat keramaian.

Bagi netizen yang ingin liburan dan melepas penat, alternatif paling aman untuk berwisata adalah dengan staycation

Promo Wisata di Saat Pandemi

Di media sosial banyak sekali promosi potongan yang dilakukan oleh para pelaku wisata seperti discount tempat menginap, tiket pesawat dan discount perjalanan. Selain itu ada faktor penting dalam melakukan promo ini, yaitu dengan menggunakan influencer. Dengan followers yang besar, influencer berperan penting dalam menyebarluaskan informasi. Hal ini bermanfaat untuk para pelaku dalam memasarkan destinasi mereka. Selama pemantauan berlangsung ada beberapa influencer yang terpantau sedang berada didestinasi wisata, yaitu :

https://www.instagram.com/p/CDoefWdAryT/
https://www.instagram.com/p/CEMF-VeA0ms/
https://www.instagram.com/p/CD5du6GDksL/

Jadi selama pandemi ini kalian sudah berwisata belum? Jika kalian berminat untuk berwisata, jangan lupa untuk tetap menerapkan protocol kesehatan ya. Tetap jaga jarak dan pakai masker 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading